Tuesday, January 31, 2017

Peluang Kerja Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat


Peluang Kerja Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat. - Assalamu'alaikum semuanya. Sebelum memilih jurusan perkuliahan dimana, selain berdasarkan minat biasanya calon mahasiswa juga mempertimbangkan peluang kerja setelah lulus. Benar? Atau malah peluang kerja menjadi yang utama? Sepertinya lebih kepada yang kedua yah.


Nah untuk menjawab pertanyaan seputar lulusan kesehatan masyarakat kerja dimana? Jadi apa? Penyuluh ya? Di puskesmas berarti kerjaannya? I write this post to help you. Yah meskipun saya juga masih kuliah, belum kerja. Seenggaknya saya udah ada gambaran dari kakak tingkat maupun dosen yang mengajar selama perkuliahan.

Secara umum, semua lulusan kesehatan masyarakat akan mendapatkan gelar SKM alias Sarjana Kesayangan Mertua Kesehatan Masyarakat. Apapun itu peminatannya. Khusus di FKM Undip sih yaa. Entah kalo di FKM lain. Hehe.

Setelah lulus ada beberapa pilihan karir. Pertama, karir mendunia *asyique*. Karir ini bisa didapat apabila bergabung di WHO - badan kesehatan dunia - tau kan ya? Hari gini masa sih gatau WHO? :D Cara apply-nya sendiri jujur kurang tau. Dari kakak tingkat seingat saya baru ada 1 itu pun magang bukan kerja. Tapi saya sempat dapet sih di Linkedin yang info lowongan kerja gitu. Bisa dicoba.

Pilihan kedua, berkarir jadi Aparatur Sipil Negara. Penggunaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah diganti dengan ASN, fyi. Karir jadi ASN jelas di Kementerian Kesehatan dan turunannya. Turunannya itu termasuk Dinas Kesehatan, Puskesmas, BPJS. Apalagi ya?

Pilihan ketiga, berkarir di perusahaan swasta. Dan yang terakhir berkarir menjadi wirausaha. Yea pilihan terakhir sebenarnya buat siapa aja bisa asalkan emang 1: NIAT. Dan pantang menyerah. 

Postingan ini berkaitan dengan peminatan. Sebelum melanjutkan, agar tidak kebingungan dengan istilah-istilah yang akan dijabarkan akan lebih baik untuk membaca tentang peminatan dahulu.

***

Selanjutnya saya bakal menjelaskan karir kedua yaitu menjadi ASN. Untuk ASN sendiri lulusan kesehatan masyarakat diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi yang menghasilkan Surat Tanda Registrasi. Semua tercantum dalam UU RI No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
Uji Kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Kesehatan.
Surat Tanda Registrasi yang selanjutnya disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing Tenaga Kesehatan kepada Tenaga Kesehatan yang telah diregistrasi.

Berdasarkan pasal 11, jenis tenaga kesehatan dapat dikelompokkan menjadi:
a. tenaga medis; 
b. tenaga psikologi klinis; 
c. tenaga keperawatan; 
d. tenaga kebidanan; 
e. tenaga kefarmasian; 
f. tenaga kesehatan masyarakat; 
g. tenaga kesehatan lingkungan; 
h. tenaga gizi; 
i. tenaga keterapian fisik; 
j. tenaga keteknisian medis; 
k. tenaga teknik biomedika; 
l. tenaga kesehatan tradisional; dan 
m. tenaga kesehatan lain.

Yang ditandain ungu itu tenaga kesehatan lulusan FKM. Nah dari ketiga itu masih dibagi lagi. Banyak yha. Yha seperti peminatan yang juga banyak.

Beberapa yang saya tahu dan pahami:

- Epidemiolog kesehatan
Lulusan peminatan epidemiologi. Kebanyakan kerjanya di lapangan kayak menyelidiki penyebab dan intervensi masalah kesehatan seperti wabah, Kejadian Luar Biasa (KLB), penemuan kasus baru suatu penyakit di daerah.
- Tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku
Kebanyakan jadi penyuluh dan bikin media buat mempromosikan kesehatan mulai dari poster, pamflet, iklan layanan masyarakat.
- Pembimbing kesehatan kerja
Semacam konsultan kerja, tergantung pekerjaan apa dan dimana. Apakah berkaitan dengan industri atau pembangunan, kesehatan, dll.
Perbedaan Nutrisionis dan Dietisien apa? Nutrisionis itu baru punya kompetensinya aja tapi belum ada surat ijin semacam STR tadi. Kalo udah punya baru deh namanya Dietisien. Lebih lengkap tentang tenaga gizi bisa dibaca disini.

***

Berdasarkan pengalaman dari kating, sekarang ini yang lagi banyak dibutuhkan entomolog kesehatan. Terutama di luar pulau Jawa. Kesempatan kerjanya banyak banget. Buat laki-laki ini peluang banget sih. Buat perempuan, banyak ya faktornya nggak cuma mau ato enggaknya. Masalah ijin orang tua, trus untuk muslimah juga apakah ada yang mendampingi. Something like that.

Oh iya untuk lulusan peminatan AKK bisa juga kerja di BPJS Kesehatan. Kerja disitu termasuk ASN gak sih? Sepertinya iya. BPJS kan milik pemerintah juga. Atau ada yang tahu? Hehe.

Tentang sanitasi lingkungan atau tenaga kesehatan lingkungan ini juga agak membingungkan. Karena ada D3 Kesehatan Lingkungan. Malah biasanya lebih banyak lowongan kerjanya untuk D3 Kesling daripada S1-nya. Masih tumpang tindih gitu deh kurang jelas perbedaannya.

***

Terakhir untuk perusahaan swasta biasanya lebih banyak peluang di K3 dan Kesling. Pernah nggak lihat lambang gerigi hijau di jalan kayak gini? Nah itu lambang K3. Setiap perusahaan apapun itu bentuknya harus punya bagian K3. Hal ini juga udah didukung dengan peraturan terkait K3 di Indonesia cukup lengkap dan mendukung.

Tenaga Kesling biasanya di bidang industri dan rumah sakit gitu. Kan ada tuh perusahaan yang menghasilkan limbah tertentu. Nah disitu tugas kesling mencari cara gimana biar limbahnya nggak mencemari. Sebenernya banyak sih ya nggak cuma limbah aja. Tapi yang paling sering ya kaya gini. Ehe.

So, I think that's all. Semoga cukup membantu ya. Atau masih bingung? Intinya sebenarnya peluang kerja untuk lulusan FKM banyak asal jeli dan tepat sama peminatannya. Tentang nanti kerjanya ngapain, memang yang saya paparkan baru beberapa karena yang lain belum pernah lihat langsung ke lapangan. Takutnya nanti malah menyesatkan. Mudahnya, cari aja menggunakan keyword misal entomolog gitu nanti pasti bakal keluar banyak kok.

Ada juga desas-desus lulusan kesehatan masyarakat bakal bisa buka praktik di rumah kayak perawat gitu. Tapi sampe sekarang nggak ada kabarnya lagi sih bakal beneran ato enggak.

Jadi please berhenti nanya ke mahasiswa maupun lulusan FKM:
"Nanti lulus jadi dokter?"
"Atau bidan?"
"Oh, perawat ya?"

Terakhir, buat menyemangati yang ingin masuk FKM atau merasa terjebak di FKM sebagai mahasiswa setelah ditolak dari FK, atau yang masih merasa salah jurusan karena bingung mau kerja dimana..ada pesan dari dosen saya nih.

Banggalah para calon SKM, karena anda adalah pejuang kesehatan terdepan dan termulia di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Do the best you can do!

48 comments

  1. adekku yang paling kecil anak SKM juga di Unair :)
    Ehm BPJS itu dibawah kementerian memang belum lama ini tapi kayaknya belum jadi aparat negara deh, sebelumnya BUMN jadi kayaknya masih tahap perubahan ya

    ReplyDelete
  2. Banyak banget peluang kerjanya, jadi nggak perlu khawatir hehehe. Di bidang kesehatan memang selalu banyak dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, adekku harus baca ini, kebetulan adekku mahasiswi FKM di Unhas - Makassar, rencana mau ambil Manajemen Rumah Sakit. Thanks info ya Mba Lulu :)

    ReplyDelete
  4. Hello hello
    Sy juga alumni SKM nih baru lulus 1 tahun yg lalu.
    Skg cari kerja emang harus teliti dan jeli tp yah namanya juga hidup butuh perjuangan..
    Btw banyak temen-temen skm seangkatan yg ikut nusantara sehat itu peluangnya besar buat skm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, cari2 informasi dulu sebelum lulus ^^

      Delete
  5. kak, bisa kasih tips ga buat anak sma yang mau ngambil jurusan di kesehatan masyarakat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipsnya belajar terutama kimia biologinya dikuatin dan berdoa pastinya :)

      Delete
  6. Alhamdulillah, setelah baca dpt pencerahan, makasih mbak. Btw mbak lulu kuliah di FKM ambil peminatan apa ya?? Sharing ttg peminatan yg di ambil dong. Hehe 😃

    ReplyDelete
  7. Haloo mba. Saya masih bingung nih mau ambil peminatan apa di kesmas. Saya mau tanya. Mbak nya ambil peminatan apa? Trus kasih penjelasan dong yg singkat apa aja perbedaan dr peminatan kesmas, biar saya ada gambaran. Makasihh mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ambil gizi kesmas. Diusahakan saya tulis yaa

      Delete
  8. hai kak, aku juga mahasiswa SKM boleh minta kontak line ? kali aja kita bisa sharing :)

    ReplyDelete
  9. Mb mau nanya, dulu masuk fkm undipnya pake jalur apa?

    ReplyDelete
  10. Ka nanti dikesmas itu ada suntik kenyuntik ga ?��

    ReplyDelete
  11. kak, tanya dong
    sebenernya peluang kerjanya berapa persen sih anak FKM itu?

    ReplyDelete
  12. oiya kak mau nanya lagi, kan FKM undip udah internasional yah,
    jadi peluangnya nambah ga? contohnya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa persen itu maksudnya gimana yaa?
      Jadi gini kan udah internasional nih, maka kamu bisa dapet fasilitas lebih dari FKM lain. Misalnya beberapa kali dapet kuliah tamu dari mentor WHO langsung, kayak gitu. Lebih ke pengalamannya sih. Kalo di dunia kerjanya aku kira nggak terlalu ngaruh nambah peluang atau enggak.

      Delete
  13. Kak nilai rata" per mapel buat masuk FKM Undip berapa ya Kak hehe

    ReplyDelete
  14. Kak saya mau tanya .. Kalo mengambil jurusan FKM dalam bidang promosi ..
    Materi-materi apa yang harus dipelajari .. Mksih kak..😊

    ReplyDelete
  15. Kak saya mau tanya .. Untuk mendaftar jurusan FKM.. Apa kita harus memilih bidang yang kita pilih .. Apa semua bidang tersebut kita pelajari dalam FKM .. Mohon penjelasannya ya kak 😊terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di semester awal ada matkul dasarnya. Nanti kalo mau pilih bidang (disebutnya peminatan) setelah matkul dasar ini selesai semua

      Delete
  16. Kak mau tanya kalau kita lulus jd sarajana skm , trus lamar kerja di dinas kesehatan atau kantor lainnya yg berhubungan dgn kesehatan , apa nnty nya kita diangkat jd Asn juga?. Atau bagaimana? ..
    Dan kakak ini udh semester berapa skarang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bisa tetep ikut prosedur cpns. Sekarang smt 8 skripsian

      Delete
  17. Mau tanyak ni kak untuk ASN itukan harus ikut uji kompetensi dulu biar dapat str, tapi bukanya setiap tenaga kesehatan yg udah lulus itu bakalan dapat str? Bukan cuma SKM aja, itu maksudnya gimana ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum tentu. Kalo tenaga kesehatannya ngga ikut uji kompetensi ya gimana mau dpt STR nya? Karena sejauh ini kesmas blm mewajibkan uji kompetensi.
      Kecuali bila sdh diwajibkan sebagai syarat lulus, maka baru bisa dibilang setiap lulusan tenaga kesehatan dpt STR.

      Delete
  18. Hay ka lulu,kmrn sy bingung mau ambil jurusan apa yg sekiranx peluang kerjanx luas, dan sy memutuskan buat ambil FKM, dam masih cari2 info biar lebih mantap dan semangat lagi tahun baru kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat yaa semoga sukses kuliahnya dan lancar :)

      Delete
  19. I'm proud of you mbaa... 😊

    ReplyDelete
  20. Wah mbak Lulu anak kesmas? Aku juga, di universitas Andalas (UNAND). Di UNAND, sejauh ini di FKM ada 2 jurusan: IKM (SKM) dan Gizi (S.Gz). Gizi adanya sejak 2014 apa 2015, masih baru. Untuk lowker, iya, ada banyak ternyata. Apalagi pas dilihat-lihat untuk formasi CPNS 2018 ini, ada banyak lulusan Kesmas yang diminta. Walau alumninya juga banyak sih. Tapi cukuplah menjadi harapan ya. Soal STR memang masih belum jelas, terutama soal profesi, di mana lulusan kesehatan lainnya ada jenjang profesi, sedang kesmas belum jelas. Tapi balik lagi, masih ada banyak lowker. Salam kenal dari ranah Minang ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal, makasih ya udah berbagi ceritanya disini :)

      Delete
  21. Mata pelajaran yang diajarkan di FKM apa aja sih kk

    ReplyDelete
  22. Kak saya mau di kesehatan masyarakat harus pintar kimia sama biologi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga harus pinter, yang penting paham aja dasar2nya

      Delete
  23. Ass...
    Kak saya SMA jurusan ips kira" susah ga nantinya kalo saya ambil kesehatan masyarakat... Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay, aku juga SMA jurusan IPS loh hehe. Sekarang alhamdulillah sudah semester 4 di FKM UIN-SUMUT. Kalau dosen saya bilang peluang anak ips masuk jurusan IPA itu sgt kecil, sekitar 5% .tp tidak ada yg tdk mungkin kan? Ayo dicoba saja, jd kebanggaan tersendiri bagi kita anak IPS yg bsa tembus ke IPA hehe

      Delete
  24. Selamat siang kaka.
    Kak ijin bertanya kalau S1 Keperawatan (S.Kep) lanjut S2 Epidemiologi (M.Kes) harus ikut ukom untuk mendapatkan STR ?? Cara menggurus STR Magister Epidemiologi sama kaya S1 atau beda kaka ??
    Terima Kasih kaka.
    Maaf bertanya demikian karena sy blm paham dan tidak tahu. 🙏🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mohon maaf saya juga kurang tau. Bisa ditanyakan ke anggota IAKMI yaah :)

      Delete
  25. Ass..saya jg mahasiswa fkm inkessu Medan jurusan promkes bangga jd anak fkm banyak ilmunya yg lebih seru saya Uda usia di atas 40 an tp tetap semangat

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!