Sunday, January 21, 2024

Museum Tour bersama Jogja Good Guide

Apa pilihan ketika hanya punya 6 jam di Jogja? Yang terlintas pertama dikepalaku adalah ikut walking tour. Untungnya, Jogja adalah salah satu kota yang punya walking tour DAN mudah untuk diakses. Walking tour yang kupilih adalah Jogja Good Guide. Dimana layanan ini berafiliasi dengan Jakarta Good Guide.

Museum Tour bersama Jogja Good Guide
Foto milik Jogja Good Guide

Aku pernah ikut rute walking tour Jakarta Good Guide dan lumayan puas. Jadi nggak ragu buat daftar walking tour bareng Jogja Good Guide.

Untuk daftarnya gampang banget. 
  1. Pertama, kunjungi instagram Jogja Good Guide. Cek di postingan (biasanya di-pin) jadwal bulan berjalan ada rute mana aja. 
  2. Udah menentukan pilihan? Lanjut, di kolom link ada url yang bisa diklik berisi form reservasi google doc. Isi aja data diri dan rute yang ditentukan, serta jumlah orangnya berapa. 
  3. Nantinya akan dapat email balasan seperti ini. Aku lupa deh ini langsung auto reply atau enggak. Kayaknya sih langsung ya. 

Udah jelas banget di email info titik temu, kontak guide dan tip yang sebaiknya diberikan. Ada info yang kelewat kubaca, yaitu foto titik temunya. Kebiasaan ngga baca attachment begitulah :P

Foto milik Jogja Good Guide

Di hari H aku termasuk yang dateng awal. Biasalah gabut LOL. Alhamdulillah ga nunggu lama dari jam janjian sih. Peserta walking tour di ruteku pas 10 orang. Jadi 11 ditambah kak Age sebagai guide-nya. Hehe.

***

Disini kami masuk ke 2 museum. Yang pertama ya sesuai di email: Museum TNI-AD Dharma Wiratama. Museum ini ada di persimpangan Gramedia Kotabaru. Tinggal nyebrang dikit aja. 

Tampak Depan Museum TNI-AD Dharma Wiratama

Didominasi warna hijau khas TNI-AD, dari luar kelihatan sepi bener. Aku intip google reviews-nya cukup bagus as in terawat dan nggak suram khas museum di Indonesia.

Untuk masuk museumnya nggak ada HTM. Hanya disarankan untuk beli stiker buatan mereka, karena hasil penjualannya akan digunakan untuk perawatan museum. Fyi museum ini 100% dikelola oleh TNI-AD. 

Dihalaman ada beberapa alat perang yang dipajang. Katanya sih ini asli ya, hanya udah ga bisa digunakan aja. 

Kak Age Explaining

Masuk kedalam isinya sejarah TNI-AD, pergerakan perjuangan tentara waktu masa sebelum merdeka, termasuk strategi perang yang digunakan ditiap wilayah. 

Strategi Perang

Ada pula dipajang seragam TNI dari tahun ke tahun. Yang menarik disini ada display senjata tembak yang buanyaaak banget. Kata guide-nya display macam ini cuma ada beberapa aja di dunia.

Untuk ukuran museumnya tergolong kecil, tapi padat. Jujur nggak terlalu menikmati karena kak Age cepet banget jalannya. Telat dikit ditinggal. Hiks. Kenapa keburu-buru banget sih, kaaak???

Highlight yang nggak boleh terlewatkan dari museum ini yaitu bunker bawah tanahnya. 

Bunker Jepang

Tepat di sebelah kanan dan masih terawat banget. Awalnya aku ragu sih bisa masuk apa enggak. Takut dengan ruangan sempit, mana dibawah tanah. Kalo ambrol piye?

Tapi melihat peserta lain santai aja yaudah aku ikutan. Nggak ada kesan serem sama sekali lho. Wong dalemnya di cat putih, ada pencahayaan cukup dari lampu kuning, dan akses naik turunnya cukup baik.


Bukan mudah ya, baik. Tetep aja harus hati-hati, agak nunduk biar ga kejeduk. 


Pas harus naik lagi ke permukaan tanah, tangganya tegak lurus :")) tidak disarankan pake rok saat ikut tour ini.


***

Jalan kurang lebih 10 menit, kami menuju destinasi selanjutnya: Museum dr. Yap Prawirohusodo. Baru pernah denger? Sama. Aku juga.


Museum ini berada di komplek RS Mata dr. Yap. Aksesnya bisa dari depan (bagian rumah sakit) atau agak muter dulu lewat belakang. Agar lebih sopan, kata kak Age lebih baik lewat belakang. Agak sungkan juga kan ya ngelewatin pasien-pasien....

Untuk museum ini SSS: sangat super sederhana. Hehe. Hanya ada 1 ruangan yang berisi peralatan dr. Yap selama bertugas. Tentunya berhubungan dengan pemeriksaan mata. Untuk koleksinya lumayan menarik, tapi cara display-nya kurang. Kayak dijejerkan gitu aja. 


Siapakah dr. Yap? Mengutip dari website Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, dr. Yap adalah agkatan pertama pelajar Tionghoa yang bersekolah di Universitas Leiden. Sekembalinya ke Yogyakarta, beliau mendirikan Rumah Sakit Mata Prinses Juliana Gasthuls voor Ooglijders.

dr. Yap mengabdikan dirinya dengan mendirikan Balai Mardi Wuto pada 12 September 1926. Balai ini menjadi lembaga sosial yang fokusnya pada pembinaan pasien tuna netra. 

Musem ini gak ada HTMnya ya alias gratis. Cuma nulis nama aja di buku tamu. Sebagai penutup walking tour, kami diajak masuk sedikit ke perbatasan antara museum dan rumah sakitnya.


Bangunannya jadul banget berasa kembali ke masa lalu. Di Semarang ada juga nih klinik yang vibesnya jadul. Lupa namanya, yang diseberang Sekolah Hidayatullah di Banyumanik. 

Pas banget cuaca sejuk, angin sepoi-sepoi. Ga pengen balikkkk. Oh ya di akhir perjalanan (ahzek) kak Age ngasih tebakan. Sama seperti walking tour lainnya nih. Hadiah kali ini adalah kartu post a.k.a postcard special edition yang dibuat sendiri oleh Jogja Good Guide. 

Aku dapet gak? YA DAPET LAAAHHHHH HAHAHA gitu aja bangga aku tuh :')

***

Overall aku menikmati dan puas banget dengan rute walking tour ini. Menemukan hidden gemnya Jogja. Heheh. Tapi plis waktunya kurenggg dan jangan cepet-cepet kasih penjelasan buat guidenya :P

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!