Saturday, December 31, 2022

2022 Wrap Up

As always ending year by wrapping it up. It's a tool to understand how far I go and counting my blessing. Aku sengaja meluangkan waktu untuk menuliskan ini semua dengan cuti. Wow. Wow. Seniat itu. Pada kenyataannya memang butuh seharian banget nih menumpahkan segala hal yang terjadi di 2022. Efek dari ngga nulis jurnal rutin berpengaruh sih.

Micro Library Warak

Untuk 2022 wrap up ini aku punya 7 kategori yang dituliskan.
1. Life in Bogor (keseluruhan)
2. Financial journey
3. Work life
4. Relationship
5. Reading journey
6. Health condition
7. Travel journey

LIFE IN BOGOR

Tarik nafas...buang...
2 bulan lagi genap tinggal 2 tahun disini. Aku sadar keadaanku datang kesini bukan dalam keadaan nrimo dan baik. Justru membawa amarah yang nggak tau mau diluapkan ke siapa. Dimana amarah ini menimbulkan dampak penilaianku dengan berbagai hal disini negatif. Aku selalu membanding-bandingkan dengan kota tempat tinggal sebelumnya.

Apakah 2 tahun lantas mengubahku menjadi nrimo dan melihat sisi baik kota ini? Yaah...nggak juga :)) dasar keras kepala. Keluhan-keluhanku yang super banyak itu biarlah aku aja yang simpen di buku. 

Yang aku dapatkan selama hidup di Bogor tuh uang kesadaran bahwa hidup adalah perjuangan. Dengan biaya serta gaya hidup melangit, orang di sekitarku terlihat selalu sibuk dan bekerja keras. Semua berusaha memenuhi kebutuhannya. 

Beragam tingkat sosial ekonomi pun tergambarkan disini. Dari yang perlente dengan mengendari MINI, pekerja ber-lanyard Coach, tumblr kudu Corkcicle, tumpah ruah dijalan dengan pengamen jalanan, manusia silver, pengemis, pedagang kaki lima. Dengan membuka mata gini bikin aku sedikit menurunkan egosentris si paling kasihan, si paling menderita, si paling berkorban dll. Life doesn't revolve around me anyway.

Maka hal terpenting yang idealnya aku lakukan yaitu menggunakan energiku yang terbatas untuk mencapai tujuanku. Apa? Hidup tenang. Ngurangi sambat, nggresulo, nesu ke keadaan. Berdamai, cari solusi ketika dihadapkan dengan masalah (yang selalu ada itu) dan bersikap baik ke semua orang yang ditemui.

Baik dalam artian nggak nyusahin, jaga perbuatan dan perkataan biar nggak menyakiti orang lain. 

FINANCIAL JOURNEY

Yang namanya uang tuh memang berputar bukan? :)) seharusnya tahun ini udah berhasil mencapai dana darurat. Sampai dihadapkan keadaan kudu beli sesuatu agar hidup terus berjalan *HALAH HALAAAH.

Biggest splurge so far in my life. Ditambah rencana perjalanan yang nggak murah. Yah, semoga dilancarkan rezekinya untuk hal-hal baik. Diberkahi. Alhamdulillah setahun ini nggak pernah merasa "kurang" dalam hal materi. Nggak ada hutang, yang ada justru dihutangi :P

Pelajaran terpenting keuangan tahun ini, ketika punya target jumlah tabungan harus dibarengi target waktu mencapainya. Karena ternyata punya target jumlah tanpa target kapan mencapainya tuh jadi berasa seenaknya nabung dan diundur-undur. Dasar aku.

WORK LIFE

Can't believe time I spent most turned out as I despise the most tho. Tahun ini tersadar bahwa okelah aku nggak bisa sepenuhnya memberikan energi dan kemampuan disini. Mari berkarya dengan passion di hal lain selain kerja. Bukan berarti nggak mengerjakan job desk dengan baik. Just be...bare minimum. That's enough.

RELATIONSHIP

Menglelah juga ini mah. LOL. Romantic relationship I mean. Biggest heartbreak everrrr and during my birthday month. Macam kena prank aja. Nangis-nangis? Iya. Sedih? Iya. Marah? Engga sih. Banyak menyesalnya. Apakah aku kurang effort? Apakah aku banyak kurangnya dimatamu, mz? WKWK geli.

Lagi-lagi cuma bisa nrimo kan?

Untuk hubungan keluarga, pertemanan, I think...just OK. I keep my boundaries clear. I show affection to those whom I love. I made effort la.

READING JOURNEY

Terima kasih kepada siapapun penemu buku. This is the one that excites me each day. Looking forward to another book to read. Berhasil membaca 100++ buku. Berhasil melakukan hal baru di pengalaman membaca ini. Apa tuh?

1. DNF

Istilah Do Not Finished yang artinya nggak menyelesaikan buku yang dibaca. Lho, kenapa? Banyak alasannya. Bisa nggak cocok dengan penulis, bosan, dll. Dulu aku menganggap DNF tu haram. Ya kali ah udah dibeli bukunya masa ga diselesaikan??? Kebuang dong uangnya?

Baby, what's important than money is your time, your joy in reading. Ada beberapa buku yang aku berhenti baca meskipun ulasan orang bagus. Meskipun itu buku hype. Aku nggak lagi memaksakan buat menyelesaikan baca kalau emang nggak ada feel dan alasan lagi. Yes I'm that serious about reading.

2. Diversity

AKHIRNYAAA aku bisa membaca dan menikmati selain romance. Fantasy! Historical fiction. I'm reading Harry Potter series, everyone! Se-bahagia itu bisa memperluas zona nyaman membacaku. 

I'm no longer bookworm. I'm a bookdragon! HAHA.

HEALTH CONDITION

"Not bad, but not good either"
Just so-so I think. Nggak ada sakit yang berarti selain disminore. 

TRAVEL JOURNEY

Also thing I grateful most. Lumayan bolak-balik kaya setrika di tahun ini. Alhamdulillah dikasih umur, kesempatan, harta buat menjalankannya. Soooo meaningful.


Februari: Celebrating my nephew birth

Maret:
- Lari pagi di UI (terniat)
- Gantian lari pagi ke Kebun Raya Cibinong (masih jauh dibanding Kebun Raya Bogor)
- Staycation tipis-tipis karena dipanggil pelatihan :))
- Ikut kajian di Sarang Elang

April: Nyobain kafe hidden gem di Tembalang 

Mei: 
- AKHIRNYA LEBARAN DIRUMAH T_T trus mudik. Beneran mudik ke desa bukan ke kota. Makan keong lagi huhu luv
- Strolling around Kota Lama
- Nyobain ke Tebet Eco Park (too crowded!)
- Kondangan ke Bekasi
- Main ke SOLO T____T love banget plis baca disini ya!


- Balik ke Semarang (lagi) buat pelatihan
- Mampir ke Starbucks Salatiga. My first Starbucks ever and it's not coffee.

Juni: Main ke Museum Sumpah Pemuda

Juli:
- Camping dan cafe hopping di Jogja yaampun luv T_T

Agustus:
- Superterin 17an di Jakarta
- Main ke Munasin Bogor
- Ikut Jakarta Walking Tour


- Main ke Bandoeeeng! Parah ih ini belum ada ceritanya sama sekali. Bakal sempet nulis gak yah? :"))

September:
- Pulang ke Semarang karena harus kondangan ke Jogja. Dadakan :") tapi seneng. Ketemu temen-temen kuliah dulu
- Kudus dan Pati kondangan lagi WKWK ini bulan-bulan badan berasa remuk tapi hati penuh <3

Menara Kudus
Menara Kudus

Warung Pati
Warung Pati

Oktober:
- Ke Taman Literasi

November: Karaokean :))

Desember: Berdiam diri di cafe wkwk

Dua bulan terakhir tuh mode saving energy dan money lebih tepatnya. 


Gosh, Alhamdulillah berwarna sekali 2022-ku. Looking forward to another journey in 2023!

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!