college

Tentang FKM Undip: Mengenal 9 Peminatan

January 23, 2017,9 Comments

Tentang FKM Undip: Mengenal 9 Peminatan. - Assalamu'alaikum semuanya. Alhamdulillah bisa posting lagii hari ini. Tentang FKM Undip khususnya peminatan. 

Gambar: Tim Kawal Peminatan
Tulisan ini saya tujukan buat mahasiswa FKM maupun yang ingin tahu tentang FKM khususnya di Undip. Jadi bila teman-teman merasa ada saudara, teman, kerabat atau siapapun yang membutuhkan boleh banget dibagikan. Hihi.

Sebelum membahas lebih jauh, harus diketahui bahwa FKM Undip program S1 hanya mempunyai 1 jurusan, yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat. Beda kan ya, seperti Teknik misalnya. Teknik ada jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Kimia, dan masih banyak lainnya. Letak perbedaannya, jurusan dipilih di awal saat pendaftaran kuliah. Baik itu melalui SNMPTN, SBMPTN, maupun Ujian Mandiri. Sedangkan peminatan baru dipilih setelah 2 tahun berkuliah di FKM Undip. Kenapa saya bilang 2 tahun karena tahun ini (2017) waktunya berbeda dengan tahun saya (2016). Tahun saya baru memasuki peminatan semester 6, sedangkan tahun sekarang dimulai semester 5 (atau 4 ya? Hehe).

Tenang saja jangan takut kurang informasi karena Senat Mahasiswa FKM Undip sendiri selama ini cukup proaktif dan informatif yang selalu menjembatani informasi akademik dari pihak kampus.

Sebagai tambahan informasi, sistem peminatan di tiap FKM berbeda. Yang saya tahu di FKM UI, peminatan ini ada beberapa yang sudah beralih menjadi jurusan. Untuk detailnya mungkin bisa mencari tahu yang berkuliah di FKM UI yaa. Hehe.

Di postingan ini saya sengaja melampirkan jadwal peminatan semester 6 sebagai gambaran apa yang dipelajari di peminatan tersebut. Gambar ini diperoleh dari akun line Senat Mahasiswa FKM Undip.

So here we go.

1. Kesehatan Ibu dan Anak

Ada celetukan dari kakak tingkat, yang masuk peminatan KIA adalah calon istri sholehah. Hahaha. Karena memang mempelajarinya seputar ibu dan anak. Mulai dari epidemiologi penyakit ibu dan anak, sampai kesehatan reproduksi. Semua tentang ibu dan anak yang menyangkut kesehatannya dibahas lengkap disini.

Sayangnya, di angkatan saya peminatan KIA tidak ada yang berminat. Jadilah tahun ini peminatan KIA ditiadakan. Karena itu pula saya tidak mendapatkan daftar mata kuliahnya apa saja. Maafkan ya..

2. Administrasi Kebijakan Kesehatan


Peminatan ini sering juga disebut dengan "IPS"nya anak FKM. Kenapa? Karena yang dipelajari tidak berfokus pada kesehatannya, tetapi kebijakan yang mengaturnya. Seperti yang dilihat pada gambar diatas, peminatan ini mempelajari bagaimana sih lulusan FKM bisa mengadvokasikan kebijakan yang mendorong peningkatan derajat kesehatan.

Disini sedikit banyak membahas tentang politik. Malahan, dosen bagian AKK ada juga yang lulusan dari FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Kenapa ada AKK? Ini sebenarnya berkaitan dengan peran dokter. Jadi dengan adanya lulusan dari bagian AKK ini diharapkan bisa membantu mengurangi beban administrasi dokter. Dokter istilahnya "hanya" bertugas untuk berikhtiar menyembuhkan pasien saja tanpa harus dibebani manajemen rumah sakit maupun puskesmas yang menaunginya.

3. Biostatistika dan Kependudukan


Yang suka matematika mana suaranya???!? Hohoho. Sesuai namanya peminatan ini mempelajari tentang statistik khususnya yang digunakan di bagian kesehatan. Jangan salah lho, untuk mengintervensi masalah kesehatan diperlukan analisa statistik yang mumpuni pula. 

Program statistik yang dipelajari biasanya menggunakan SPSS. Apa itu SPSS? Googling aja, pasti langsung ketemu kok :P

Intinya peminatan ini pasti bakal ketemu dengan berbagai macam uji statistik dan analisanya. Sebenarnya yang butuh statistik ini nggak cuma peminatan biostatistik aja lho. Seluruh peminatan nantinya ketika skripsi bakal menggunakan uji statistik juga. Hehehe.

4. Entomologi


Entomologi adalah cabang sains yang mengkaji mengenai serangga. Berasal dari bahasa Latin –entomon bermakna serangga dan logos bermakna ilmu pengetahuan
.
- kse-biologi.blog.ugm.ac.id
Udah ada gambaran belum apa yang dipelajari di entomologi? Yakk dunia per-serangga-an. Ngapain sih dipelajari? Jadi lulusan FKM kan ditugaskan untuk mencegah terjadinya penyakit. Untuk mencegah, harus tahu dong penyebabnya. Nah, serangga ini menjadi salah satu dari variabel yang bisa menjadi penyebab suatu penyakit.

Maka dari itu perlu dipelajari entomologi. Di FKM Undip sendiri sudah memiliki laboratorium entomologi. Isinya apa? Ternak nyamuk. Bener lho, banyak banget nyamuknya. Trus ada bedah nyamuk juga, mengenal kecoa.

Jangan masuk sini ya kalo kamu orangnya jijikan dan geli-an tiap lihat serangga. Bisa-bisa pingsan tiap praktikum. Hehe.

5. Epidemiologi


Epidemiologi disebut juga dengan inti dari kesehatan masyarakat (public health). Epidemiologi itu mempelajari penyebaran penyakit berdasarkan orang, tempat, dan waktu.

Orang epid - biasa disingkat begitu - atau disebut juga epidemiologi adalah orang yang kerjaannya "lapangan" banget. Nggak bisa cuma duduk manis aja di tempat. Lingkupnya pun bisa dibilang paling luas dibanding peminatan lain. Karena mempelajari semua penyakit mulai epidemiologi penyakit menular sampai penyakit tidak menular.

Berhubung FKM ini letaknya di Indonesia maka yang dipelajari lebih banyak ke penyakit di daerah tropis. Seperti demam berdarah, filariasis (kaki gajah), dan lain sebagainya. Kalo hipotermia kayaknya malah jarang diajarin yha kan ini Indonesia bukan kutub utara. Hehe.

Oh ya mirip-mirip sama entomologi, jadi orang epid juga ngga boleh jijikan. Karenaaaa....ada kalanya bakal penelitian menggunakan feses alias kotoran manusia sebagai objeknya. Gimana tuh?

6. Gizi Kesehatan Masyarakat


Ini dia peminatan yang saya pilih! *terus kenapa*. Yang sering ditanyain tentang apa bedanya Gizi Kesmas dengan Gizi di Fakultas Kedokteran? Hem. Di Gizi Kesmas ini lingkupnya gizi makro gitu jadi masyarakat luas. Dan masyarakat luas masih dibagi lagi ke beberapa kelompok umur terutama yang rawan. Seperti bayi dan balita, remaja wanita, serta ibu hamil. 

Nah sedangkan Gizi di FK lebih ke gizi mikro. Misalnya gizi kesmas mempelajari tentang tablet Fe dan praktik penggunaannya di ibu hamil di kawasan tertentu. Kalo gizi FK tablet Fe dengan kadar hemoglobin ato imun gitulah yang lingkupnya di dalam tubuh.

Gizi Kesmas saat ini juga nggak melulu tentang gizi aja tapi udah ada concern ke pangan dan halalnya. Ada juga materi tentang antropologi gizi jadi bagaimana seorang lulusan FKM ini bisa mengetahui budaya makan di daerah setempat dan dampaknya pada kesehatan.

Persamaanya: ada praktikum di laboratorium juga. Wahaha. Iyalah masa orang gizi nggak tahu tentang kandungan bahan makanan? 

Jujur aja waktu sharing dengan kakak tingkat saya sempet takut juga. Kayak ngeri banget tiap minggu ada praktikum dan revisi revisi. Tapi....kan belom dijalanin. Lihat aja nanti gimana. Ea.

7. Kesehatan dan Keselamatan Kerja 


K3 atau yang sering juga disebut dengan OSH (Occupational Safety and Health) khusus mempelajari tentang kesehatan (penyakit akibat kerja dan pencegahannya) serta keselamatan pekerja. Pekerja yang dimaksud disini nggak hanya pekerja pada perusahaan gitu lho. Mulai dari mahasiswa, dosen, tukang sapu, operator pom bensin, semua pekerjaan sebenarnya memiliki resiko kesehatan tertentu berdasarkan beban kerja, lingkungan kerja, dan masih banyak lagi.

Jadi K3 ini mengupayakan agar tiap pekerja selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatannya guna mencapai kinerja yang produktif. Yang dipelajari? Banyak banget. Tergantung sih pekerjaannya dimana, tapi kebanyakan seperti yang disebut di gambar di atas, di bidang industri. 

8. Kesehatan Lingkungan


Dalam teori H.L. Blum (ini teori wajib buat mahasiswa FKM hihi) penyebab penyakit dapat dibedakan menjadi 4, yaitu lingkungan, perilaku, genetik, dan pelayanan kesehatan. 

Maka dari itu peminatan kesehatan lingkungan mempelajari lingkungan seperti apa, dapat menyebabkan penyakit apa. Perubahan lingkungan yang memberikan dampak tertentu untuk kesehatan. Modifikasi lingkungan agar menjadi lingkungan yang ramah kesehatan.

Kesehatan lingkungan ini menurut saya yang kerasa banget IPA-nya. Fisika, biologi, terutama sih kimia. Ya karena lingkungan kan banyak yah masih ada lingkungan sosial juga jangan lupa.

Kata kating, peminatan ini bakal dipenuhi dengan praktikum dan laporan-laporan. Siap?

9. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku


Terakhir! Ada PKIP yang sering juga dikenal dengan Promkes (Promosi Kesehatan). Peminatan ini punya persamaan dengan AKK: cenderung ke IPS. Hehe.

Mempelajari teori perilaku yang banyak banget lhoo beneran. Trus advokasi, pemberdayaan masyarakat (tentunya di bidang kesehatan).

Serunya di PKIP ini bakal diajari desain. Jadi anak-anak PKIP bisalah dibilang jago desain. Ya tapi jangan disamain sama DKV ya. Hehe. 

***

So that's it. Kalo secara garis besar saya sendiri peminatan itu ada 2: fokus ke kesehatan, atau ke "instrumen" yang mempengaruhi kesehatan. 

Pada dasarnya semua peminatan masih berkaitan kok. Lagi pula ketika lulus, mau dari peminatan apapun tetap mendapat gelarnya SKM (Sarjana Kesehatan Masyarakat). 

Apalagi ya? Hem jangan lupa baca juga series *eya series banget nih?* tentang FKM Undip lainnya ya.

Baca juga:

InsyaAllah saya bakal berbagi apa saja yang sekiranya bermanfaat. Karena postingan tentang FKM Undip sendiri viewers-nya lumayan banyak. Semisal ada yang mau ditanyakan tentang FKM Undip juga boleh banget komen atau email saya. Semoga bermanfaat!

You Might Also Like

9 comments:

  1. Jadi tahu tentang FKM Undip, referensi buat ponakan nih

    ReplyDelete
  2. lho ternyatabanyak ya peminatannya selama ini aku nggak tahu lho
    hihi kalau Lulu apa?
    jurusan dipilihnya kalau bisa sesuai dengan pengen kerja dimana sih, kalau pengin kerja di perusahaan kesehatan kerja banyak diperluin.

    ReplyDelete
  3. I found youuu!!! Aku baru tau mba Lulu punya blog waaaaaaa. Bagus kontennya mbaa. Listed as my favorite page from now on. Keep it uppp! :D

    ReplyDelete
  4. untuk tahun 2018 buka transfer jalur dari d3 kesling ke skm ngga ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek aja mas di www.fkm.undip.ac.id untuk detailnya :)

      Delete
  5. mba, klo akreditasi nya entomologi ada ga ya?
    koq di web resmi nya undip gada ya pengenalan utk peminatan entomologi..?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)