4 Skincare Hack for Beginner - A Lifelong Journey by Lulu Khodijah

Wednesday, July 11, 2018

4 Skincare Hack for Beginner

Pertama kali banget nulis soal skincare! Hihi. Saya mau sharing sedikit tentang topik yang lagi saya ikutin banget: skincare. Gara-garanya iseng download aplikasi Female Daily trus kok asik juga ya ngikutinnya hahaha. Boleh dibilang telat banget yaa ngobrolin skincare. Padahal nge-hype-nya mah udah lama. Beauty blogger/vlogger juga udah bertebaran. Tapi nggak papa lah. Usia awal 20an ya masih ada kesempatan untuk merawat kulit.


Saya juga lagi seneng-senengnya nontonin Skincare 101 Female Daily. Itu tuh yang dibawain sama Affi Assegaf. Gilz seneng banget tau semua infonya beneran bermanfaat dan bikin wawasan tentang kesehatan kulit bertambah.

Gara-gara ini saya diledekin juga sama beberapa orang. Katanya sekarang "nggaya" postingannya tentang make up. Hadeuh padahal kan beda ya. Make up itu untuk ((dekorasi wajah)). Sedangkan skin care untuk merawat kesehatan wajah. Dan saya cenderung ke skincare. Make up masih belum terlalu dibutuhkan. At least for me.
Buat temen-temen atau dedek gemez yang pemula banget di skincare kayak saya nih ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Tips ini saya rangkum setelah ngelihat postingan ini itu kok pengen dibeli semua HAHAHA ya padahal nggak mungkin.

1) Know your skin type dan problem

Tau kenapa beauty blogger kebanyakan mencantumkan tipe kulitnya? Karena beda tipe, beda pula perawatannya. Setelah saya menelaah berbagai literatur *LOL* akhirnya saya meyakini jenis kulit saya adalah oily-acne prone. Which is tipe kulit yang...lumayan bikin capek karena salah sedikit, langsung muka keliatan "cela"nya.

Dengan tau jenis kulit juga kamu bisa menentukan skincare apa yang cocok. Nggak karena impulsif liat produk A lagi hype banget eh dibeli. Padahal itu bukan buat tipe kulit kita. Sayangg kan yaa.. Nah tipe kulit dan masalah ini beda ya gengs. Tipe kulit emang kebanyakan bawaan. Sedangkan masalah kulit hasil dari tipe kulit itu ditambah lingkungan, dan faktor lainnya.

Gimana maksudnya? Gini. Misal kamu tipe kulitnya kering. Masalahnya adalah kulit pecah pecah dan ada dry patch parah. Itu beda. Harus tau solusi masalahnya apa DENGAN mempertimbangkan apakah skincare yang dipake cocok untuk kulit kering atau justru menambah kering.

2) Start from basic

Ini saya baca dari salah satu komentar youtube. Pada dasarnya merawat kulit itu ada 4: CTMP. C for Cleansing. T for Toning (cmiiw soalnya lupa hahaha) M for Mouisturizing dan P for Protection. 4 tahap ini yang sedang saya lakukan. Maklum pemula, ya. Belum merasa perlu untuk beli serum lah, essence lah, apalagi entah banyak.

Tujuannya lebih ke membangun skin barrier dulu dengan baik. Aselik lah nggak kebayang saya 21 tahun ngga pernah pake sunscreen keluar rumah. Udah gitu naik motor terus + semarang panas + waktu magang di Banjarmasin itu super panas. Ngga heran tekstur muka saya rusak. Ada beruntusan dan keliatan rough gitu. Sedih. Lah ini malah jadi curhat napa yak.

Baca: Main di Banjarmasin

Intinya itu 4 tadi. Kalau kamu udah rutin melakukan keempat hal itu dan pengen ke step yang lain ya monggo. Saya ngerasain banget yang dulu setiap hari rasanya ada aja jerawat yang muncul. Zebel gak tuh? Ya zebel lah sis. Sekarang udah jarang. Kemarin waktu jerawat bulanan aja ada kecil dan langsung kempes nggak lama kemudian. Terharu.

3) Set your budget

Penting banget. Apalagi kalo emang masih mahasiswa dan jatah uangnya cuma dari orang tua. Baru di awal kenal skincare rasanya PASTI pengen semua dicobain dan dibeli. Begitu pula saya. Padahal belum tentu juga cocok dengan kulit.

Misal dalam sebulan kamu nge-budget Rp 150.000 untuk skincare. Ya sudah stick dengan itu. Kalo ada produk yang butuh dibeli baik itu baru maupun repurchase, ambil dari budget itu. Kalo nggak ada yang dibeli, biarin aja. Buat bulan depan. Siapa tau toner lagi habis. Atau sunscreen habis. Dan pengen nih nyoba yang lain dan lebih mahal tenyata harganya. Pake lah.

Oiya jangan pernah beli produk bersamaan ya. Karena saat habisnya bersamaan kamu bakal kerasa tekor! Hahaha. Di seling sebulan sekali atau 2 minggu sekali dengan begituu habisnya nggak barengan. Bisa beli pritilan (?) deh.

4) Check the ingredients, not brands

Ada yang suka beli barang branded? Jangan pernah samakan skincare dengan barang biasa ya! Untuk pake skincare sama sekali BUKAN masalah brand. Atau mahal murahnya skincare itu. Lagi, sesuaikan ke kebutuhan kulit kamu apa. Dan belajarlah bahan apa yang cocok untuk merawat kulit wajah. Atau kalo memang ada masalah, bahan apa yang bisa mengatasinya.

Taunya darimana? Banyak! Baca di internet, jurnal, nonton video di youtube. Yang terakhir ini udah menjamur banget video yang bikin tentang per-skincare-an.

Beberapa contoh bahan yang sering dipake di skincare: Niacinamide. Biasanya digunakan buat brightening. AHA-BHA: untuk eksfoliasi alias mengangkat sel-sel kulit yang mati. Hyaluranic Acid: untuk melembabkan wajah.

Itu beberapa bahan yang saya tau manfaatnya karena memang saya pake skincare itu. Jangan gampang tergiur dengan hype suatu brand. Karena belum tentu juga bahan itu dibutuhkan sama kulit kamu. Salah-salah malah udah beli mahal eh ga cocok. Sakit tapi nggak berdarah, sis!

***
Nah itu dia 4 skincare hack buat pemula. Nggak ada salahnya untuk menjaga kulit sedini mungkin. Pasti nggak nolak kan kalau umur udah kepala dua eh masih dibilang baby face? LOL. Kamu juga punya skincare hack lainnya? Feel free to add in comment section :D

15 comments:

  1. menarik banget pembahasannya, entah kenapa saya juga semakin aware dengan perawatan muka, btw ada rekomendasi influencer yg sering bawain tips skincare buat cowok gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah baca bbrp di storynya kak @Amrazing tp ya ngga terlalu lengkap sih. Setauku ada cuma influencer luar negeri gitu 🤔

      Delete
    2. Ada nihh baru nemu. Search aja dokter Danang dj youtube!

      Delete
  2. Ahayyy, mengenal skin care tuh kayak jodoh. Kalo udh cocok males pindah ke lain hati �� eh, lain merek ding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh ngomongin jodoh sama yg belum ketemu jodohnya tuh berat mba 😂

      Delete
  3. Ini perlu wapri deh, soalnya aku nggak ngeh juga soal skin care ginian. Setiap hari ya cuma pakai pelembab, bedak, lipstik, sudah kelar.

    ReplyDelete
  4. Ah Female Daily memang panutan dunia per-skincare-an :D

    Dulu saya jerawatan parah, nyobain produk ini itu sampai ke dokter kulit juga. Tapi nggak berhasil. Setelah ketemu FD ternyata pantas nggak berhasil karena cara pakai saya salah. Bahkan dokter kulit yang saya datangin pun nggak ada jelasin tentang CTMP, fokus jualan produk dia aja. Huft. Sekarang ngikutin step yang benar alhamdulillah jerawat jauh berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mbak bisa nambah ilmu :)

      Delete
  5. Aku jga bru2 rajin nih pakai skincare. Oh di budget gt y mbk brapa sebulan pengeluaran untuk skincare. Pengen ngebudget jga ah, biar gk cma lapar mata trus beli. Makasih sharingnya mbk. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes bener banget buat mengontrol diri juga

      Delete
  6. Daku juga baru aja telaten merawat muka gegara ada flek item. Wardah lumayan cocok flek menipis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Marketingnya Wardah harus baca ini biar mba Dedew jadi brand ambassadornya. Haha

      Delete
  7. Sudah lama banget nggak main ke blog ini, hehehe.. Dan sekarang, ketemu tulisan ini.. menginspirasi saya buat ngerawat kulit, soalnya udah takut banget nggak pake skincare selama ini xD

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)