Sunday, January 07, 2024

Museum Date di Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Akhir tahun 2023 lalu kembali lagi ke Jogja. Terhitung sudah 4 kali dalam setahun. Seperti mudik saja yhaa.

Kali ini tempat yang berhasil didatangi adalah Museum Sonobudoyo. Yay! 

Tiket Museum Sonobudoyo Yogyakarta

Sebelum pandemi melanda, aku sempat jalan ke Jogja sendiri. Melihat plang Museum Sonobudoyo tapi nggak tertarik. Dari depan tampak jadul dan kuno seperti museum yang kurang perawatan.

Lalu di 2023 konten Museum Sonobudoyo banyak muncul di Tiktok. Usut punya usut ternyata memang baru ada penambahan gedung di belakang. 

Kami cus masih pakai baju kondangan langsung ke museum. Di google maps ada 2 titik. Museum Sonobudoyo Unit I dan Unit II. Dengan pedenya kami ke unit II. Emang bener sih ada plang Museum Sonobudoyo gedhay. Lha tapi kok sepi?

"Ah palingan karena hari kerja" - pikirku yang sotoy ini. Lhadalah ketemu petugas dikasih tau ini tuh kantor bukan museumnya. Pantes yang wara-wiri pada pake lanyard Coach

"Jauh nggak pak dari sini kalau jalan kaki?"
"Wah jalan kaki ya lumayan"
Kami pun memutuskan untuk memesan ojek online sampai.....bapak satpamnya manggil kami dan bilang,
"Ayo mbak saya anterin. Mbak satunya ikut bapak itu ya" (kami berdua ciwi-ciwi)

Kalau bukan pelayanan prima apaaa ini namanya pemirsa? Dengan dibonceng petugas yang baik hati kami dianter ke tempat yang benar. Di deretan titik 0 yagesya plis jangan nyasar kayak kami. Kasian ngerepotin bapak satpamnya :P

Baru deh disini keliatan antrian turis kayak kami. Harga tiket Museum Sonobudoyo untuk turis domestik Rp10.000 saja. Bisa tunai atau QRIS (ingat, kris bukan kyuris). Antri tiketnya agak lama, petugasnya sekalian ngerapiin tiap dapet uang tunai kayak bakulan kukut.

***

Masuk aja ada gedung pamer tetap Museum Sonobudoyo. Ini belum gedung barunya ya. Wajar kalau isinya kurang instagram-able. Boleh titip tas di petugas (kaya aqu yang bawaannya segede gaban). Isi gedung depan ini koleksi kerajaan Bali, serta gamelan plus pemainnya.

Jangan kecewa dulu dengan isinya. Kamu cukup jalan ikut arah ke gedung baru, lewat jalan kecil bersuasana Bali ini.


Dan voila! Sampailah kita di gedung pamer baru Museum Sonobudoyo. Tingkat 6 gaes ini. Aku nggak ekspektasi sama sekali. Udah buuuaaannyyaaaakkk pol koleksi yang dilihat di lantai 1-4. Eh di lantai 5-6 itu luwih apik yakin orak ngapusi.

Tiket masuk diminta nunjukin lagi ya. Jangan sampai ilang. Didepan ini ada kumpulan bocah-bocah ngebatik. Kayaknya bisa ikutan kalau ada waktu.

Secara isinya nggak ada alur kronologis yang harus diikuti runtut. Lebih ke tematik. Tapi jujur aku lupa tema per lantainya apa. Ada banyak yang ditampilkan, seperti alat makan, kendaraan, batik, topeng, perwayangan, senjata tradisional.




Salahku itu dilantai bawahnya lama, baru terkejut di lantai atas ternyata bagus.
Kenapa?


Ada bagian yang pake virtual reality seperti memanah. Ada bisa main semacam ayo dance gitu dengan lagu tradisional. Ada juga video yang disetel dan seru banget (kayaknya). Karena aku kelamaan di lantai bawah, yang atas jadi cuma selintas doang. Padahal kepo T_T plis kalo kesini beneran luangin waktu yang lama ya. Atau langsung keatas dulu baru keliling bawah. 

Wahana interaktifnya se-menarique itu.

Dari Museum Sonobudoyo kami berpindah ke Gedung Pamer Temporer Museum Sonobudoyo untuk lihat Pameran AMEX 2023. Pas banget cuma diadakan pada 7 November - 30 Desember 2023. Tiketnya udah termasuk dari Rp10.000 yang udah dibeli diawal. Berasa dapet jackpot keliling 3 tempat dengan 1 tiket aja.

Untuk disini yang dipamerkan tentang koneksi budaya yang dihasilkan perdagangan maritim di Asia Tenggara, khususnya Nusantara. Ada tentang beragam agama dan kitab suci yang masuk ke Indonesia, kain batik, perbumbuan (rempah kali ya tepatnya), sampai alat transportasinya.



Lumayan lengkap dan menjelaskan gimana ekspedisi agama, rempah, budaya nyampe ke Indonesia. Terakhir sebelum keluar bisa foto dulu yang hasilnya segemoy ini.


Kalau kamu tipe yang menikmati museum, bukan hanya berburu konten, waktu 3 jam puas kali ya. Semua bisa dibaca, dicek satu-satu. Asal ga dipegang yah kan ga boleee. Nyesel deh dateng kesini. Iya nyesel cuma punya waktu dikit, kurang mendalami eksplorasinya :))

12 comments

  1. Seru banget ternyata ya sampai 6 lantai. Kapan-kapan pas ke jogja coba ke sini, deh

    ReplyDelete
  2. Seru banget piknik di museum. Wah asik nih mbak Lulu bolak balik ke Jogja. Aku terakhir ke Jogja tahun 2016. Aku baru tahu kalau ada museum Sonobudoyo setelah baca postingan ini. Jadi pengen ke museum juga deh karena terakhir aku ke museum tuh tahun 2008 piknik ke museum Dirgantara pas jaman aku masih kelas 6 SD.

    ReplyDelete
  3. Waah, main ke museum ternyata seru juga ya, nggak cuma belajar sejarah aja. Kalo aku ke museum kok mesti hawane merinding, kenapa ya Lu? hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajar sih museum di Indonesia masih banyak yg jadul dan penerangan seadanya :"))

      Delete
  4. Harga tiketnya murah ya mbak, 10.000 udah bisa dapat 3 wahana. Ternyata isinya menarik juga ya, tentunya sambil belajar sejarah juga.

    ReplyDelete
  5. Wah ternyata keren ya Museum Sonobudoyo ini ..nggak serem seperti suasana museum yg dibayangkan hehe.. Terima kasih sharing pengalamannya ya..

    ReplyDelete
  6. Museum di Indonesia tu mostly ga menarik ya dan museum ini dulunya juga gitu. Kesannya tua dan horor tapi skr setelah direnovasi jadi kece ya Lu. Kapan2 kako ke jogja harua diagendakan nih

    ReplyDelete
  7. Selalu bingung klo main ke jogja, eh ternyata ada museum yang kayany rekomen gini ya kak.

    ReplyDelete
  8. Jujur baru tahu ni nama museum Sonobudoyo mbak...nt deh klu kpn2 ke Jogja tak mampir bisa nambah ilmu untuk anak2 ya...iya kdg museum itu suasananya creepy ya mbak klu ini terlihat ga creepy

    ReplyDelete
  9. Ternyata museum Sonobudoyo bagus juga isi di dalamnya. Aku beberapa kali juga lewat doang di dekat situ. Harus dimasukkan itinerary kalo ke Jogja lagi, padahal gak keitung deh ke Jogja.

    Nah aku pertama denger orang ngomong kyuris itu sempat bengong. Ternyata banyak loh yang ngomongnya gitu, hihihi

    ReplyDelete
  10. Gaskaaan, lumayan buat ngonten hahaha

    ReplyDelete
  11. salah satu wishlist, pengen museum date di Jogja :') semoga bisa tercapai~

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!