Friday, December 07, 2018

Ini Dia 5 Channel Youtube Favorit untuk Anak

Youtuber favorit aku udah pernah nulis disini. Dan sekarang pun masih sama, nontonnya itu-itu juga.


Makanya kali ini nulis yang beda deh. 5 channel youtube yang insyaAllah kids friendly. Siapa sajakah ituu?

Nussa Official 

Sejak launchingnya bulan lalu, banyak dukungan yang dilayangkan ke channel ini. Untuk yang belum tau, channel Nussa isinya animasi karya anak bangsa. Sengaja dibuat untuk mengedukasi anak-anak terutama tentang akhlak dalam Islam. Produksi dari The Little Giantz, saya langsung jatuh cinta dengan channel ini. Sejauh ini sih baru beberapa episode aja. Akan ada video baru setiap Jumat pukul 04.30 pagi. Sampe hafal banget ya. Hihi. Habisnya saya bangga bener sama mereka. Gemas, pula!

Jangan lupa subscribe dan like videonya ya. Nggak ada iklannya juga, lho :D

Robocar Poli 

Familiar dengan nama ini? Robocar poli sebuah animasi buatan Korea Selatan kalo ngga salah. Pertama ngerti waktu Daehan Minguk Manse seneng banget sama mereka. Hafal nama tokohnya dari Poli, Amber, Roy.

Ceritanya tentang mobil yang bisa berubah jadi robot. Konsepnya miripi sama transformer. Setiap episodenya pendek aja sih sekiat 6-10 menit. Biar sekalian double belajarnya, nonton pake bahasa Inggris lebih seru :P

HiHo Kids

Akun ini udah tau cukup lama. Ternyata temen-temen mahasiswa banyak yang nonton. Isinya beragam sih. Tokoh utamanya ya anak-anak, ada beberapa anak. Trus ada segmennya gitu. Misal kids meet kids with cancer, kids meet the oldest person, kids try Indonesian food, banyak banget. Emang bener-bener komentarnya khas anak-anak gitu.

Return of Superman


Yang suka nonton variety korea mana suaranya?!?!?? Hoho. Variety ini menarik perhatian sejak pertama kali tayang. Ratingnya konsisten selalu tinggi. Episode barunya bisa ditonton gratis dan legal di youtube.

Konsepnya superman = ayah. So, the kids will left with their dad for 48 hours. Para ayah ngerasain gimana sih ribetnya ngasuh anak yang dirasain ibu. Termasuk cara membangun bounding dengan anak-anak.

Mungkin beberapa teknik pengasuhannya beda dengan kita yang di Indonesia, tapi nggak mengurangi esensinya. Sering juga menghadirkan profesional ketika ada masalah. Misal waktu Seungjae nggak mau makan, diminta tuh pakar anak buat konsultasi dengan ayahnya. Konsultan ini secara real time ngarahin ayahnya Seungjae ini itu. Para orang tua sekaligus bisa belajar.

Gemes sih nonton ini. Interaksi ibu-anak kan udah tergolong biasa ya. Anak-anak katanya emang lebih deket sama ibunya. Nah disini kagum aja sama daddy superman yang mau belajar juga buat ngasuh anaknya. Paling idaman masih Song Il Kook dengan Song Triplets-nya. Laff banget deh dia pola asuh yang diterapin bareng istrinya. Thoughtful dan well mannered.

Kids Playtime



Agak beda dari channel sebelumnya, ini lebih ke balita gitu. Ada pengenalan warna, huruf, dengan lagu dan of course animasi. Ini hasil nanya temen jadi saya belum ngepoin banyak. Hihihi.

***

Mungkin ini bisa jadi alternatif ya buat buibu yang punya anak. Atau guru yang mau memberikan tontonan sesuai umur buat muridnya. Saya termasuk salah satu ((orang biasa)) yang miris aja liat keadaan youtube. Channel yang isinya menurut saya nggak berbobot kok banyak banget yang nonton. Sedangkan channel dengan konten mengedukasi masih kurang diminati.

Dengan membangun kebiasaan nonton hal yang baik dari kecil, siapa tahu bisa memupuk kebiasaan pilih pilih tontonan. Setuju?



#BPN30DAYCHALLENGE2018
DAY 1 / DAY 2 / DAY 3 / DAY 4 / DAY 5 / DAY 6 / DAY 7 / DAY 8 / DAY 9 / DAY 10
DAY 11 / DAY 12 / DAY 13 / DAY 14 / DAY 15 / DAY 16 / DAY 17

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES