college

Peluang Kerja Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat

January 31, 2017,8 Comments


Peluang Kerja Lulusan Fakultas Kesehatan Masyarakat. - Assalamu'alaikum semuanya. Sebelum memilih jurusan perkuliahan dimana, selain berdasarkan minat biasanya calon mahasiswa juga mempertimbangkan peluang kerja setelah lulus. Benar? Atau malah peluang kerja menjadi yang utama? Sepertinya lebih kepada yang kedua yah.


Nah untuk menjawab pertanyaan seputar lulusan kesehatan masyarakat kerja dimana? Jadi apa? Penyuluh ya? Di puskesmas berarti kerjaannya? I write this post to help you. Yah meskipun saya juga masih kuliah, belum kerja. Seenggaknya saya udah ada gambaran dari kakak tingkat maupun dosen yang mengajar selama perkuliahan.

Secara umum, semua lulusan kesehatan masyarakat akan mendapatkan gelar SKM alias Sarjana Kesayangan Mertua Kesehatan Masyarakat. Apapun itu peminatannya. Khusus di FKM Undip sih yaa. Entah kalo di FKM lain. Hehe.

Setelah lulus ada beberapa pilihan karir. Pertama, karir mendunia *asyique*. Karir ini bisa didapat apabila bergabung di WHO - badan kesehatan dunia - tau kan ya? Hari gini masa sih gatau WHO? :D Cara apply-nya sendiri jujur kurang tau. Dari kakak tingkat seingat saya baru ada 1 itu pun magang bukan kerja. Tapi saya sempat dapet sih di Linkedin yang info lowongan kerja gitu. Bisa dicoba.

Pilihan kedua, berkarir jadi Aparatur Sipil Negara. Penggunaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah diganti dengan ASN, fyi. Karir jadi ASN jelas di Kementerian Kesehatan dan turunannya. Turunannya itu termasuk Dinas Kesehatan, Puskesmas, BPJS. Apalagi ya?

Pilihan ketiga, berkarir di perusahaan swasta. Dan yang terakhir berkarir menjadi wirausaha. Yea pilihan terakhir sebenarnya buat siapa aja bisa asalkan emang 1: NIAT. Dan pantang menyerah. 

Postingan ini berkaitan dengan peminatan. Sebelum melanjutkan, agar tidak kebingungan dengan istilah-istilah yang akan dijabarkan akan lebih baik untuk membaca tentang peminatan dahulu.

***

Selanjutnya saya bakal menjelaskan karir kedua yaitu menjadi ASN. Untuk ASN sendiri lulusan kesehatan masyarakat diwajibkan mengikuti Uji Kompetensi yang menghasilkan Surat Tanda Registrasi. Semua tercantum dalam UU RI No. 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

Tenaga Kesehatan adalah setiap orang yang mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan dan/atau keterampilan melalui pendidikan di bidang kesehatan yang untuk jenis tertentu memerlukan kewenangan untuk melakukan upaya kesehatan.
Uji Kompetensi adalah proses pengukuran pengetahuan, keterampilan, dan perilaku peserta didik pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi bidang Kesehatan.
Surat Tanda Registrasi yang selanjutnya disingkat STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh konsil masing-masing Tenaga Kesehatan kepada Tenaga Kesehatan yang telah diregistrasi.

Berdasarkan pasal 11, jenis tenaga kesehatan dapat dikelompokkan menjadi:
a. tenaga medis; 
b. tenaga psikologi klinis; 
c. tenaga keperawatan; 
d. tenaga kebidanan; 
e. tenaga kefarmasian; 
f. tenaga kesehatan masyarakat; 
g. tenaga kesehatan lingkungan; 
h. tenaga gizi; 
i. tenaga keterapian fisik; 
j. tenaga keteknisian medis; 
k. tenaga teknik biomedika; 
l. tenaga kesehatan tradisional; dan 
m. tenaga kesehatan lain.

Yang ditandain ungu itu tenaga kesehatan lulusan FKM. Nah dari ketiga itu masih dibagi lagi. Banyak yha. Yha seperti peminatan yang juga banyak.

Beberapa yang saya tahu dan pahami:

- Epidemiolog kesehatan
Lulusan peminatan epidemiologi. Kebanyakan kerjanya di lapangan kayak menyelidiki penyebab dan intervensi masalah kesehatan seperti wabah, Kejadian Luar Biasa (KLB), penemuan kasus baru suatu penyakit di daerah.
- Tenaga promosi kesehatan dan ilmu perilaku
Kebanyakan jadi penyuluh dan bikin media buat mempromosikan kesehatan mulai dari poster, pamflet, iklan layanan masyarakat.
- Pembimbing kesehatan kerja
Semacam konsultan kerja, tergantung pekerjaan apa dan dimana. Apakah berkaitan dengan industri atau pembangunan, kesehatan, dll.
Perbedaan Nutrisionis dan Dietisien apa? Nutrisionis itu baru punya kompetensinya aja tapi belum ada surat ijin semacam STR tadi. Kalo udah punya baru deh namanya Dietisien. Lebih lengkap tentang tenaga gizi bisa dibaca disini.

***

Berdasarkan pengalaman dari kating, sekarang ini yang lagi banyak dibutuhkan entomolog kesehatan. Terutama di luar pulau Jawa. Kesempatan kerjanya banyak banget. Buat laki-laki ini peluang banget sih. Buat perempuan, banyak ya faktornya nggak cuma mau ato enggaknya. Masalah ijin orang tua, trus untuk muslimah juga apakah ada yang mendampingi. Something like that.

Oh iya untuk lulusan peminatan AKK bisa juga kerja di BPJS Kesehatan. Kerja disitu termasuk ASN gak sih? Sepertinya iya. BPJS kan milik pemerintah juga. Atau ada yang tahu? Hehe.

Tentang sanitasi lingkungan atau tenaga kesehatan lingkungan ini juga agak membingungkan. Karena ada D3 Kesehatan Lingkungan. Malah biasanya lebih banyak lowongan kerjanya untuk D3 Kesling daripada S1-nya. Masih tumpang tindih gitu deh kurang jelas perbedaannya.

***

Terakhir untuk perusahaan swasta biasanya lebih banyak peluang di K3 dan Kesling. Pernah nggak lihat lambang gerigi hijau di jalan kayak gini? Nah itu lambang K3. Setiap perusahaan apapun itu bentuknya harus punya bagian K3. Hal ini juga udah didukung dengan peraturan terkait K3 di Indonesia cukup lengkap dan mendukung.

Tenaga Kesling biasanya di bidang industri dan rumah sakit gitu. Kan ada tuh perusahaan yang menghasilkan limbah tertentu. Nah disitu tugas kesling mencari cara gimana biar limbahnya nggak mencemari. Sebenernya banyak sih ya nggak cuma limbah aja. Tapi yang paling sering ya kaya gini. Ehe.

So, I think that's all. Semoga cukup membantu ya. Atau masih bingung? Intinya sebenarnya peluang kerja untuk lulusan FKM banyak asal jeli dan tepat sama peminatannya. Tentang nanti kerjanya ngapain, memang yang saya paparkan baru beberapa karena yang lain belum pernah lihat langsung ke lapangan. Takutnya nanti malah menyesatkan. Mudahnya, cari aja menggunakan keyword misal entomolog gitu nanti pasti bakal keluar banyak kok.

Ada juga desas-desus lulusan kesehatan masyarakat bakal bisa buka praktik di rumah kayak perawat gitu. Tapi sampe sekarang nggak ada kabarnya lagi sih bakal beneran ato enggak.

Jadi please berhenti nanya ke mahasiswa maupun lulusan FKM:
"Nanti lulus jadi dokter?"
"Atau bidan?"
"Oh, perawat ya?"

Terakhir, buat menyemangati yang ingin masuk FKM atau merasa terjebak di FKM sebagai mahasiswa setelah ditolak dari FK, atau yang masih merasa salah jurusan karena bingung mau kerja dimana..ada pesan dari dosen saya nih.

Banggalah para calon SKM, karena anda adalah pejuang kesehatan terdepan dan termulia di jalan Allah Subhanahu wa Ta'ala. Do the best you can do!

You Might Also Like

8 comments:

  1. adekku yang paling kecil anak SKM juga di Unair :)
    Ehm BPJS itu dibawah kementerian memang belum lama ini tapi kayaknya belum jadi aparat negara deh, sebelumnya BUMN jadi kayaknya masih tahap perubahan ya

    ReplyDelete
  2. Banyak banget peluang kerjanya, jadi nggak perlu khawatir hehehe. Di bidang kesehatan memang selalu banyak dibutuhkan ya

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, adekku harus baca ini, kebetulan adekku mahasiswi FKM di Unhas - Makassar, rencana mau ambil Manajemen Rumah Sakit. Thanks info ya Mba Lulu :)

    ReplyDelete
  4. Hello hello
    Sy juga alumni SKM nih baru lulus 1 tahun yg lalu.
    Skg cari kerja emang harus teliti dan jeli tp yah namanya juga hidup butuh perjuangan..
    Btw banyak temen-temen skm seangkatan yg ikut nusantara sehat itu peluangnya besar buat skm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, cari2 informasi dulu sebelum lulus ^^

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)