Friday, January 01, 2021

5 Rekomendasi Variety Show Korea

Siapa penonton drakor angkatan corona? Banyak ya, kayaknya. Karena lebih banyak dirumah aja jadi nyoba hal diluar rutinitas.


Kalo drakor pasti buanyak pilihannya. Gimana dengan variety show korea? Akulagi seneng ngikutin variety show nih. Enak gitu dengerin orang ngomong. Bisa nyaut sesukanya HAHAHA ((yaAllah aku masih waras)). 


Variety show Korea sepanjang saya nonton cukup niat dibanding variety show Indonesia. Dari property sampe itinerary jalan-jalannya. Kali aja kamu butuh referensi, cek rekomendasiku ya!


1. Star's Top Recipe at Fun-Staurant


Star's Top Recipe at Fun-Staurant
Sumber: KBS World TV

Siapa yang suka masak, cung? Atau sekadar suka makan? Sebagian besar pasti jawab suka. Lah namanya aja kebutuhan, bund. 


Sesuai namanya, acara ini menggabungkan 3 unsur. Fun, restaurant, dan star. Fun saat mengembangkan resep baru. Restaurant karena kelasnya tuh restaurant (katanya). Dari rasa sampai visual diperhatikan. Dan star. Pemerannya adalah seleb korea. 


Variety show ini berkonsep kompetisi memasak bagi seleb. Setiap episode punya tema (biasanya berupa bahan baku yang harus diolah). Misal ada episode keju, paprika, ramyun. Kemudian seleb ini eksplor resep baru. Sepanjang episode isinya proses memasak mereka. Mulai dari pilih bahan, lihat dapurnya, eksperimen resep baru, sampe icip-icip. 


Masakan mereka akan dinilai oleh juri, yaitu chef profesional. Resep terpilih akan diproduksi secara massal untuk dijual di minimarket. Seru, kan? *plis ngomong seru* 


Asli sih ini ternganga banget liat seleb yang multitalenan. Visual dapet, pengetahuan soal perbumbuan ada, tips masak, cara pilih bahan baku, dll. Kayak kamu nonton masterchef tapi ngikutin tahapan from farm to table. Seruu! 


Bagusnya lagi, show ini bertujuan mempromosikan hasil tani ataupun makanan khas Korea. Win win solution! Nggak cuma makan enak tapi juga membantu petani yang saat ini lagi sulit memasarkan ditengah pandemi. 


2. House on Wheels


House on Wheels
Sumber: tva.onscreenasia


Ini udah tamat sih cuma 12 episode. Sesuai namanya, ini menceritakan kehidupan 3 aktor: Yeo Jin Goo (lawannya IU di Hotel Del Luna), Kim Hee Won, dan Sung Dong Il (pemeran Bapak di Reply series). Tiap minggunya mereka berkeliling Korea pake rumah berjalan! 


Yep, mobil yang didesain jadi rumah portabel. Lengkap banget lho ada dapur, tempat tidur, kamar mandi, wastafel juga! Nggak lupa dong ngundang guest setiap episode. Favoritku waktu guest-nya IU. Soalnya dia cantik :))


Yang menarik disini adalah gimana tiap episode mereka punya "halaman" rumah yang berbeda. Kadang di hutan bambu, pantai, atau malah padang rumput luas. Enak banget kayanya hidup nomaden gitu hahaha. Yaiya sih enak soalnya yang lain-lain kan udah diurusin staf. 


Show ini menonjolkan kerempongan 3 aktor hidup bersama, dan pamer keindahan alam Korea. Uwww beneran bikin pengen jalan-jalan! 😍


3. House Detox


House Detox
Sumber: themoviedb.org


Jangan ngira punya rumah besar dan bagus itu selalu menyenangkan. Ada syarat yang harus dipenuhi: bisa membuat nyaman penghuni. 


Nah show ini memberikan "bedah rumah" bagi kliennya. Yaitu seleb Korea. Rumah mereka yang tadinya "nggak jelas" entah maknanya, penggunaan ruangannya, sampe penataan furniture, dirombak. 


Ada yang rumahnya udah puluhan tahun ditinggali jadi barangnya numpuk. Ada yang punya ruangan isinya barang campur aduk. Ada yang koleksi sepatu banyak sampe mencar dimana-mana. House Detox ini beneran "membersihkan" rumah mereka dan memberi warna baru. Langkah pertama adalah: mengosongkan. Sortir mana barang yang nggak sparks joy lagi. 


Berhubung salah satu host-nya (Shin Ae Ra) seorang minimalis ya, jadi ada nyerempet ke "ideologi" ini. Haha. Cocok untuk saya yang emang suka bebersih. 


Baca: Pilih Mana, Masak atau Beberes Rumah?


Disini menyadarkan ternyata peran desainer interior itu PENTING. Buat memaksimalkan ruangan, nyocokin furniture, alat yang ada, hiasan, sampe cat temboknya. Di akhir setiap episode pun ada tips dari ahlinya untuk memaksimalkan rumah jadi hunian yang nyaman. 


4. Return of Superman



Show dimana bapack bapack selama 2x24 jam ngurusin anaknya. Tanpa ibu mereka! 


Hasilnya? Macem-macem sih. Kebanyakan mess nya. Hahaha. Nggak cuma itu aja, kadang diselipin tips parenting dari ahlinya. Tau Daehan Minguk Manse kembar 3 yang lucu banget itu? Mereka jebolan show ini. 


Sekarang cast The Return of Superman ada beberapa: Keluarga Do Kyung Wan (KBS announcer): Do Yeon Woo dan Do Ha Young. Keluarga Park Joo Ho (pesepak bola): Park Na Eun, Park Gun Hoo, Park Jin Woo. Keluarga Sam Hammington (komedian): William dan Bentley. 


Kadang muncul guest juga kayak Keluarga Park Ha. Sedih kalo ada cast keluar tuh. Huhuhu. Baru aja Kang Ha Oh (anaknya Kang Gary) keluar. Menyusul Jam Jam (anaknya Moon Hee Jun). 


Baca: Tahun Baru, Member Baru Return of Superman


Denger-denger sih bakal ada cast baru lagi. Semogaa menambah ke kyoti an pasukan yang ada. Hahaha. Emang dasar, nonton anak orangain tuh cute dan happy kan karena ga ikutan ngurusin? 🤪


Baca: Susahnya Jadi Orang Tua


5. Running Man


Running Man


Yepp variety show terlama yang saya ikuti. Dari jaman SMP sampe sekarang masih eksis OEMJI. Mayan legend. Konsepnya dia ada pemain tetap sejumlah 8 orang. Setiap episodenya ada mission yang harus dikerjakan.


Baca: Ketika Kang Gary Keluar dari Running Man


Di akhir acara nggak tentu sih. Kadang yaudah gitu aja. Nggak jarang, ada reward dan punishment-nya. Guest yang kesini udah ilang semua imej-nya. Hahaha. Hancur lebur. Awal Running Man dulu pernah mendatangkan SNSD sebagai guest. Asli, itu salah satu episode favorit! Eh ternyata agensinya malah kurang seneng. Keliatan menikmati banget lho padahal. Terutama waktu couple Taeyeon-Haha. 


***


Kalo kamu ngikutin variety show, ada polanya lho. Aktor/idol yang dateng sebagai guest seringnya punya kepentingan. Seperti promosi lagu, album, atau film baru. Jadi jangan heran kalau dalam seminggu di variety show berbeda kok, guest-nya sama? 


Anyway semua show ini bisa ditonton di Viu ya. Legal. Ingat, hargailah para creator dengan nonton yang legal *baru tobat belakangan akutu* Info penting lainnya: nonton Viu premium GRATISSS bagi pengguna Indosat. Modal kuota aja ga perlu langganan. Nikmat Tuhan mana yang kamu dustakan? 🥺


Yang punya rekomendasi lain boleh lhoo share di komen, yak!

2 comments

  1. Waaaah aku suka banget ini semuanya Mba! Paling favorit sih House on Wheels, calming banget nonton itu dan kocak! Kerjaannya Dong Il marah2 sayang mulu jadi bikin gemes banget sama ketiganya! Apalagi tamu-tamunya keren-keren banget, pas IU dong sampe baper hahaha 😆

    Btw, aku juga rutin ikutin Fun-Stauran soalnya aku suka banget tuh yang ada masak2nya hahaha seru aja ngeliatinnya. Running Man dulu rutin sih tapi sejak Gary keluar aku jadi gak ikutin rutin sih, lebih liat tamunya siapa atau kalo liat cuplikannya di youtube dan lucu baru deh ditonton.

    ReplyDelete
  2. Saya baru nonton yang running man aja nih, itupun nggak kelar kelar karena ada 500an episode. Hiburan banget deh pokoknya disela-sela rutinitas.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

Instagram