Saturday, December 08, 2018

Top 10 Songs by Wanna One

Dulu saya nggak suka k-pop. Nggak paham bahasanya kan ngapain didenger. Tapi ya gitu. Jangan membenci sesuatu terlalu dalam. Ujung-ujungnya malah suka. Sekarang justru paham K-pop aja ngga paham lagu Western terbaru.


Udah setahun belakangan saya suka Wanna One. Grup ini jebolan Produce 101 season 2. Survival show di Korea Selatan, mirip Indonesian Idol konsepnya. Bedanya ini 101 trainee (sesuai judul acaranya) berkompetisi memperebutkan 11 tempat untuk debut. Di season 1 pesertanya perempuan, makanya girl group. Kemudian di season 2 ini boy group. Mereka ini cuma temporary group.

Girl group IOI (season 1) dikasih waktu setahun promosi, setelah itu disband. Wanna one agak lebih lama, 1,5 tahun. Tetep aja sih ujung-ujungnya disband. Dibandingkan dengan jamannya IOI, Wanna One lebih sensasional. Kepopulerannya menyamai EXO, Twice, BTS yang notabene udah debut duluan. Makanya banyak rumor, agensinya “memaksa” member untuk perpanjang kontrak.

Padahal member ini ada yang udah punya grup sebelum Wanna One. Mereka join Produce 101 buat mendongkrak lagi nama grup sebelumnya. Begituuh.

Dan selama 1,5 tahun ini Wanna One menghasilkan 4 mini album + 1 full album. Pencapaian luar biasa. Ngga kebayang betapa capeknya jadi mereka *pukpuk Ha Sung Woon*. Lah kok panjang amat yak intronya. Hahaha. Dari 5 album ini saya ngelist 10 lagu favorit saya ya. Check it out!

1| Always (이 자리에)



너와 나 이대로 변하지 않는 
마음 하나만으로 너를 사랑할 거라 
약속해

Inti dari liriknya adalah perpisahan. Ya, lagu ini sebagai closing acara Produce 101 yang dinyanyikan 20 finalis. Kemudian di-arrange menjadi akustik untuk Wanna One. Saya curiga ini bakal jadi lagu saat disband nanti. Hiks
2| Beautiful 




기억은 바다처럼 넓은 창고라고 
그 안에서 하루 종일 헤매도
Lagu ini menceritakan...kerinduan mendalam pada seseorang? I think. Paling gampang liat aja MV-nya. Dia ada 2 versi, performance dan movie version. Nah movie version-nya ngegantung gitu ceritanya. Berharap banget bakal ada part 2 nya!

3| Beautiful part 2


Ngga nyangkaaa ternyata beneran ada part 2 nya dong. Walaupun masih lagunya aja sih. Entah bakal ada MV nya apa enggak. Ini instrumennya mirip banget sama Beautiful. Suka ngebayangin aja Wanna One kalo salah lirik gimana. 

4| Forever + 1 


Dabezzzz unit ever! Yang ini versi sub-unit namanya Lean on Me. Yang ngasih nama Ha Sung Woon donggg dan kepilih di vote-nya! Terdiri dari Sung Woon, Min Hyun, dan Jisung. Trio ini emang khasnya ballad sih dari jaman Produce 101. Nyeritain tentang ((perpisahan)) sama Wannable gitu deh. So sad.
5| Kangaroo 



Sub-unit Triple Position beranggotakan Daniel, Woojin, dan Jaehwan. ini vibe-nya Zico banget deh. Catchy di telinga. Walaupun sesungguhnya liriknya kalo dibandingin sama lagu sub-unit lain paling.....tersurat maknanya. Bisa ketebak gitu loh.
6| Hourglass 



Who knows paduan OngHwi bakal segini bagusnya? Ada efek dari produser Heize juga sih. Ceritanya masih tentang ((perpisahan)). Tau hourglass gak? Apa ya bahasa Indonesianya? Gelas pasir yang bisa dibalik nanti waktunya berjalan mundur? Nah filosofinya kalo gelasnya dibalik lagi, bakalan restart kan. Disitu lah harapannya di masa depan bisa ((mengulang)) kembali momen-momen bersama Wannable uwuw.

7| I Promise You (Confession Version) 

Lagu utama dari album I Promise You. Ini versi akustiknya. Bagus banget dong suaranya Sung Woon. Lebih kerasa “nyess”-nya daripada versi asli. Berharap banget ini ada versi performance-nya.
8| Flowerbomb 



Akhirnyaa! Sung Woon membuktikan bahwa dia berkembang. Bukan tinggi badannya sih *eh. Doi berpartisipasi sebagai penulis lirik disini huhu ku terharu.

9| Spring Breeze 


The last comeback di album Power of Destiny. Enak aja dengernya.

10| Hide and seek 


Baru nyadar donggg makna lagu ini dalem banget. Tentang seseorang yang nyariin someone precious karena ((ngumpet)). Padahal udah nyari kemana-mana. Dan memohon buat memunculkan diri hahaha siapa ini penulis liriknya???!?

Challenge-nya dengerin K-pop itu cuma 1. Paham bahasanya aja. Atau minimal liat yang ada subtitle Inggrisnya dulu biar bisa menjiwai. Jangan salahin saya ya kalo jatuh cinta. Eakk.

#BPN30DAYCHALLENGE2018
DAY 1 / DAY 2 / DAY 3 / DAY 4 / DAY 5 / DAY 6 / DAY 7 / DAY 8 / DAY 9 / DAY 10
DAY 11 / DAY 12 / DAY 13 / DAY 14 / DAY 15 / DAY 16 / DAY 17 / DAY 18

1 comment:

  1. aku suka lagu wanna one yang spring breeze enak didenger pas lagi mau bobo, sambil ngebayangin Kang Daniel

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES