Thursday, September 27, 2018

Skincare Rutin Kulit Berminyak dan Mudah Berjerawat

Belakangan ini intensitas topik skincare di obrolan sehari-hari saya meningkat. Ya di media sosial. Ya di dunia nyata. Interest saya semang sedang tinggi-tingginya di skincare. Ditambah lagi di Indonesia saat ini produsen skincare semakin maju. Bisa dilihat dengan banyaknya kemunculan brand baru serta brand lama yang berinovasi dengan produknya. Siapa lagi yang diuntungkan kalau bukan kita, para ciwi-ciwi pemuja muka mulus tanpa dosa? Hahaha.

Sebenarnya skincare routine alias rutinitas perawatan wajah saya nggak ribet kok. Cuma kok saat saya ceritain langkah-langkahnya ke temen mereka kayak WAW gitu ya? Beneran deh, I stick to basic. Yaitu CTMP! Ingat kan? C for Cleansing, T for Toning, M for Moisturizing, and P for Protection.

Tipe kulit saya berminyak, pori-pori keliatan jelas, dan gampang berjerawat. Hasil dari rajin pake skincare beberapa bulan terakhir udah kerasa banget. Jerawat jarang tumbuh, muka terlihat ((glowing)) dan yang paling penting sih ini: kerasa sehat. Saya ngga bisa bilang muka saya udah "bagus". It just better. A lot better than before.

Oh ya, satu lagi. Saya penganut #SkincareOnBudget alias harga terjangkau. Jadi buat kalean yang bukan anggota Crazy Rich Asians bisa banget jadiin rutinitas saya buat referensi. Heu.

Cleansing

Dimulai dari membersihkan muka. Dulu saya nggak tau apa itu double cleansing. Pahamnya cuci muka ya pake sabun wajah. Udah, gitu. Indikatornya muka bersih waktu rasanya udah ketarik dan "keset". Padahal ini salah lho. Rasa kayak gitu ternyata yang justru bikin muka semakin bersemangat memproduksi minyak untuk menghidrasi. Huft. Saat itu juga jerawat saya masih aja muncul. SETIAP HARI. Stress nggak? Iya banget tjuy.

Produk yang saya gunakan:


Viva Milk Cleanser Lemon (Harga Rp 6.000 - beli di Shopee)

SIAPA YANG NGGAK KENAL CLEANSER INI? Aseli dah saya sering banget liat ini dari jaman kecil. Yang make lupa siapa. Ngerti aja gitu. Di jalan pun banyak iklannya bertebaran. 

Pake cleanser ini cukup aja karena saya nggak ber-make up berat. Cukup buat mengangkat sisa sunscreen dan bedak yang diaplikasikan. Makenya juga ngga sayang. Murah meriah shay. Oh ya ada dua ukuran yang tersedia: 100 ml dan 200 ml. Saya pake yang pertama 

Cara makenya cukup diratakan di wajah sambil dipijat lembut. Ngga perlu lama-lama. Setelah itu diusap pakai kapas. Keangkat semua deh kotorannya.

Hada Labo (Harga Rp 28.000 - beli di Transmart)

Hada labo ini brand Jepang yang naik daun karena harga terjangkau tapi nampol khasiatnya. Aseli dah ini jadi facial wash holy grail saya. Awalnya pengen beli yang versi Tamagohada. Tapi takut over-exfoliate. Akhirnya pilih ini. Dan bener dong! Setelah cuci muka kerasa haluuuusssss banget dan lembab. Ngga ada sensasi ketarik tapi tuh tetep kerasa bersihnya gitu loh!

Awal make biasa ya aromanya belum familiar. Menurut saya nih kayak bau lapak kelapa di pasar LOL mirip banget ciyus. Busanya mayan banyak sih. Bagusnya dia di komposisi nggak pake pewarna ataupun pewangi. Jadi murni emang bahan yang dibutuhkan buat membersihkan aja.

Toning

Ternyata toning itu artinya menghidrasi gengs. Saya baru tau. Yang digunakan adalah toner. Sepengetahuan saya, toner ada 3 macemnya. Preparing: untuk mempersiapkan kulit wajah menerima skincare selanjutnya dengan menetralkan kembali pH. Hydrating: untuk melembabkan. Exfoliating: untuk mengangkat sel kulit mati.

Produk yang saya gunakan:





Zoya Cosmetics Natural White Facial Toner (Harga Rp 20.000 - beli di Shopee)

Iseng aja beli ini karena ada embel-embel halal, free paraben, dan free alcohol. Efek di muka saya ngga ngerti sih bedanya apa. Cuma ya selama ngga bikin masalah, dihabisin aja. Sip.


Benton Aloe BHA Skin Toner (Harga Rp 140.000 - beli di Shopee)

TONER HOLY GRAIL! Ceritanya pengen nyoba produk Korea yang terjamin kehalalannya. Doi punya sertifikat halal untuk beberapa produknya. Termasuk di dalamnya ya toner ini. Ada yang bilang ini masuk ke exfoliating, ada beberapa bilang justru hydrating. Dan ada juga klaim keduanya.

Saya pakenya langsung di tangan, trus ditepuk-tepuk lembut ke muka. Menurut saya dia masuk ke keduanya, dengan hydrating mendominasi. Langsung kerasa lembab mukanya pake ini. Efek di muka saya: kontrol minyak banget tjuyyy beneran deh. Harganya terjangkau dan cukup lama juga habisnya. Kemasannya 200 ml. Banyak, kan? 

Yang harus diperhatikan saat pake toner ini adalah: dia memberikan efeknya ngga instan. Saya harus habisin 1/3 botol dulu baru kerasa efeknya.

Moisturizing

Selanjutnya adalah memakai pelembab kulit. Masih jadi perdebatan apakah hidrasi dan melembabkan itu sama. Kuncinya listen to your skin. Kalo udah merasa cukup lembab ya bisa di-skip aja. Ingat, hal yang berlebihan ngga baik bukan?

Produk yang saya gunakan:


Marina UV White Face Moisturizer (Harga Rp 11.000 - beli di Superindo)

Murah banget shayy sesuai dengan prinsip berhemat pelit saya. Selain melembabkan dia udah ada SPF-nya juga. Cukup untuk aktivitas indoor tanpa harus pake sunscreen. Nilai plus lagi: dia bikin kulit cerah dengan meratakan skin tone. Laff!

Nature Republic Aloe Vera 92% (Harga Rp 95.000 - beli di temen)

Ini produk multifungsi ngga buat muka aja. Saya pake buat sleeping mask di langkah terakhir malam hari. Rasanya adem kaya di air terjun di muka.

Protecting

Katanya sih nih percuma langkah skincare-nya banyak kalo ngga pake sunscreen. Makanya para beauty guru selalu menekankan wajibnya pake sunscreen.

Produk yang saya gunakan:


Emina Sun Protection SPF 30 PA+++ (Harga Rp 27.000 - beli di Tokopedia)

Wardah Sun Care Sunscreen Gel SPF 30 (Harga Rp 26.000 - beli di Shopee)

Sejujurnya kedua produk inilah biang penampilan berminyak saya. Udah gitu kadang juga menyisakan white cast. Masih belum ngerti gimana pemakaian yang bener biar ngga keliatan berminyak. Atau salah sunscreen-nya? Entahlah. Karena murah ya beli aja LOL. Nanti kalo ada budget lebih bisa deh coba sunscreen lain.

Additional product


Benton Snail Bee High Content Essence (Harga Rp 109.000 - beli preloved dari Female Daily App)

Review, jangan? Hahaha

***

Gimana nggak banyak kan gengs? Ini dasar banget lho. Kalo kalian udah berhasil konsisten, baru boleh deh pake eye cream, serum, dan seabrek produk lainnya. Btw ini ditotal ngga terlalu menguras kantong karena harganya masuk kategori murah sampe menengah aja. Ngga ada produk high end yang saya pake.

Urutan AM skincare (pagi hari):
Biasanya skip cuci muka (tergantung kondisi muka saat bangun tidur. Kalo kerasa berat dan kotor ya cuci) - Toner Zoya - Toner Benton - Essence Benton - Pelembab Marina - Sunscreen.

Sorenya cuci muka aja pake facial wash.

Urutan PM skincare (malam hari)
Viva Milk Cleanser - Hada Labo Facial Wash - Toner Zoya - Toner Benton - Essence Benton - Nature Republic Aloe Vera (sebaga sleeping mask).

Ingat gengs menjaga kulit wajah adalah investasi. Jangan males kalo pengen punya kulit wajah yang sehat ;)

5 comments:

  1. Ini panutan harusnya. Step by step dan konsisten, something that------I think it's not my dictionary omg wkwkwkwkw. Aduh.

    Salute loh saya, bener deh. Dan agak-agak memalingkan wajah ketika baca, entar jadi pingin coba dan meninggalkan yang sudah dipunya -_-

    Btw saya pakai sunblocknya Skin Aqua yang spf50. Jadi tuh gara-gara pernah baca, orang korea pake spf yang lebih tinggi drpd orang Indonesia padahal lebih terik kita (secara kuantitas dalam setahun) drpd mereka. Akhirnya cari yang sekalian 50 hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kali ini belajar konsisten sist ;) kalo emang kulit wajahnya udah mumpuni ya ngga usah nyoba yang kurang perlu daripada menyesal. Yang penting udah basic aja :D

      Delete
  2. Ingat gengs menjaga kulit wajah adalah investasi :D

    ReplyDelete
  3. Mbak LuLu rajin banget nih rawat muka. Aku kok tetep males gini aja kalo disuruh rawat muka. Btw, aku masih punya stok milk cleanser viva sama aloe vera gel juga nih samaan kayak punya mbak LuLu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kalo ngga gini gampang bgt jerawatan and I really hate that. Kalau bisa dicegah, kenapa enggak?
      Dipake gihh sayang udah beli kan....

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES