Wednesday, May 20, 2020

Berikut Adalah Manfaat Kacang Macadamia! Sudah Pada Tahu Belum?

Ada berbagai jenis kacang-kacangan di dunia. Baik yang umum kita ketahui, seperti kacang tanah, kacang kenari, kacang almond, kacang hazelnut, dan lain-lain. Semua kacang-kacangan tersebut memiliki kelebihan dan manfaatnya masing-masing. Namun, apakah kamu pernah mendengar yang namanya kacang macadamia? 

Kacang Macadamia


Kacang yang satu ini terbilang kacang yang jarang diketahui oleh orang-orang, loh. Kacang ini pertama kali dibudidayakan di Australia dan lama kelamaan sudah menyebar ke seluruh dunia. Kacang yang satu ini sangat mahal harganya dibanding kacang-kacangan yang lainnya. Mengapa? Karena proses panennya yang makan waktu tahunan! Tidak hanya sekedar mahal, kacang macadamia juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan.

Manfaat Kacang Macadamia Untuk Kesehatan Tubuh


Nyemil kacang itu memang sangat bikin ketagihan dan bahkan sulit untuk berhenti. Tetapi kamu harus ingat, apa pun yang berlebihan itu tidak baik untuk kesehatan tubuh. Begitu juga dengan kacang macadamia ini. Jika dengan takaran yang pas, maka manfaat yang kamu dapatkan sangat luar biasa. Bahkan, manfaat kacang ini juga ampuh untuk berbagai penyakit yang mematikan. Kira-kira ada apa saja? Mari langsung kita simak ulasannya!

1. Menjaga Kesehatan Jantung


Hampir semua kacang-kacangan memiliki manfaat seperti ini, yaitu baik untuk menjaga kesehatan jantung. Memang tidak disangka, walaupun bentuknya kecil dan terkesan seperti camilan biasa, kacang ini ternyata luar biasa sekali manfaatnya. Pasalnya, terdapat kandungan lemak tak jenuh sehat yang memiliki sifat kardioprotektif sehingga dapat mengurangi kadar kolesterol dan dapat membantu membersihkan arteri. Tidak hanya itu saja, kacang macadamia juga mampu untuk menurunkan kadar trigliserida, yang merupakan sejenis lemak pada tubuh dan juga dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit koroner.

2. Dapat Mencegah Kanker


Manfaat dari kacang macadamia untuk kesehatan tubuh yang selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Bagi kamu yang memang ingin terhindar dari penyakit kanker, mulailah untuk mengonsumsi kacang-kacangan secara rutin dan salah satunya adalah kacang macadamia ini. Dalam kacang macadamia terdapat sebuah kandungan yang bernama flavonoid yang sangat tinggi. Flavonoid dalam kacang macadamia ini dapat berubah menjadi antioksidan yang nantinya akan berfungsi untuk mencari dan menghancurkan radikal bebas serta melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit kanker, seperti kanker payudara, paru-paru, prostat dan juga kanker perut.

Kecil-kecil cabe rawit! Luar biasa sekali manfaat kacang macadamia ini!

3. Dapat Menjaga Kesehatan Pencernaan


Manfaat kacang macadamia yang selanjutnya adalah dapat menjaga kesehatan pencernaan. Terdapat kandungan serat yang tinggi dalam kacang macadamia, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan kita. Selain itu, jika kamu mengonsumsi kacang macadamia secara rutin dengan takaran yang disesuaikan, maka dapat mencegah kamu dari sembelit.

Jika pencernaan kita sehat, maka organ tubuh kita yang lain juga akan sehat. Sebab, pencernaan merupakan tempat masuknya makanan di mana nantinya akan diproses ke seluruh bagian tubuh. 

4. Dapat Menurunkan Berat Badan


Bagi kamu yang sedang diet atau ingin melakukan diet menurunkan berat badan, maka kacang macadamia adalah berita bagus bagi kamu. Nyatanya, kacang yang satu ini juga dapat membantu diet penurunan berat badan kamu tersebut. Terdapat kandungan palmitoleic acid dan omega 7 dalam kacang macadamia. Kandungan ini bermanfaat untuk pengendalian pembakaran lemak dan juga dapat membantu mengurangi nafsu makan. Selain itu, kandungan palmitoleic acid tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme lemak dan mengurangi penyimpanan lemak. Dengan demikian, kacang macadamia ini sangat cocok bagi kamu untuk dikonsumsi selama menjalankan program diet penurunan berat badan.

5. Baik Untuk Kesehatan Kulit


Bagi kamu yang sangat memperhatikan kecantikan kulit, maka sudah saatnya untuk mulai konsumsi kacang macadamia secara rutin. Kacang ini dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Hal ini disebabkan adanya kehadiran senyawa yang bersifat anti-aging yang dapat menurunkan risiko terjadinya penuaan dini pada kulit. Maka dari itu, jika kamu rajin mengonsumsi kacang macadamia, kulit kamu akan terlihat sehat, muda dan juga cantik tentunya!


Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut, tentunya juga dibutuhkan produk terbaik. Dalam hal ini, Nutify Indonesia hadir untuk memenuhi semua kebutuhan tersebut. Salah satu produknya adalah Nutify 7 Wonders Mix. Di dalam satu kemasan ini terdapat campuran dari berbagai jenis kacang dan salah satunya adalah kacang macadamia. Tidak hanya itu saja, terdapat juga biji-bijian lain dan juga buah-buahan kering yang sudah dijamin segar dan sehat. Kandungan gizinya sudah diperhitungkan dalam setiap kemasannya. Kamu tidak perlu ragu, karena tidak ada campuran bahan kimia dan juga MSG. Dengan demikian, camilan yang satu ini sehat dan bisa dikonsumsi oleh siapa saja!

Oh iya, di Nutify Indonesia, kamu juga bisa beli kacang almond, loh! Terdapat berbagai jenis varian rasa juga. Dijamin nikmat dan bikin kamu ketagihan deh! Jangan lupa juga untuk nikmati Flash Sale selama bulan Mei 2020 ini. Happy shopping, semua!
15

Wednesday, May 13, 2020

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin

Oli merupakan cairan yang sangat penting bagi kendaraan. Sejauh ini, kamu mungkin tahu bahwa oli bermanfaat sebagai pelumas mesin baik untuk motor maupun mobil. Setiap mencapai jarak tempuh dalam beberapa kilometer, oli harus diganti. 

Jarang Diketahui, Ternyata Ini 5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin


Padahal, ada fungsi lain yang sangat bermanfaat bagi mesin. Sehingga, memperhatikan kerutinan penggantian oli sangat penting untuk kendaraanmu. Berikut informasi mengenai kegunaan atau fungsi lain dari oli mesin yang jarang diketahui.

5 Fungsi Lain Dari Oli Mesin


1. Pendingin Mesin

Saat kendaraan digunakan, mesin yang berputar dengan kecepatan sangat tinggi akan menimbulkan panas yang luar biasa. Penyebabnya adalah besarnya gaya gesek antar besi di dalam mesin tersebut. Tingginya suhu mesin ini bisa diturunkan dengan penggunaan oli. Saat oli digunakan, suhu yang tinggi dan panas bisa dinetralisir sehingga overheating atau kelebihan panas tidak terjadi pada mesin kendaraan.

2. Penyekat

Fungsi lain dari penggunaan oli mesin bagi kendaraanmu yaitu sebagai penyekat. Di dalam mesin tentu terdapat bagian – bagian metal yang saling bersinggungan dan berkaitan. Nah, disinilah fungsi oli yang juga sangat penting. Oli bisa menjadi penyekat di antara dua logam yang saling bersinggungan. Hal ini membuat gesekan diminimalisir antar keduanya sehingga komponen dan bagian di dalamnya tidak akan cepat terkikis atau cepat aus.

3. Pembersih Ruang Mesin

Saat mesin bekerja dan berputar, kondisi ini akan menghasilkan gram – gram besi yang akan direduksi oleh oli mesin. Tak hanya itu, komponen tersebut juga akan diendapkan ke dalam bak penampung oli. Di dalam bak penampung tersebut ada sebuah magnet. Magnet ini memiliki fungsi untuk menahan gram besi agar tidak naik kembali saat oli dipompa naik.

4. Anti Karat

Seperti yang kamu tahu bahwa logam atau besi sangat rentan mengalami karat. Dengan penggunaan oli mesin, hal ini akan mencegah karat. Saat terjadi proses gesekan di bagian – bagian dalam mesin, kondisi ini menyebabkan panas dan dari reaksi kimia ini terjadi karat. Contohnya, misalnya kamu membakar besi pisau baja lalu dibiarkan. Kondisi ini akan membuat pisau tersebut berkarat hanya dalam beberapa menit. Nah, dengan penggunaan oli ini, karat yang timbul karena proses pergesekan antar besi bisa dicegah dan dihindari.

5. Pelumas atau Lubricating

Fungsi terakhir dari penggunaan oli bagi kendaraanmu yaitu sebagai pelumas atau lubricating. Oli bisa berfungsi sebagai pelumas yang akan menjaga gesekan antar komponen yang ada di dalam mesin menjadi lebih kecil. Hal ini membuat kinerja di dalam mesin menjadi lebih lancar. Selain itu, bunyi – bunyian metal juga akan berkurang sehingga kerusakan pada mesin bisa dicegah dan diminimalisir.

Itulah beberapa fungsi lain dari penggunaan oli mesin yang masih jarang diketahui orang. Sangat banyak dan bermanfaat sekali, bukan? Maka sebaiknya kamu rutin mengecek jarak tempuh kendaraan dan memperhatikan penggantian oli secara berkala. Jika hal ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin mesin dari kendaraanmu akan mengalami kerusakan atau bahkan mengalami aus (terkikis).

Penggunaan oli mesin yang berkualitas juga sangat penting untuk diperhatikan. Kamu juga tidak boleh salah pilih antara oli untuk mobil atau motor. Keduanya memiliki spesifikasi dan bahan pembuatan yang berbeda sehingga tidak boleh sembarangan dalam menggunakan. Buat kamu yang ingin mendapatkan informasi lainnya seputar mobil dan motor, kunjungi mobil.co.id. Berbagai informasi bisa kamu dapatkan baik berkaitan dengan oli, dan segala hal yang berkaitan dengan kendaraan.
0

Tuesday, May 12, 2020

Jenis Perpaduan Warna

Ada berapa jenis perpaduan warna? Di postingan ini akan ditunjukkan beberapa kombinasi warna yang bisa menambah pengetahuanmu. Karena pada intinya pilihan warna tergantung dari selera masing-masing individu. 

Jenis Perpaduan Warna

Selain variasi warna yang banyak, memilih beberapa warna untuk dipadukan juga ternyata tidak semudah yang kamu bayangkan. Jika melibatakan preferensi pribadi, menyesuaikan satu atau beberapa warna cat akan memudahkanmu dalam menentukan pilihan yang tepat.

1. Perpaduan Harmonis

Perpaduan warna yang harmonis/ color hamony dapat dicapai dengan melakukan kombinasi warna yang tepat. Kombinasi warna harmonis adalah memadukan dua warna atau lebih karena menganut prinsip-prinsip seni rupa. Warna tetap harmonis dengan menggunakan prinsip kesatuan, kontras, dll melalui data lokasi warna yang didapat pada lingkaran warna (color wheel). Biasanya warna-warna yang dikombinasikan itu bersebelahan/berdampingan atau berhadapan dalam lingkaran warna/color wheel.

2. Perpaduan Analog

Analog sering disebut juga sebagai warna-warna senada, yaitu penggunaan warna-warna yang berdekatan atau terletak bersebelahan pada lingkaran warna. Misalnya: merah-merah oranye-oranye; biru-biru violet-violet;hijau-kuning hijau-kuning. Biasanya berpatokan pada warna-warna yang umum. Perhatikan lingkaran warna, kamu akan mendapati warna-warna itu juga memiliki temperatur yang sama, misalnya: semuanya warna-warna sejuk atau semuanya warna-warna hangat. Untuk menghindari kesan monoton, variasikan banyaknya pemakaian warna-warna tersebut. Jadikan salah satu warna sebagai warna yang dominan, lainnya sebagai aksen.

3. Perpaduan Monokromatis

Jika direncanakan dengan baik, warna-warna monokromatis bisa menciptakan kesan tenang, anggun, atau elegan. Kunci suksesnya adalah penggunaan warna-warna yang memiliki value serta intensitas yang sama atau dengan sedikit gradasi. Warna-warna netral bisa menjadi aksen yang menarik atau menjadi warna dasar dari perpaduan warna monokromatis. Misalnya, gunakan warna dasar abu-abu, lalu tambahkan sentuhan warna netral lainnya sebagai aksen. Contoh perpaduan warna monokromatis: Biru tua-biru-biru muda-putih kebiruan.

4. Perpaduan Komplementer

Komplementer adalah warna-warna yang saling melengkapi. Perpaduan ini dibentuk dari warna-warna yang berlawanan atau berseberangan pada lingkaran warna. Kesan yang ditimbulkan oleh warna-warna komplementer biasanya adalah suasana yang menggairahkan. Merah dan hijau, kuning-oranye dan biru-violet adalah beberapa contohnya. Tidak selalu harus warna-warna yang tepat berseberangan, bisa juga dipakai warna-warna yang nyaris berseberangan, misalnya: warna kuning-hijau dipadukan dengan violet bisa jadi perpaduan yang sangat cantik meski warna-warna tersebut tidak tepat berseberangan. warna-warna komplementer biasanya akan saling memperkuat. Misalnya : dinding berwarna kuning akan makin menonjol jika kusennya berwarna abu-abu violet pucat.

5. Perpaduan Kompleks

Perpaduan ini terdiri dari warna apa saja yang ada di lingkaran warna. Kombinasi ini terdiri dari warna apa saja. Merah, hijau, kuning-oranye dan biru-violet atau hijau-biru, merah-violet dan kuning-oranye. Menggembirakan, Sebab secara otomatis warna-warna ini akan saling menyeimbangkan temperatur warna dalam pandangan mata kita.

Teknik Perpaduan Warna


Mencampur warna dengan tujuan bisa menghasilkan warna baru diperlukan juga teknik teknik khusus, agar pengerjaan bisa lebih mudah dan maksimal. Selain itu perlu kita ketahui dalam melakukan hal itu kita juga harus dapat memperhatikan perbandingan antara persentase setiap warna agar nantinya dapat menghasilkan warna yang sesuai keinginan. Dalam metode pencampuran warna terbagi menjadi 3 istilah yakni sebagai berikut :
  • Warna Primer = Merah, Kuning, Biru
  • Warna Sekunder = Orange, Hijau, Ungu
  • Warna Tersier = Magenta, Cyan dan sebagainya
Meskipun berbagai perpaduan warna yang ada memberikan banyak pilih, gunakan warna dengan bijak. Pilih warna utama yang dominan dan sandingkan dengan warna harmonis yang relevan. Jika warna utama adalah merah, jangan gunakan terlalu banyak. Warna merah adalah warna yang kuat dan harus diseimbangkan oleh warna yang lebih lembut. Tetap gunakan prinsip-prinsip seni rupa dan desain dalam menata kombinasi yang telah ditetapkan. Misalnya merah digunakan dalam proporsi yang lebih sedikit dibanding hijau, untuk menerapkan prinsip keseimbangan.

Itulah jenis dan teknik perpaduan warna. Kamu dapat mencari perpaduan warna yang bagus dari asianpaints.co.id.
17

Sunday, May 10, 2020

Day 17 of Ramadhan: Things to be Grateful

Hayati ternyata nggak sanggup nulis pake bahasa Inggris lagi. Berasa kaku dan no chem alias no fun. Tidak seru ya gaes. Akhirnya balik aja deh pake bahasa Indonesia lagi. 

Day 17 of Ramadhan: Things to be Grateful

Baca: Day 1 of Ramadhan: #StayAtHome during Covid-19 Pandemic 

Baca: Day 2 of Ramadhan: Building a Good Habit

Jujur kalian capek ga belakangan ini? Iya banget sih akutu. Akibat kebanyakan baca berita ini itu. Gemas sekali pengen ga tau apa-apa tapi gimana sih mengerem keinginannya? Mau uninstall medsos takut ((kecepian)) karena di kos jarang ngobrol sama anak kosan. Kudu banget ngehubungin temen yang jauh disana. Begitu sulitnya bertahan hidup untuk tetap negatif penularan Covid-19 ini dan positif di pikiran. 

Demi mewaraskan otak ya marilah kita update saja kehidupan ini dengan kabar baik. Memang hidup ini kan beriringan. Bersama kesulitan ada kemudahan. Dan ya, ada beberapa hal yang patut disyukuri meski di tengah pandemi. 

Pertama banget saya bersyukur adanya pandemi ini tuh di waktu sekarang. I dunno but I feel OK it is my battle. Disaat udah bisa masuk kategori independen dan ngga ngerepotin siapapun. Financially and (berharapnya) mentally stable. Aku sama sekali nggak kebayang gimana kalo pas jaman skripsi??? Entah kapan kelarnya tu lah skripsiku aja kudu ngadain penyuluhan :’) 

Baca: #MenujuSKM: Penelitian Skripsi

Selanjutnya akan kubuat list. Biar sadar diri nikmat Allah tuh banyak! Ngeluh gapapa tapi jangan keterlalu ugha kayak hamba ga tau bersyukur aja :') 

1| Being alive 

Ini bersyukur gak? Iya dong tandanya masih dikasih waktu untuk bertobat! *harus pake tanda seru* Apalagi pas Ramadhan gini woy pintu ampunan terbuka luas. Ada lailatul qadr di 10 hari terakhir this is your chance!

2| Target Ramadhan bisa dibilang ya…..lumayan? 

Dari awal bulan Ramadhan aku udah ngeprint Ramadhan journal. Nge-track amalan apa yang dikerjakan harian. Bukan buat riya’ niatnya. Sekadar ngingetin lho misal hari kedua belum baca Al-Qur’an ih masa ga malu hari pertama aja baca. Akhirnya ya mau ga mau baca. Kesannya emang kepaksa. Betul. Buatku gapapa. Yang penting mulai dulu. Niatnya dulu. Perkara diterima amal itu urusan Allah bukan urusan manusa yha kan. 

3| Dapet suplemen tambahan dari kantor! 

Sebagai anak kos ya zuzur seneng banget. Suplemennya berupa susu kotak dan tablet efervescent. Itu tuh tablet yang kalo ditaruh di aer bunyi cesss lalu menguap (???) aku tidak ingin menyebut merk karena tidak di-endorse lol *gaya lu*

4| Kerjaan masih bisa di-handle

Well, hampir dua bulan kerja dari rumah! Percaya gak u? Yha percayalah kan this is the new normal. Butuh tulisan terpisah nih biar seru keknya. Lucu banget sih jadinya ngerjain apa-apa sendiri dan koordinasi jarak jauh. Sangat membutuhkan kesabaran demi mengkomunikasian tujuan. 

Pernah misskom? Pernah. Alhamdulillah solved tanpa baku hantam. 

5| I’m officially civil servant guys

This brings me into mixed feeling actually. Ya seneng kan perjuangan setahunan kebayar. Aku selalu inget berapa orang yang berebut posisi ini. On the other side ya aku merasa besarnya tanggung jawab dong. YaAllah duit negara ini lho dibayarnya apa tidak ngeri? Kudu hati-hati dan amanah banget. Kudu punya pegangan biar kagak nyeleweng. 

Baca: Cerita Setahun CPNS: Dari Latsar Sampai Kerjaan

Alhamdulillah suasan kantor sih kondusif ya selama ini kagak ada yang aneh-aneh. Semoga bisa seterusnya punya lingkungan kerja yang baik dalam artian bisa menunjang karir dan tetap inget akhirat.

Ngomongin soal turunnya SK ini, aku berencana kasih tau ke ibu nanti aja waktu udah di tangan. Tidak dinyana ibuku udah nanya duluan. Begitulah ketika ibumu dan temannya punya anak yang kerja di instansi sama. No secret. Ngga jadi suprise deh.

6| Lulus uji kompetensi! 

Pengumuman ini datang lebih dulu sebelum pengumuman lulus PNS sih. “Halah palingan dilulusin semua ya kan?” 

Baca: Cerita Setahun CPNS: Uji Kompetensi dan Lain-Lain

Hmm, kenyataannya enggak gaes. Dari 10 orang yang ikut ukom di kantor masih ada yang belum berkesempatan untuk lulus. Semangat ya, kakaaak! Kamu pasti bisa! *kisses and hugs* 

***

Ini berasa material banget nggak hal-hal yang perlu disyukuri? Semoga enggak ya. Aku tu berharap hingga pandemi ini kelar kita semua dikasih kesehatan. Now you know how expensive health is? Mau berapapun duit yang kamu punya nggak menjamin sehat. 

Anyway please if you can stay at home, stay. As long as possible. Kepaksa keluar? Boleh. Asal jangan keluar cuma karena mau nongkrong dan hengot syantik ya. Pake masker! Sampe rumah langsung mandi + cuci semua barang yang dibawa keluar. Don’t do anything stupid just because you feel bored. 

Tunjukkanlah empati kalian kepada sesama manusia. Apa tidak kasihan sama orang-orang yang pengen stay at home tapi kudu cari nafkah buat keluarganya? Tenaga medis yang berguguran? Please di rumah aja! Bosen dirumah ya gelundungan sampe turun berat badan. Cari kegiatan apa kek. Dah. Titik. 

Udah bersyukur belom hari ini? Karena apa?

0

Saturday, April 25, 2020

Day 2 of Ramadhan: Building a Good Habit

You see, it is difficult for me to start a habit. A lot of my planned good habit ended up as failure. Exercising daily: failed. Doing zikr at dawn and dusk: failed. Either I'm too lazy or a master of procrastinate. I guess the first one suits me better. Lol.


As Ramadhan come, I want to get fully rewarded. Not only by fasting. There is more activities (or ibadah?) to add. Recite Qur'an, memories it, and of couse learn it.

Thanks to things called internet, there is a loootsssa of platform provides online course FOR FREE. Who doesn't love free stuff anyway?

This is a good side of #StayAtHome campaign. Everyone shifted online. Just yesterday I opened my instagram account and found 2-3 accounts doing live streaming. At. The. Same. Time. Now you want to split your body, don't you?

Unfortunately I have my internet quota limited. So I only joined 1 live streaming. They talked 'bout syariah finance! An interesting topic indeed. They remind me again the concept of Islam Rahmatan Lil 'Alamin. Islam is the way of life. Everything has been regulated on Qur'an. We are the one who need to learn it BETTER.

Beside, I found a podcast you can listen everyday. Yes you read it right.

First you have to download an app called "Inspigo". An acronym for Inspiration on The Go. Ear catching, huh? I've had it installed for almost half a year. And I loved it so far. Their contents are various. Spiritual, leadership, entertainment, entreprenurship, book talk, even kids story time!


This Ramadhan they have Samsak = Sahur Imsak. A talk with 2 Ustadh about Islam. 1st day theme was about fasting. Trust me guys, their explanation suits me well. They talked like friend. Doesn't sound too old (?) to listen. And they uses logical explanation common people like me definitely understand.

2nd day topic was about fasting in this pandemic situation. The airtime took at suhoor. But don't worry. You can play it again anytime.

One thing I advice you to: take a note. It helps to more understanding rather than just listening it. Well, it's not a problem tho if listening is the only one you want.

Hope you find it useful. As always, I try to end it with a verse. This one is from Al-'Ankabut (29) verse 7.

And those who believe and do righteous deeds - We will surely remove from them their misdeeds and will surely reward them according to the best of what they used to do.” 

PS: Icons made by Freepik from www.flaticon.com
0
COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES