college

Tentang FKM Undip: Kegiatan Akademik

May 31, 2016,22 Comments


Yow!
Cobain hal yang baru, kali ini saya ingin berbagi cerita dan pengalaman tentang perkuliahan di FKM Undip. Hal ini didasari dari kebiasaan saya yang suka kepo sama sesuatu yang mungkin orang lain nggak pernah ambil pusing. Jadi kenapa enggak? Siapa tau ada calon mahasiswa baru yang masih polos, ga tau apa-apa, bingung mau ngambil jurusan apa di perkuliahan (seperti saya menjelang lulus SMA) so this post dedicated for you!

FKM? Apa sih FKM itu?
FKM itu singkatan dari Fakultas Kesehatan Masyarakat. (HAHA jawaban ter ngeselin sedunia). FKM Undip terbilang salah satu yang menyediakan kuota banyak. Angkatan 2014 dan 2015 menerima sebanyak 400 mahasiswa baru. Angkatan saya, 2014 jumlah tersebut dibagi menjadi 5 kelas. Namun angkatan di bawah saya, jumlah itu dibagi menjadi 4 kelas. Bisa dibayangkan sepenuh apa kan kelasnya? Kalau angkatan 2016 sendiri belum tahu info terbarunya. Spesial di FKM Undip: mahasiswanya 90% cewek. Ngga tau kalo di FKM lain sih. 

Mirip-mirip gitu ya sama FK (Fakultas Kedokteran)?
Nope. Beda jauh bagaikan langit dan bumi. So I'm telling you guys kenapa beda jauh? Perbedaan ini terletak pada fokusnya. Di FK mahasiswa akan dididik untuk menjadi dokter. Apa tugas dokter? Menyembuhkan. Dalam kata lain kegiatan yang dilaksanakan adalah kuratif: setelah penyakit itu terjadi. Di FKM fokus mahasiswa adalah preventive dan promotive. Jadi mahasiswa FKM dituntut untuk mencegah penyakit itu agar tidak terjadi. Simpelnya gini: FKM bertujuan untuk mempertahankan orang sehat agar tetap sehat atau derajat kesehatannya meningkat dan agar orang sehat tersebut tidak sakit.

Sistem perkuliahan di FKM Undip gimana?
Hem, sistem perkuliahan yah. Di Undip sendiri khusus untuk FKM menggunakan sistem paket. Untuk semester 1-5 mahasiswa sudah ditentukan paket apa saja yang boleh diambil. Beda sama fakultas lain yang boleh ngambil mata kuliah apa aja kalo emang IPKmemenuhi. Enaknya sistem paket ini kami bisa bareng-bareng terus sekelas sama orang yang sama selama 5 semester. Yeah, selama itu sampai akhirnya peminatan nanti.

Nggak enaknya: kalo ada nilai yang jelek (amit-amit jangan sampe) mahasiswa harus nunggu sampe nyelesaiin semester 8 dulu baru deh ngulang. Kenapa? Ya karena mata kuliahnya hanya ada di semester tertentu. Misal di semester 1 ada nilai yang jelek, mahasiswa mau ngulang eh ternyata perkuliahan masih di semester genap. Kan nggak ada kelas yang semester 1, masa iya ikut sendiri? Kalo rame-rame mungkin masih bisa diusahakan. Susah kan ya? Emang. Makanya belajar, biar ga dapet nilai jelek! *ngomong di depan kaca*

Apaan tuh peminatan?

Logo Peminatan. Bukan punya saya :))
Nah ini penting. Peminatan itu kalo dipake bahasa SMAnya adalah penjurusan. Inget kan di SMA ada jurusan IPA, IPS, dan Bahasa? Di FKM juga seperti itu. Bedanya di FKM peminatan yang bisa kalian pilih ada 9. Mencakup Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Gizi Kesehatan Masyarakat, Epidemiologi, Entomologi, Kesehatan Ibu dan Anak, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK), dan terakhir Biostastistika.

Gunanya peminatan apa dong?
Peminatan ini berguna untuk memfokuskan kembali keahlian kalian. Keahlian ini diperlukan ketika nantinya lulusan FKM ini  ingin melamar kerja atau melanjutkan ke jenjang S2/S3 dengan keahlian yang sama. Menurut nasihat dosen yang pernah saya tangkep, kalo emang pengen ngelanjutin S2/S3 usahakan yang satu bidang keilmuan. Misal nantinya mau ambil peminatan Gizi Kesmas, ambillah S2 nya Gizi juga. Jangan Kesehatan Lingkungan. Kenapa? Sayang ilmunya. Lebih baik memperdalam apa yang sudah pernah didapat daripada mengenal hal yang baru lagi. Kayak anak SMA labil yang lintas jurusan dari IPA kuliahnya milih jurusan IPS. Dijamin nyesel (ga boong, ini kata temen saya sendiri yang dulunya IPA sekarang kuliah Manajemen. Dia bilang: "kalo adekku masuk IPS aku ga bakal larang. Daripada belajar Ipa susah-susah eh ga dipake di kuliah." HAHA :))

Lalu, di FKM Undip sendiri peminatan biasanya dilaksanakan di akhir semester 5. Saya sih belum merasakan karena masih semester 4. Kemungkinannya semester depan yah.

Trus, mempelajarinya apa aja sih?
Fokusnya juga pencegahan ya, makanya mata kuliahnya banyak yang ke pencegahan penyakit. Ada mata kuliah nih namanya Penanggulangan Penyakit Menular dan Non Menular maka di mata kuliah itu mahasiswa belajar tentang penyakit menular dari awal penyakit muncul itu penyebabnya apa, cara penularannya gimana, sampai pada tahap gimana untuk mencegah masyarakat terkena penularan penyakit tersebut. Banyak sih nggak cuma tentang penyakit aja.

Bisa dibilang, FKM itu mempelajari semua hal. Nggak bisa dibilang full pelajaran IPA, tapi ada juga IPS nya. Seimbang lah, 50:50. Kok bisa? Ya karena namanya juga Kesehatan Masyarakat, harapannya setelah lulus pasti turun ke masyarakat. Gimana caranya buat "mengambil hati" masyarakat? Dengan ilmu komunikasi, mempelajari budayanya, sosiologinya, nah di FKM ini juga dipelajari begituan. Jadi jangan khawatir kalo di FKM mah insyaAllah multitalenta. Wakss. Buat yang suka itung-itungan juga ga usah khawatir, disini ada kok statistikanya sampe puas tuh ngitung :")

Ada kurikulumnya ga sih FKM?
Ada! Nah ini nih mulai angkatan 2015 (1 tingkat dibawah saya) kurikulum yang digunakan sudah berubah. Beda sama kurikulum yang digunakan angkatan saya. Perbedaannya kurikulum angkatan saya dibuat oleh FKM Undip sendiri. Sedangkan kurikulum FKM mulai angkatan 2015 menggunakan Kurikulum Nasional. Kalo perbedaan yang paling kentara itu pilihan mata kuliah di paketnya. Beberapa mata kuliah yang dulu saya nggak ada di paket, sekarang ada.

Contohnya anak semester 2 sekarang (angkatan 2015) udah diajari Ekonomi Kesehatan. Sedangkan saya di semester 2 nggak ada tuh Ekonomi Kesehatan. Malah, diajarinnya cuma kalo mahasiswa itu masuk ke peminatan AKK. Kalau untuk perbedaan lainnya saya juga masih belum terlalu paham. EHE.

(Update 21/03/2017)
Huah, biar nggak ketinggalan jaman saya perbarui ya infonya!

Yang terbaru adalah kurikulum yang digunakan angkatan dibawah saya itu berbeda. Saat ini bisa dibilang mereka sedang hectic banget. Kenapa? Karena kuliah mereka saat ini menggunakan sistem blok. Hal ini membuat satu mata kuliah bisa memiliki pertemuan 2x dalam seminggu. Mirip lah sama sekolah! Dan waktu perkuliahanya pun nggak main-main. Dulu nggak ada tuh kuliah malam kecuali tambahan. Sedangkan sekarang mereka bisa kuliah dari jam 07.00-19.00.

Kok bisa?
Alasannya karena kuliah mereka dipadatkan menjadi 2 bulan saja. 2 bulan berikutnya akan memasuki masa PBL (Pengalaman Belajar Lapangan?). Seperti ituu.

Cukup yah segitu. Kalo sempet dibikin postingan selanjutnya masih tentang FKM Undip tentunya dengan topik yang berbeda, bukan lagi kegiatan akademik. Ada usul tentang apa? :D

You Might Also Like

22 comments:

  1. Lulusan d3 keperawatan bs ngga lanjut ke FKM...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!
      Di FKM membuka peluang D3 untuk lanjut S1 namun setahu saya melalui tugas belajar. Dan tugas belajar ini biasanya juga bergantung dari institusi tempat anda bekerja. Contoh Kemenkes sudah bekerja sama dengan FKM Undip.

      Selama ini yg saya tau ada D3 Kesling, D3 Gizi yg mengikuti lintas jalur di FKM. Mungkin lebih detailnya bisa menanyakan pada institusi tempat anda bekerja. Semoga membantu :)

      Delete
  2. Ka kalo anak ips masuk ke fkm bisa ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai!
      Di angkatan saya sih bisa ya karena ada tuh yg dari IPS dulunya dan sekarang masih berlanjut kuliah di FKM. Jalurnya sendiri SBMPTN dan UM (ujian mandiri).
      Tapi berhubung IPS basicnya beda kan sama IPA, jadi waktu kuliah harus memahami materinya bener-bener dari awal gitu karena banyak juga materi ttg biologi, fisika, kimianya :)

      Delete
  3. Ka saya kan dari jawa barat nih, untuk koata daerah saya tuh banyak gak ka
    Atau banyak gak mahasiswa FKM itu orang sunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kuota saya ngga bisa jawab krn kurang tahu juga. Mungkin bisa ditanyain ke pihak sekolah kamu aja. Untuk org sunda lumayan banyak kok tiap angkatan ada.

      Delete
  4. kak di undip ada gak peraturan kayak "nilai anak daerah di kali 4, dan nilai anak di luar pulau jawa 2"?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini maksudnya nilai seleksi masuk gitu ya? Kayaknya nggak ada deh dulu jaman saya sih tahun 2014 SNMPTN murni nilai rapor sama UN, SMBPTN-nya juga murni dari hasil ujian SBMPTN. Sedangkan yg ujian mandiri saya kurang tahu seperti apa sistemnya.

      Delete
  5. brarti nanti mensosialisasikan ke masyarakat ka kerjanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soon saya bikin posting khusus tentang peluang kerja FKM yaah

      Delete
    2. Berarti di FKM undip peluang cowok masuk lebih sedikit ya dari pada ceweknya ?

      Delete
    3. Sama aja peluangnya cuma emg peminatnya banyakan cewek daripada cowok yg daftar

      Delete
  6. Assalamualaikum.. mau tanya mbnya dulu lewat jalur apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, saya jalur SNMPTN :)

      Delete
  7. enak ga sih mbak di FKM? saya bingung mau masuk biologi murni atau FKM.. sarannya dong mbak, hehe terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo duh nggak bisa jawab detail nih kan aku harus tau dulu minat kamu, dan faktor2 lainnya hehe. Kalo serius mau nanya2 bisa kirim email atau colek2 di medsos yah! :)

      Delete
  8. Kak undip nerima lulusan smk swasta ga? Saya skrg sklh di smk swasta jurusan keperawatan dan rencananya pgn msk fkm undip buat thn dpn.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa lewat sbmptn atau ujian mandiri

      Delete
  9. mba lulu minta kontaknya dong ya, saya mba kesmas juga nihh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Email aja duluu ke hello.khodijah@gmail.com 😁

      Delete
  10. Makasih banyak atas sharingnya!�� kebetulan FKM Undip '17 nih. Wish me luck!

    ReplyDelete
  11. Kalo misalnya masuk fkm undip lewat jalur sbmptn, kira" sbmptn saintek atau campuran kak?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)