Monday, June 10, 2019

Menjadi (Sedikit) Lebih Cantik

This post might contain narcissism. If you can't bear it then leave immediately.


Guru saya dulu pernah bilang. Di umur 20an awal merupakan masa "emas" bagi perempuan. Artinya pesona seorang perempuan sedang tinggi. Ibarat bunga, saat itulah masa merekahnya. Hazeq. Saat itu saya masih SMA. Reaksi saya? Ya ketawa aja. Antara yakin ngga yakin.

Baca: Hari Pertama Kuliah vs Hari Pertama Sekolah

Gimana ya. Dulu tuh saya ngerasa buluk banget. Bukan jele ya. Aslinya ya mending. Ya tapi jangan dibandingin sama IU juga...

Faktor belum paham per-skincare-an, ditambah sikap bodo amat bikin saya kucel. Kulit menggelap. Pori-pori mulai membesar. Kerudungnya jauh dari kata fashionable. Cuma model kaos merk Rabbani yang langsung slup itu. Udah.

Baca: Skincare Rutin Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Ternyata ke-buluk-an itu berlanjut di bangku kuliah. Pernah lho saking desperate-nya sama look saya, saya mikir. "BAKAL ADA NGGAK YAA LAKI YANG NGELIRIK AKU?" AHAHA so shallow sih dipikir sekarang. Tapi emang itu kenyataannya. Apalagi kuliah di fakultas yang 90%-nya perempuan. Duh. Diliat dari look mungkin saya masuk ke kasta mendekati terbawah. Sad.

Sampai akhirnya sekarang ngerti ngerawat muka. Pake parfum. Pake baju agak bener. Walaupun kalo dibandingin sama perempuan di sekitar saya, tetep keliatan slengeannya.

Di umur early twenties ini tersadar sesadar-sadarnya. OH TERNYATA....LOOK IS SUPER DUPER IMPORTANT. Iya, ngga boong. Setelah baca thread di instagramnya Amrazing pun saya mengamini. Orang (mau itu cewek atau cowok) yang terlahir dalam kelas ganteng/cantik, itu dia udah punya nilai plus.

Baca: Life at Twenty Something

Saya menjadi saksi hidup *halah. Dulu jaman SMA temen deket saya cantik. Banget. Dia ada keturunan Bandung gitu. Dari jaman SMP dia udah heitz abis. Ngukurnya darimana? Kakak kelas cewek pada sirik ama dia. Sedangkan kakak kelas cowok berebut mendekati. Coba deh bayangin, dengan kekuatan apa murid kelas 7 yang notabenenya baru lulus SD bisa jadian sama murid kelas 9?

Yha apalagi kalau bukan look-nya. Face. Wajah. Masuk di bangku SMA pun banyak yang ngelirik. Even when people knows she has a boyfriend. Mereka tetep ngedeketin. Sedangkan saya? Yha upik abu lah.

Ke-heitz-an dia berlanjut sampe kuliah. Meskipun beda fakultas saya tetep tau dia dirubung cowok-cowok. LOL.

***

Sekarang ini saya udah bertransformasi tidak lagi menjadi upik abu. Rajin merawat badan (terutama wajah) ditambah polesan make-up dikit. Taraaa! Orang-orang sekeliling jadi notice saya.


Serius, I never get attention as much as nowadays. Gampang banget sekarang buka obrolan sama lawan jenis. Confidence level up seiring dengan perbaikan penampilan. Yang dulunya kaya pengen nunduk karena ngga suka diliat orang, sekarang pengen nunduknya karena risih diliatin orang.

Padahal akutuu ngga dandan yang menor. Paling gegara sunscreen aja ada whitecast-nya saya keliatan berkilau *pukpuk.

Tapi kamu seneng kaaan di-notice?

Ya iyaa....seneng. But somehow ternyata I also feel awkward and a bit uncomfortable. Ternyata lawan jenis itu kalo liat perempuan bening dikit ya....wassalam. Omongan dan kelakuannya tuh ganjen abis. Saya ngebayangin, gimana misalnya perempuan kayak gitu. Udah pasti langsung dikatain ganjen lah, genit lah, apalah.

Sedangkan laki? Mana bisyaa perempuan bilang kaya gitu. Bisa-bisa langsung dijauhi karena dianggap shombonkkk. Ya, nggak? Apa cuma perasaan saya aja?

Yaa begitulah. Ada sisi positif di saat kamu berubah menjadi lebih baik. Dari segi penampilan. Tentu sisi negatifnya nggak ketinggalan. It depends on how we react.

And if you are a guy reading this, please be mindful. Lower your gaze. Filter your words before spit it out. Don't make any woman feel offended by either your words or act. Let's respect each other! Xoxo

6 comments

  1. sama mbak, di jaman kuliah baru kenal sunscreen, itu pun kurang maksimal karena kurang banget pengetahuan tentang skincare :"D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ya? Perasaan internet dulu udah booming juga hihi

      Delete
  2. Saya jaman kuliah cuma pake bedak Marks aja keknya.. hahhaa.. pantesan jomblo teruuussss... Hahhaa... Kurang bening keknya 🤭🤭🤭🤭🤭

    ReplyDelete
  3. Kalau aku dulu jaman SMA cuman pake pelembab doang padahal aktivitas luar ruangan banyak banget. Jadilah aku gadis hitam dengan kulit kusam. Tapi meski jelek dulu aku masih ada yang notice lho. Hehehe.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kan jelek itu perasaan, aslinya yang liat "WAAAW" hahaha

      Delete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!