Sunday, November 07, 2021

Bogor Trip: Leuwi Hejo

Siapapun yang bilang media sosial menghubungkan manusia, benarlah adanya. Aku nggak pernah nyangka bakal dapet partner traveling disini! Yha kalo boleh jujur sih banyak alumni SMP, SMA maupun kuliah hijrah ke Jabodetabek. But pardon me yang kurang pandai jaga silaturahmi dan basa basi. Semua itu hanya berakhir di nonton instagram story (oops no pun intended).

Sampai akhirnya melihat temen dari SMP update di Bogor. AYO KITA MAEEEN! Padahal dianya mah penempatan Tangsel. LOL. Itulah keistimewaan Jabodetabek. Berasa deket meski lintas provinsi ya kan. 

Yang kepikiran pertama di otak tentu saja Curug. Bogor kan identik dengan dataran tinggi. Ngga bisa dong melewatkan curug. Problematikanya adalah letak Curug yang bagus (dan instagramable) itu jauh. Ada kali perjalanan 2 jam. Dan cuma bisa naik motor maklum rakyat jelata ya.


Yaudah cari yang deket sekitaran Sentul, maybe? Ketemu tuh yang namanya Leuwi Hejo. Diliat sih ya masih manusiawi lah. Perjalanan 1-1,5 jam motoran. Gapapa, let's try it!

Eh bentar meluruskan dikit ya. Seperti halnya Semarang, Bogor itu dibagi menjadi Kota dan Kabupaten. Kota: yang walikotanya Pak Bima Arya. Lokasi dimana Kebun Raya Bogor berada. Kabupaten: lokasi dimana curug, Puncak, dan Taman Safari berada.


Lanjut.


Sesungguhnya aku ga apal banget arahnya LOL. Yang kuingat hanyalah kearah Pasar Citeureup tuh ada belok kiri udah lanjut kesitu. Pake maps pun nyampe kok sesuai titik (dikata ojek online). Kupikir karena masuk Babakan Madang tuh deket tapi ternyata luas ya HAHAHA perjalanannya sekitar 1 jam dari lokasiku (SMPN 1 Citeureup).

Perjalanannya naik turun layaknya mendaki gunung lewati lembah. Sepanjang jalan kenangan ini pemandangannya bagus buanget. Anak kota yang lama gak liat rerimbunan + langit cerah pasti suka banget :') dalam hatiku WAAHHH WAAHHH.... oh ya semakin mendekat ke Leuwi Hejo nih sinyal Indosat hilang. Sinyal XL masih mendingan, minimal bisa buat baca maps biar ga nyasar cenah.

Titik akhir pada maps nggak langsung menunjuk ke Curugnya. Melainkan pos penjagaan (?) pertama. Dari situ kami diarahkan ke parkiran motor yang mirip-mirip rumah warga. Agak bingung sih ini akses masuknya darimana. Nggak keliatan ada palang gede gitu lho yang menggambarkan lokasi. Malahan masuknya tuh lewat pemukiman warga.

Tapi harusnya tuh ada, cuma kami aja nggak ngerti (dan nggak nyari tau) dimanakah titik masuk lainnya itu. Begitulah. Diawal kami udah ditarik retribusi parkir. Rp 10.000 kalo ga salah. Oemji kok pelupa yah huft. Eh pas pulang tetep ditarik lagi dengan embel-embel "seikhlasnya". Aku sempat baca salah satu bloger pernah nulis, jangan kaget berwisata di Jawa Barat. Banyak pungutan liar yang nominalnya buat orang Jawa Tengah tuh gede. Eh kok kejadian beneran :)) untuk tiket masuknya (lagi-lagi seingetku) Rp 25.000.

Jadi si Leuwi Hejo ini lumayan panjang alirannya. Ada 1 curug gede dan beberapa macem sungai kecil. Sepertinya tempat ini udah lumayan primadona. Terbukti pas kesana tuh di curugnya kayak cendol. Udah ogah banget nyebur di curug gedenya padahal pengen merasakan kesegaran *hazeq. Selain itu rutenya juga bisa dipilih sesuai kemampuan.

Mau cukup dibawah sambil menikmati pemandangan? Bisa. Mau naik lagi semakin tinggi? Bisa. Asalkan kuat nanjaknya. Lumayan curam dan sempit. Misal papasan dengan orang dari arah sebaliknya, harus hati-hati banget make sure nggak kesenggol dan jatuh. Pun semakin naik keatas, tangganya tuh baru berupa tanah yang dibentuk undakan. Nggak dilapisi batu maupun semen. 

Tapi tenang aja, di pintu masuk ada kok yang jual tongkat hiking itu buat pegangan. Akhirnya setelah ngecek kanan kiri atas bawah, dapet deh kami spot untuk menepi. Ya literally menepi karena di spot ini masih kosong. Agak sedikit merasa aman buat buka masker HEHE. Jalurnya macem motong pematang kebon gitu sih. Bukan jalur yang udah dibuat untuk jalan manusia. Paham kan? Plis paham.



Ternyata meskipun judulnya curug ya dia tetep....panas :)) kami hanya bertahan sampai jam 11. Antisipasi juga sih biar nggak pulang pas hujan. Rempong, shay. Kami cuma duduk, ngobrol, makan bekal buah dari rumah, dia nyebur aku nyemplung kaki doang :P HAHA. Lumayan puas buatkuuu. Dan semakin siang tuh semakin rame. Banyak banget yang dateng rombongan. 

Lupa kefoto pas udah mau habis

Leuwi Hejo bisalah untuk alternatif mau cebur-ceburan tapi tetep ga jauh dari pusat kota.

Someone is happy!

PS: ternyata ga banyak foto-foto malah adanya video~

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!