Thursday, July 07, 2022

Pengalaman Glamping di Rumah Atsiri Indonesia - Day 1

Akhirnya kesampaian juga menuliskan pengalaman glamping di Rumah Atsiri Indonesia. Untuk memulainya aku bakal langsung ke kesimpulan: IT’S WORTH THE MONEY. EXCELLENT SERVICE INDEED.

Pengalaman Glamping di Rumah Atsiri Indonesia - Day 1

Pengalamanku glamping di Bobocabin langsung berasa….. :’) jangan dibandingkan lah. Ya secara harga pun beda jauh ya. Sekilas tentang Rumah Atsiri Indonesia udah pernah kutulis di postingan terdahulu. Baca aja yak!

Baca: Pengalaman Glamping di Bobocabin Ranca Upas
Baca: Berkunjung ke Rumah Atsiri Indonesia

Gimana cara bookingnya?


Easy peasy. Go to their instagram profile. There’s a whatsapp contact. Send a message. Yup, cuma lewat whatsapp aja. Pertama aku minta pricelist-nya dulu. Memang mereka nggak mencantumkan langsung di instagram profilnya. Don’t worry. Adminnya lumayan responsif, kok.

Untuk glamping disini sistemnya paket wellness yah. Jadi nggak bisa “cuma” nginep di glampingnya aja. Ada program yang harus diikuti. Setelah ngobrol mencari tahu detail lewat whatsapp, kami memutuskan tanggal dan booking. Dikenakan DP sebesar 50%. Kami ambil paket termurah dan tanpa add on. 1 orangnya kena bersih Rp 1.500.000.

Aku diminta untuk mengisi google form berisi identitas, nama rombongan siapa aja, ada dietary tertentu nggak. Aku sih menuliskan: HALAL. Dengan keterangan no pork, no lard, no alcohol dan turunannya. Honestly I don’t cross check when I arrived there. Semoga aja request ini beneran dilaksanakan.

Kenapa ada form kek gitu? Karena oh karena selama glamping ini makanan disediakan pihak Rumah Atsiri. Percayalah, ini nyaman beneran dibandingkan cari makan sendiri. Apalagi rombonganku makhluk-makhluk mager. 

Oh ya setelah DP itu yang menghubungi adalah host-nya. Bukan admin umum lagi. Untuk makannya ada paket beberapa paket juga yang bisa dipilih. Awalnya kami pengen beda gitu biar bisa nyicipin. Tapi ada 1 menu yang isinya kebanyakan sambel. Ga cocok hahaha. Yaudahlah akhirnya sama aja semuanya daripada mubazir ga kemakan. Ga boong, semua paketnya keliatan enak banget yaAllah :')

Kami ambil paket glamping 2D1N. Makannya 3x yaitu makan malam, sarapan dan makan siang. Nggak perlu bingung mau ngapain selama glamping, rundown udah dibuatin sama host. Bisa mengubah jadwal? Bisa. Mau nambah aktivitas juga bisa, tentunya dengan tambahan biaya.

Untuk rombongan kami rundownya kayak gini:

Day 1
Check in and welcome drink
Foot bathing
Relaxing and exploring room
Dinner
Take a rest

Day 2
Wake up call
Morning trekking
Breakfast
Aromatic garden tour
Tour museum
Check out and lunch
Workshop eco print

Keliatan full ya? Emang.  Menjelang kedatangan aku dihubungi lagi sama nomer whatsapp berbeda. Diminta share live location segala. SOP-nya begitu kali ya biar bisa menyambut dengan tepat waktu.

***

Perjalanan dari Solo ke Tawangmangu (Karanganyar) sesuai dengan estimasi di Google Map. Gak ada macet Alhamdulillah. Dugun dugun rasanya aaakkkk! Another wishlist checked!

Untuk rombongan glamping, pintu masuknya bukan yang terletak di paling timur alias pintu yang biasa ya. Harus ke barat, ada tulisannya glamping. Eits, itu juga bukan parkir deng. Hehe. Jadi agak turun itu tempat buat nurunin barang. Kami disambut mas.. (yaampun lupa namanya gimana sih zZzZz) dengan troli barang.

Sedangkan mobilnya balik lagi ke atas untuk parkir. Nah pas sampe ini udah disambut dengan atmosfer yang Rumah Atsiri banget. Adem, ijo, menenangkan. Sesuai dengan definisi healing anak jaman now. Kami diberikan semacam kain kassa berwarna putih dimana udah direndam dengan essential oil. Fungsinya sanitizer, bisa buat tangan atau wajah.

Enakeun. Sayang, 1 temenku ada yang gak terlalu suka wewangian gini. Yaah selera orang beda ya udah gapapa.

Another good thing about Rumah Atsiri Glamping is they’re trying to be as eniromentally friendly as possible. Ini yang aku harapkan dari sebuah glamping. Udah didirikan di daerah dataran tinggi yang umumnya buat pertanian kan, seharusnya ada timbal baliknya. Nggak cuma eksploitasi aja.

Kayak gimana tuh isi tendanya?


Tenda kami berdampingan dan terletak di sisi paling timur. Disini ada beberapa tipe tenda ya, kami booking tipe Citronella. Pas masuk huwahuwahuwa melebih ekspektasi. Jujurly udah sering ngepoin dalemnya atsiri glamping ini dari para influencer :P

Begitu masuk tenda, di sisi kiri ada tempat untuk taruh barang dan sepatu. Kunci tendanya manual aja bukan scan QR. Masuk dikit ada tangga untuk keatas. Nah di bagian kanan ini ada sofa bed yang keliatan nyamaannnn banget buat rebahan (dan emang beneran), karpet (pattern-nya bagus, sampe pengen dibawa pulang lol), dan tempat duduk berbentuk lingkaran. Di samping sofabed ada diffuser (dan oilnya tentu saja). Sayang aku ngga mencoba karena lagi-lagi temenku ga suka hahaha #pasrah.




Deket tangga ada meja dan kursi kerja. Diatasnya ada welcome card yang personal sekaliii karena ada nama kami :) 

Personal Welcome Card

Tersedia stop kontak, alat pemijat kaki elektrik beserta kaos kaki, gelas (besar dan kecil), tisane, madu, air mineral 2 botol, tatakan (alas gelas), kopi, dan sendok kecil. Oh ya benda-benda datas meja ini diletakkan di nampan yang terbuat dari plastik daur ulang. Tjakeeep!

Di pojokan ada jendela dan kaca. Kacanya dibawah. Langsung keliatan view sereh :P dan di kejauhan ada kolam renang! 


Sayang waktu berkunjung, belum dibuka tuh untuk umum. Gilak si emang membangun terus ini Rumah Atsiri. Glampingnya aja masih soft opening TAPI udah full terus. Ngga tau gimana kalo grand opening nanti.

Welcome Drink

Kami liat-liat kamar sambil menikmati welcome drink. Gatau namanya apa. Semacam minuman herbal yang rasanya ada asem-asemnya. Seger. Terutama ketika dinikmati dingin. Plus finger food dari baguette dikasih topping tuna dan selada. Enaaak! Baru welcome drink aja udah enak. Kebayang makan selanjutnya.

***

Mari kita mulai agenda hari pertama, yaitu foot bathing. Sesuai dengan jumlah orang di tenda, terapis yang dihadirkan 2 orang. Kami udah diminta ganti pakaian yang nyaman dulu. Bisa pake kimono yang disediakan. Mijetnya cuma sampe mata kaki aja. 

Kimono Rumah Atsiri

Bisa request seberapa keras tekanan pijetannya. Untuk foot bathing ini pake garam mandi produknya Rumah Atsiri + kelopak bunga. Jujur sih enak ya :') sayang 15 menit berasa cepet amattt?

Setelahnya free time. Kami bertiga beneran explore di sekitar tenda. Sedangkan temenku 1 itu tetep stay di tenda. Anak rumahan sejati sih gitu ga mau rugi menikmati WKWK. Biasalah kami fefotoan gitu. Sembari menunggu matahari terbenam. Di samping Rumah Atsiri ini masih ada sawah. Cucok bangettt feeling so grateful dengan pemandangan yang dihamparkan didepan mata.



Di jam 6 sore kami bersiap-siap makan malem. Laper bok. Ternyata kakak host-nya tuh ngechat duluan makanan mau disiapkan kapan. Akunya nggak ngeh. 

Untuk makan ini ada 2 tempat ya. 1 di resto utama. Dimana pada siang hari juga digunakan untuk pengunjung non-glamping. 1 lagi di area khusus glamping. Dulu waktu masih pembangunan, area ini belum dijadikan khusus. Nah sekarang yang boleh wara wiri hanya yang glamping.

Makan malam kami di resto utama karenaa pengunjung non-glamping udah ga ada kan. Konsep  makan di Rumah Atsiri ini fine dining ya. Artinya ada makanan pembuka, menu utama dan hidangan penutup. Soo excited. Lebih excited lagi di mejanya ada akrilik bertuliskan namaku sebagai pemesan. Makin berasa spesial gak, sih?

Menu makan malam kami:
1. Appetizer
2. Potato Soup
3. Desserts
4. Beverage

Sebentar, aku harus menggali ingatan appetizer dan desserts nya apa :P untuk beverage-nya susu jahe. Cocok di kondisi dingin. Tapi aku nggak into herbal drink jadi ya seruput-seruput aja. Sisanya minta air mineral. 

Appetizer: pastri rasa asin. Hahah lupa isiannya apa.

Potato soup: porsinya gedeee (plis note ini ukuran manusia yang emang makannya dikit). Enak, tapi buatku kebanyakan jadi ga habis hu mubazir :(

Desserts: es krim pancake toping stroberi dan kismis. Enak. Cuma pancake nya lagi-lagi kebanyakan. Haha.

Kirain ga bakal kenyang gitu eh ternyata kenyang banget dong :) me likey. Kenyang makan, saatnya tidur. Niat rumpita ga jadi terlanjur lelah. Lanjut ke day 2!

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!