Saturday, December 01, 2018

5 Cara Menjaga Berat Badan

Selamat berakhir pekan sekaligus awal bulan! Udah masuk Desember aja. Warbiyasah waktu jalannya cepet banget!


Masih di BPN 30 Day Challenge, topik yang diangkat adalah tips menjaga kesehatan. Which is literally udah beberapa kali saya tulis di blog ini. Pertama di postingan kompetisi lomba ini saya beberin 4 tips. Ada juga dari sisi kesehatan mental tips untuk menjauhkan diri dari depresi. Sisanya tentang body shaming setelah ngeliat body standard-nya orang Korea.

Baca: Idol Korea dan Body Goals

Kali ini saya kasih tips lain yak. Masih seputar kesehatan dong biar masuk tema. Saya bakal beberin gimana cara menjaga berat badan. Hoho.

Fyi, tinggi saya 160 cm dan berat badan terakhir nimbang 46 kg. Kurus? Iya. Indeks Massa Tubuh saya dibawah angka normal. Proporsi tubuh saya menunjukkan kurang berat badann. Emang itu sih satu-satunya yang masih bisa diperbaiki. Tinggi badan udah nggak bisa diharapkan buat nambah lagi.

Sejak kuliah hari pertama sampe hari ini alias 4 tahun kemudian, berat badan saya terhitung stabil. Selalu dalam rentang 46-49 kg. Ngga pernah nyampe 50 kg. Padahal kalo ngobrol sama temen gitu, rata-rata berat badan mereka naik saat kuliah. Malah ada yang keliatan banget perubahannya ngelihat dari foto yang diambil pertama kuliah. Kemudian dibandingkan dengan saat wisuda. Melar, hihihi.

Kalian juga bisa kok jaga berat badan tetep stabil, caranya?

1| Selalu sarapan

Sarapan yang baik dimulai dari pukul 07.00 - 09.00.....kata dosen saya. Hehe. Saya sih percaya aja karena beliau dosen profesional ilmu gizi *sungkem*. Kenyataannya emang bener sih. Ngerasa pas aja di jam segitu. Setelah bangun tidur kan masih males nelen apa-apa. Nah rentang jam itu perut udah memanggil untuk diisi.

Sarapan menyediakan energi untuk beraktivitas seharian. Dampak kalo kamu nggak sarapan adalah saat jam makan siang, akan melakukan balas dendam. Dengan alasan, "Ah, tadi aku belum sarapan. Kan laper." kemudian menjustifikasi untuk makan 2 porsi. Justru itu yang bisa bikin berat badan nggak stabil, gaes.

2| Makan gizi lengkap

Pernah ngalamin udah makan nasi + ayam goreng krispy 3 potong kok rasanya tetep laper? Padahal secara kalori jumlahnya banyak? Itu tuh yang dinamakan makan dengan gizi nggak lengkap. Makanlah sesuai dengan pedoman gizi seimbang. Ingat gaes, BUKAN 4 sehat 5 sempurna ya. Itu udah jaman 90an, kalian harus update. Pedoman gizi seimbang kayak gimana sih?


instagram.com/p2ptmkemenkesRI

instagram.com/p2ptmkemenkesRI

3| Pengen ngemil? Buah aja!

Godaan ngemil itu nggak terhindarkan ya. Nonton drama Korea, butuh cemilan. Ngerjain postingan blog, butuh cemilan. Biasakan diri untuk ngemil buah. Say no to junk food! *ngomong sama diri sendiri*

4| Cukup minum air putih

This isss super important yorobun. Siapa yang jarang minum? Bisa jadi laper itu juga karena kurang minum loh. Nggak cuma butuh makan aja. Tubuh juga butuh cairan. Biar nggak repot, saya sih selalu sedia botol minum ukuran 1 liter di kamar. Kamu juga bisa niru, letakkan minuman dekat jangkauan kamu. Dimana aja deh pokoknya yang kamu sering stay. Kan nggak ada lagi alesan lupa minum karena males ambil di dispenser.

Fun fact: cairan yang cukup juga bikin kulit glowing looh. Maka dari ituu jangan pernah remehkan minum ya. Minum air putih/bening/mineral.

5| Rutin bergerak

Bentar bentar, kok ngerasa kontradiktif sama paragraf sebelumnya? Nyadar nggak? Hahaha. Yha itu tips aja kan kalo emang males. Pada dasarnya biasain deh gerak gerak tubuh. Sederhana aja kayak lompat tali, ngedance (kalo bisa lol) gitu yang penting jangan gerak di pulau kapuk mulu :')

Dan yang terpenting adalah istiqomah dalam melakukan kelima hal diatas. Oke?

#BPN30DAYCHALLENGE2018
DAY 1 / DAY 2 / DAY 3 / DAY 4 / DAY 5 / DAY 6 / DAY 7 / DAY 8 / DAY 9 / DAY 10
DAY 11

No comments:

Post a Comment

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES