Wednesday, April 25, 2018

3 Pesan untuk Mahasiswa Baru

Euforia mahasiswa baru mulai kerasa setelah SNMPTN diumumkan. Saya nggak secara langsung ngerasain sih. Tapi gegara beberapa postingan di blog ini menjembreng tentang perkuliahan di FKM, saya sering banget nerima pertanyaan seputar itu. Macem-macem tipenya. Ada yang nanya serius banget kayak peluang kerjanya kayak gimana. Ada pertanyaan yang bikin mikir, "Emang kayak gini perlu ditanyain juga?" haha. Nyinyir mode on.


Semua ini bikin saya semakin terdorong buat meluluskan diri menyemangati diri untuk segera wisuda. Ya, wisuda. Pake toga. Pake kebaya. Loh, kok malah itu yang dipikirin? Penelitian dulu buk dikelarin.

Kalo boleh saya kasih pesan buat mahasiswa baru biar kuliahnya semakin berfaedah *apasih*...

1) Tentukan tujuan setelah kuliah dari sekarang!

Ini semacam note to my self yang terlambat huft. Jadi gini, kuliah itu bukan akhir segalanya. Malah banyak yang bilang hidup sesungguhnya dimulai ketika toga tersemat. Habis kuliah mau ngapain? Banyak pilihannya. Lanjut kuliah (lagi)? Kerja? Wirausaha? Nikah? Jalan-jalan? Serius men sebenernya banyak banget.

Makanya kamu wahai maba unyu-unyu harus udah tau nih mau  ngapain habis kuliah. Biar nggak jadi pengacara (pengangguran banyak acara) setelah lulus. Ini juga bikin kepikiran gara-gara nonton Youtube tentang beasiswa gitu. Sebut aja mas A. Si mas ini dapet beasiswa ke Korea lewat KGSP (Korean Government Scholarship Program). Beasiswa ini enak banget lah pokoknya FULLY FUNDED lyke, "Nyuooh nyuooh". Salah satu syaratnya adalah IPK alias Indeks Prestasi Kumulatif. Seenggaknya 80% dari GPA standar negara itu.

Universitas di Indonesia menggunakan IPK 4.00. Berarti minimal IPK nya adalah 3.20. Si mas udah tau ternyata, jadi dia dari tahun kedua udah MEMPERSIAPKAN DIRI. Segitu pentingnya lho mempersiapkan diri. Soalnya kalo nggak bisa nyampe segitu, bisa dibilang sulit buat lolos beasiswa.

Poinnya adalah dengan tau tujuan setelah kuliah apa, kita bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik dan lebih matang. Let's say kita ini nggak lebih pinter dari saingan kita. Tapi kita udah mempersiapkan diri segala macamnya lebih matang, sedangkan saingan kita ini "kedandapan" (apa ya bahasa Indonesianya?) dadakan gitu lah ya. Nggak rapi. Peluang untuk mendapatkan hal yang dituju itu lebih besar.

Dan, waktu yang digunakan jadi EFISIEN. Gitu.

2) Perbanyak relasi dan jaringan

Nggak ada yang meragukan the power of relation and networking. Banyakin temen. Banyakin jaringan. Jangan mau bergaul cuma temen sefakultas sendiri. Apalagi sejurusan doang. Jangan. Se-universitas. Beda universitas malah lebih baik. Salah satu caranya lewat KKN. Ehem.

Semakin luas relasi dan networking, insyaAllah peluang untuk mencapai tujuan kita juga lebih mudah. Caranya nambah relasi? Jangan malu-malu. Nyapa orang duluan. SKSD duluan. Nggak papa banget lho. Nggak ada salahnya. Dan yang pasti jangan pernah merasa inferior dan suuzon sama orang lain. Once you feel that way, BOOM. Rusak sudah relasi dan networkingnya.

3) Pertebal keimanan

Meskipun ini yang terakhir, ini yang terpenting. Terutama ditujukan kepada mahasiswa baru perantau. Jauh dari orang tua. Jauh dari saudara. Jauh dari orang yang selalu mengingatkan akan kebaikan. Akan ada masanya iman kamu turun, naik, turun lagi kayak roller coaster. Adalah hal yang lumrah. Tetapii...usahakan untuk selalu berusaha mempertebal keimanan kita. 

Karena ada masanya kamu mempertanyakan banyak "Kenapa" dan jawabannya nggak juga diketemukan. Ada masanya kamu merasa orang-orang nggak ada yang bisa membantu kamu. Larinya kemana kalo nggak ke Allah? Yang lebih deket daripada urat nadi kita? That's way keeping our faith and iman is important!

***

Saya nulis ini rasanya berapi-api. Kerasa, nggak? Ya karena dulu saya nggak ada yang mewanti-wanti kuliah itu kayak apa. Harus ngapain. Learning by doing. By observing. Rasanya sampe sekarang masih ada penyesalan kenapa kuliah kok gini-gini aja? Haha. Walaupun emang mungkin ya kodrat manusia nggak pernah puas.

Anyway, selamat buat kamu para calon mahasiswa. Semoga bisa enjoy menikmati bangku kuliah yang diimpikan banyak orang! :)

2 comments:

  1. Ehem.. Teman2 angkatan saya yabf kenalan di KKN yang berakhir di pelaminan lumayan banyak lho Lu.. Ga hanya sama teman satu universitas, malahan ada yang sampai nikah dengan anak pak kadesnya.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES