Thursday, November 29, 2018

5 Film Korea Wajib Tonton!

Haee gaes. Masih kembali lagi di BPN 30 Day Blog Challenge. Tema hari ke 10 adalah rekomendasi buku/film/musik. Mau pilih buku, kok ya udah lama nggak baca buku baru. Bacaan saya dari taun kapan belum dihabisin. Jadi skip.


Mau pilih musik? Dengerinnya Wanna One doang. Pilihan saya jatuh ke film.....Korea. Haha. Yha, masih ada unsur-unsur Koreanya.

Selera film saya tuh cethek banget. Sekelas Frozen, Wreck it Ralph, The Lego Movie dan konco-konconya. Intinya yang animasi lah. Nggak sesuai umur? Sesuai kok kan masih dibawah 17 tahun. Belum punya KTP pun :P

Mau tau rekomendasi film Korea apa aja, dan alasannya kenapa? Yuuk lanjut baca.

Along with God 1

asianwiki.com
Film Korea ter-hype tahun lalu. Di variety show banyak yang ngomongin. Running Man juga adaptasi game dari film ini. Orang sekeliling saya (yang juga pecinta Koreyaa) pada ngerekomendasiin. Reaksi mereka waktu tau belum nonton, "APA, KAMU BELUM NONTON?". Reaksi lainnya, "MAU AKU DOWNLOAD-IN?"

Hm bhaiqlah melihat antusiasme mereka saya terdorong untuk nonton. Ceritanya tentang apa sih?

God disini artinya bukan Tuhan ya. Lebih ke "dewa". Ya, film ini kental dengan unsur Buddha yang mempercayai adanya dewa. Ada seorang petugas pemadam kebakaran yang meninggal saat bertugas. Di TKP, dia (dalam keadaan arwah) ketemu dengan 3 dewa yang akan membawa dia ke akhirat. Perjalanan di akhirat ini yang jadi inti cerita.

Di dalam kepercayaan Buddha, ada 7 neraka pengadilan yang bakal dilewati. Jika arwah tersebut lolos ketujuhnya, dia dapat "hadiah" berupa reinkarnasi. 7 neraka itu ada neraka kemalasan, neraka kebohongan, neraka kekerasan, apalagi lupa deh. Di setiap neraka ini ada dewanya lagi. Mereka yang memutuskan apakah si arwah akan dihukum dulu atau boleh lanjut ke neraka berikutnya.

Yang namanya pengadilan, ada kasus dan ada bukti. Arwah yang diadili, diperlihatkan kelakuan dia waktu hidup itu kayak gimana. Apakah dosanya berat? Atau banyak amal kebaikan yang dia lakukan?

This is really interesting. I'm a Muslim. Wajib hukumnya untuk mempercayai hari Akhir. Seperti yang ada di rukun iman. Visualisasi dalam film ini sedikit menggambarkan hari Akhir itu kayak gimana. Of course nggak bisa dipertanggungjawabkan ya. Since they inspired by Buddhist. Tapi menurut saya nilai moralnya lebih ke "peringatan" untuk manusia.

"Ini lho, kalian tu dimonitor SETIAP SAAT."
"Mau sekecil apapun dosa itu, akan ada balasannya."
"Are you already prepared for your death?"

Lebih mencengangkan lagi, film berbalut hari Akhir kaya gini justru diproduksi di Korea. Yang notabene masyarakatnya kapitalis dan lebih menganggap uang sebagai Tuhan. Negara dengan tingkat bunuh diri tertinggi. Confused, enough?

Along with God 2

screenanarchy.com
Yang ini lanjutannya. Adek dari petugas pemadam kebakaran. Sama-sama tentang perjalanan arwah, tapi lebih ngeri. Karena dia matinya dibunuh. Trus ceritanya lebih banyak ke flashback sih gimana 3 dewa yang nganterin dia ke pengadilan di neraka itu, ingat? Gimana dulu waktu mereka hidup ternyata their path crossed. Apa ya padanannya? Pokoknya ternyata mereka punya hubungan gitu, waktu hidup.

Mereka ni para 3 dewa ini nggak tau. Soalnya ingatan mereka waktu hidup dihapus semua. Untuk bisa nyambung ya harus nonton yang pertama dulu sih.

Little Forest

Megabox Plus M
Setelah nonton yang agak berat, nonton ini deh. Saya tau ini dari instagram story kak Atit (nanti di postingan terpisah saya jelasin ya siapa doi). Film ini tuh yaAllah menggambarkan heaven in earth banget. Hidup yang peaceful di desa.

NGILER NGGAAAK? (koreajoongangdaily.joins.com)
Ceritanya ada perempuan yang bosen hidup di Seoul (kota). Akhirnya dia balik ke desa kelahirannya. Disana ngapain? Bebikinan makanan, bercocok tanam, gitu terus repeat. Hahaha. Nggak ada konfliknya sama sekali. Penonton disuguhi pemandangan desa di Korea dari musim dingin ampe balik ke musim dingin lagi. Gimana pengolahan makanannya. Cantik banget dan bikin ngiler. Sampe bunga aja dimakan, gaes saking alaminya disana.

Miracle in Cell No. 7

hancinema.net
Siapin tisu banyak-banyak nonton ini. Film ini juga salah satu yang nge-hype di Korea. Udah lama banget sih. Ceritanya ada seorang bapak didakwa memperkosa anak-anak. Si bapak ini punya keterbelakangan mental. Sedangkan anak yang jadi korban adalah anak orang kaya. Orang tua dari si anak orkay ini menuntut bapak itu dihukum seberat mungkin. Tanpa mau investigasi mendalam siapa pelaku sebenarnya.

Si bapak yang jadi tersangka ini punya anak perempuan. Masih kecil. Yhaa SD gitu lah, seumuran mungkin sama anak kecil korbannya. Anaknya si bapak inilah yang berusaha membela, nyari tau bukti-bukti biar bisa membebaskan bapaknya. Sampe dia dewasa tetep mencoba mencari kebenaran.

Terharu banget sih akutuuu. Acting dari aktor yang memerankan bapak dengan keterbelakangan mental bagus bangeet! Dan bikin terenyuh. Meskipun si bapak kurang sehat, penonton bisa ngerasain seberapa sayang si bapak sama anaknya. Dan juga sebaliknya. Hiks.

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo


Last! Bukan film sih tapi drama. Hehehe. Yang suka drama menguras air mata (LOL beneran tapiii) nonton ini deh. Feel-nya dapet banget nget nget. Saya nonton ulang 3 kali ada, kayaknya. Pertama streaming. Kedua nonton bareng temen. Ketiga minta ngopy temen karena pengen nonton lagi. Hahaha.

Udah pernah aku review juga komplit plit disini baca aja. Sekalian baca komennya deh. Pada niat banget nulisnya hahaha.

***

Diantara kelima itu, udah pernah nonton yang mana nih?

#BPN30DAYCHALLENGE2018
DAY 1 / DAY 2 / DAY 3 / DAY 4 / DAY 5 / DAY 6 / DAY 7 / DAY 8 / DAY 9

19 comments:

  1. Yang judulnya "Little Forest" menarik buat ditonton nih. Terakhir nonton film Korea jadul bangeeettt.. Judulnya My Boyfriend is Type B.

    ReplyDelete
  2. Dakuu gak pernah nonton drakor sama sekali hihihi

    ReplyDelete
  3. Wiuh menarik.
    Aku sering denger tuh Along with God, tp masih lebih milih nonton drakor drpd film korea.
    Kalo yg Miracle no. 7 udah punya tp belum berani nonton. Takut baper. Xixixi.
    Aku malah penasaran sama little foresf deh. Film nggak pake mikir yg visualisasinya bagus itu enak banget nontonnya.

    ReplyDelete

  4. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo, masih bikin aku nangis sampai sekarang wkkwwk beberapa udah kutonton yang nomer 1 belum. Siap jadi wishlist ahahahha ayo balapan nonton drakor Luk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baper abis ya mbak. Haha. Weleh balapan kayak apa ae mbak x))

      Delete
  5. Aku udah nonton yang Scarlet Heart Ryeo....bikin baper deh nonton ini..yang lain-lain aku belum nonton, pan kapan deh...

    ReplyDelete
  6. Blm pernah nonton semua. Tp pilihanmu kyknya bagus2.
    Soal film pertama, itu kyk daftar 7 dosa di Bible ya. Jadi latar belakangnya film se7en yg sukses berat di hollywood. Ya, mereka tetap tertarik sih sama tema ketuhanan. Krn mereka masih dlm proses bingung dan mencari.

    ReplyDelete
  7. Belum nonton satupun hihi penasaran yang dewa itu..

    ReplyDelete
  8. Suka ngga tahan kalau serial sedih gituuu

    ReplyDelete
  9. Aku udah nonton 4 judul, yg belum little forest. Apa cm aku aja yg ngerasa biasa aja ya. Wekeke. Pas awal buka filmnya kaya ga ada konflik, jd ga aku terusin. Heuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha iyaa justru karena ga ada konflik itu lhoo mba haha

      Delete
  10. Aku sebenernya ga paham film korea jadi kalo ada yg nyetel paling ikutan ngecengin tampangnya aja yg flawless2 😍😍 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah banyak kok mba yang kayak gitu. You're not alone :D

      Delete
  11. Sekali nonton pilem korea itu kadang bikin begadang dan ngabisin pulsa data hahha.. (pelit banget). Tapi saya suka nonton reality shownya All The Butler mbak.. Ringan tapi ada pesan moralnya..

    ReplyDelete
  12. Asyiik... tengkiyu.. Luluk. daripada K-Drama lebih suka movie :D
    next minta donlotin sama Pak Suami *eh

    ReplyDelete
  13. Sejak punya anak, nggak sempat nge-drakor hahaha, liatnya upin ipin

    ReplyDelete
  14. Pingin nonton yang terakhir mbak hehehe. Btw, aku jarang banget nonton film Korea. Baca artikel ini jadi agak-agak paham dikit :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES