Sunday, January 14, 2024

Review Onyx Boox Poke 3 Setelah 2 Tahun Pemakaian

2 tahun tuh lama apa bentar ya? Jalan 3 tahun ini sih. Kata orang perkara gawai itu dibilang awet kalau pemakaiannya udah mencapai 5 tahun. Entah mana yang benar.

Review Penggunaan Onyx Boox Poke 3 Setelah 2 Tahun Pemakaian


Setelah tahun 2021 lalu aku bikin kesan pertama *ahzek sekarang saatnya review pemakaian. Secara garis besar sih puas. Aku udah menemukan cara untuk memaksimalkan penggunaan e-reader ini. Dihitung-hitung dengan harga 3jutaan, manfaat yang kudapetin lebih dari itu. 

Kok bisa? Ini yang aku lakukan.

1. Daftar akun perpus US dan sambungkan ke (aplikasi) kindle
*btw setelah ini jika aku menyebut kindle yang kumaksud aplikasi yah bukan kindle as e-reader.

Asli ini mah game changer banget! Terima kasih kepada booktwt diluar sana yang mudah berbagi tutorial dan ga gatekeeping. 

Awalnya aku udah punya akun Libby hasil daftar perpus Korea yang waktu itu dibuka untuk umum. Tapi ga aku gunakan karena interface dan pengalaman bacanya kurang enak. Kaku dan ga fleksibel. 

Kemudian aku menemukan thread di twitter tentang cara daftar akun perpustakaan US. Legal dengan alamat Indonesia. Aku ikutin langkah-langkahnya. Gampang banget luv. Katanya ini dibatesin sampai berapa tahun gitu. Semoga aja seumur hidup plis aku ingin membaca GRATIS sepuas hati T_T

Nah perpustakaan US ini beda dari yang Korea. Dia bisa disambungkan ke kindle. Asli, nyamaaaan banget pengalaman bacanya. Bisa nyambung Goodreads, highlight warna-warni, pilihan font banyak, ringan dipake. Best dah. 

Selain itu perpus US bisa pinjam lebih banyak buku dengan waktu lebih lama. Ditambah koleksinya beragam banget!!! Update pula yaampun. Saat ini aku pegang 2 akun perpus US yaitu Montgomery dan Boward County. 2 aja udah cukup banget untuk minjem buku-buku yang kuinginkan.

Trus darimana aku tahu aku untung?

Hitung aja dari tahun kemarin aku bisa baca 100an buku berbahasa Inggris secara gratis. Buku ini harga persatuan mulai dari Rp 100.000, itu udah paling murah. Dikalikan jadi berapa? 10 juta :') tentu hitungan rilnya lebih dari itu. Harga buku itu MAHAL.

Pamer beberapa buku yang berhasil kuselesaikan baca.




Maka dari itu aku ucapkan terima kasih pembayar pajak US bisa digunakan untuk warga Indonesia. Me likey.

2. Patungan langganan aplikasi berbayar

Dalam hal ini aku langganan Gramedia Digital. Masih dirasa berat? Gramedia biasa kasih diskonan tiap tanggal atau event tertentu. Misal di 17 Agustus. Diskonnya bisa sampai 50%. Taruhlah langganan setahun Rp 1.000.000. Dapet potongan 50% jadi Rp 500.000. 1 akun email bisa untuk 2 device.

Hitungannya 1 orang kena Rp 250.000 aja setahun T_T sebulan cuma kena puluhan ribu bisa baca buku terbitan Gramedia sepuasnya. Win win solution banget ga tuh?

Kekurangannya memang di interface ga sebagus kindle. Kindle tuh best deh untuk baca buku. Yang mirip aplikasi Google Playbook. Tapi Gramdig ini lumayan untuk terbitan baru-baru udah bisa di-customize meski belum secanggih kindle. Adalah ya peningkatannya. Me luvey.

Terpenting: I can literally read anywhere. Di kereta, pesawat, nunggu rapat mulai (WKWK). Enteng, muat dikantong baju pada umumnya. Mantul bukan?

Baca di kereta

Baca di pesawat

Baca di taman

Baca sambil nunggu rapat mulai

Baca di mobil gak dulu, jalanan jelek bikin pusying.

***

Kok kelebihannya mulu, emang sesempurna itu ga ada keluhan sama sekali? Ada, lah.

1. Isu baterai

Masa setahunan aku pakai, aku merasa baterainya cepet drop. Cuma baca sekitar sejam dua jam tanpa nyalain wifi aja dari 100% bisa turun ke 70%. Agak kurang wajar dibanding awal pemakaian tuh cuma kepotong sekitar 10% an aja.

Aku coba nanya ke sellernya lewat chat. Bisakah dilakukan penggantian baterai? Bisa, dengan biaya Rp 600.000. Waduch waduch lumayan juga ya. Berhubung aku pikir ngga urgent amat jadi kuabaikan sajalah.

Turns out pemakaian selanjutnya baik-baik aja. Kayaknya karena baru update firmware dan belum stabil kali jadi baterai drop. Semogaa bisa bertahan minimal banget 5 tahun pemakaian tanpa gangguan apapun.

2. Layar berbayang

Kadang pas ganti halaman, tulisan dari halaman sebelumnya tuh masih ada. Lagi-lagi kata orang ini tuh normal karena pemakaian e-ink bukan layar handphone pada umumnya. Nggak ganggu sih kalau udah kebiasa. 

3. Case terbatas

Ini perkara minor. Harga case asli onyx itu mahal LOL. Suka iri sama pengguna gawai kindle yang casingnya warna warni. Ada case bening juga buat dicustom. Lucu aja liatnya awawaw. Ehiya ini ngaruh juga ketika dipegang tanpa case, permukaannya licin. Rawan meleset.

***

Overall seperti yang udah kubilang: puas. Bahkan aku berhasil meracuni temenku untuk beli persis dengan tipe yang aku punya :P I guess I'm influencer? LOL.

PS: masih berharap dapet rezeki buat coba e-reader lain. Yang berwarna dan ada stylusnya. Semoga disemogakan, hihi.

10 comments

  1. Mbaaaa aku juga ngerasa banget itu yang case untuk boox mahal bangettt, pake yang dari toko waktu beli udah banyak gompelnya, kayaknya ringkih mudah banget patah tapi mau ganti muahal poll, bener-bener iri sama kindle.

    Aku pake juga udah 1 tahun, enak banget sih karena bisa baca dimana aja dan ringan banget, ini sih yang poin plus plus banget, ukuran kecil dan ringan pake tas jenis apapun bawa boox tuh ga bakal bikin pusing beda dengan waktu aku masih pake tablet kemana-mana.

    Baterai juga ga seawet kindle ya, kalo kindle katanya bisa bulanan ga di charge kalo boox mana bisa πŸ˜† cuma pinter-pinter aja ngatur waktu kapan harus charge nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kaaannn. Akhirnya aku pake griptok doang. Paling agak nyeri dikit pas kepentok tembok waktu lg make πŸ₯ΊπŸ€£

      Delete
  2. Setelah baca artikel ini ternyata yang direview bukan tablet tapi e-reader. Manfaatnya hanya untuk baca saja atau ada fasilitas lainnya? Wah terima kasih sharingnya mbak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini pada dasarnya android mbak, mau jd hp pun bisa. Asal betah layarnya item putih aja

      Delete
  3. jadi ini semacam aplikasi atau gadget sih mbak? buat penyuka buku ini menggoda banget

    ReplyDelete
  4. Wah...aku blas blm pernah nih pakai e reader. Ternyata asyik juga ya.. lumayan awet tuh 2 th masih relatif OK..dan untung baca bukunya udah buanyaaak.. Thx sharing pengalamannya ya..

    ReplyDelete
  5. Sebenernya enak ya pake e-reader gini akses ke perpus dan buku2 makin luas tapi aku tipe yg lebih nyaman baca buku fisik sih say. Belum bisa tahan lama kalo pake e-reader gini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes aku jg mikir gitu kok dulu. Tp sekarang bisa baca fisik atau elektronik setelah coba πŸ™Œ

      Delete
  6. Wah! jadi pengen punya juga, soalnya kalo punya buku fisik rada repot bersih bersihin dan nyimpennya. Kalo di tablet gitu kan lebih praktis ya, kapan kapan deh beli.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!