cerita

Live in Kalimantan #3 - Main di Banjarmasin

July 06, 2017,2 Comments


Yayness! Magangnya di Banjarmasin tapi nggak maen di Banjarmasin kan eugh banget yah? Hahaha. So, akhirnya dapet juga jalan jalan di Banjarmasin. Kota ini adalah ibukotanya Kalsel. Luasnya nggak seberapa tapi rame betul. Maklum ibu kota ya.

Denger-denger dari kating yang tinggal disini, Banjarmasin itu mirip-mirio Semarang. Alias tempat wisatanya dikit. Cobalah tanya yang anak kos di Semarang, notabene udah khatam tempat wisata di Semarang. Dibanding Jogja, lebih sering maen ke Jogja darioada Semarang. Ya ini buat masukan juga pemkot Semarang banyakin tempat maen dong! 💪


Di Banjarmasin saya cuma ke dua tempat aja. Ini yang pertama random bangeet jangan kaget yah. Tebak apa?

Taman Satwa! Alias kebun binatang 😂 mohon dimaklumi karena sepupu saya masih bocil (bocah cilik) jadi diturutin aja. Kebun binatang yang pernah saya kunjungi itu Trunojoyo Semarang, jaman dulu banget dan itu jelek 👎 pun binatangnya nggak terawat sama sekali. Untungnya kemudian direhabilitasi ke Kebun Binatang Mangkang. 

Kebun binatang terbagus di Indonesia Taman Safari sih menurut saya. Saya baru ke Taman Safari Prigen yang bukan utama aja udah bagus khan maen. Itu jaman saya SD dulu pula. Sekarang pasti lebih bagus lagi jadi pengen kesana *salah fokus*. Bukti lainnya Taman Safari Bogor itu dijadikan syuting Running Man pula waktu episode Indonesia.

Oke fokus.
Kebun binatang a.k.a. Taman Satwa Banjarmasin
Alamat: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan 70122
Tiket masuk:
Dewasa Rp 4.000
Anak-anak Rp 2.000
plus ditambah biaya parkir tapi nggak tahu berapa lupa nanya heuw.

Kesan pertama waktu masuk sini, nggak terlalu luas. Isinya juga nggak terlalu lengkap emang sesuai namanya ya, taman. Ada beberapa zona. Zona aves, zona rusa, zona buaya, zona air, zona primata, zona ikan. 
"Om ada harimaukah?"
"Nggak ada"
"Singa ada?"
"Nggak ada"
T__T isina sedikit sekali. Di zona aves pun ada keterangan elang, eh nggak ada elangnya. Hewan-hewannya kondisinya juga nggak begitu baik sih saya lihat. Nggak tahu juga ada pake alasan habis libur lebaran atau emang biasanya kayak gini. Cek beberapa foto yang saya ambil yah.






Ter-zonk adalah zona ikan! Zona ikan ini bentuknya terowongan yang bisa dimasuki. Isinya berbagai macam aquarium. Ekspektasi: aquariumnya banyak ikan macam-macam. Realita: hanya 1 aquarium yang berisi ikan itupun hanya beberapa biji :""") Paling yang menghibur anak-anak ada permainan aja yang bisa disewa kayak mobil-mobilan, motor-motoran, otoped, gituh.

Kantinnya aja haduh nggak kuat liatnya kayak pedagang yang jual di luar pagar sekolah gitu hahaha. Deket sama toilet dan kandang hewan pun! *tepok jidat*

Yasudah disana cuma satu jam aja paling. Selanjutnya, cuss makan! Makan apa? Yang khas lah! Soto Banjar. Saya makan di Soto Banjar "Bang Amat".
Alamat: Jalan Banua Anyar No. 6, Benua Anyar, Banjarmasin Timur, Benua Anyar, Kec. Banjarmasin Tim., Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Sel. 70121
Jam buka: 08.00 - 18.00
Katanya sih, Bang Amat ini terkenal enak. Rame teruus! Sewaktu saya makan siang disana, memang sih rame. Alhamdulillahnya belum penuh. Kata paman saya biasanya malah sering penuh sampai nggak dapet tempat duduk.

Ini dia yang saya pesan. The authentic Soto Banjar!


Satu porsi ini harganya lumayan sih, Rp 25.000. Isinya lontong, perkedel kentang, telur rebus, suwiran ayam, potongan daun sledri. Apalagi ya? Nggak terlalu banyak sih emang. Bedanya sama sop banjar cuma di lontongnya. Sop banjar dapatnya nasi, bukan lontong. Atau kebalikannya ya? Hehe. Nah rasanya sendiri gimana ya? Saya jarang banget ngereview rasa makanan ih kecuali es krim-nya McDonald lol. Ini kira-kira ya, Soto Ayam di Semarang itu biasanya kerasa banget kan ya kaldu ayamnya. Nah disini yang kerasa tuh kayak rempah-rempahnya tapi itu juga nanggung nggak nendang-nendang banget. Untuk minumannya es teh seharga Rp 5.000 segelas.

Baca: Menjajal Es Krim Sea Salt Caramel McDonalds

Yang bikin kerasa di Banjarmasin adalah view-nya. Karena rumah makan ini terletak tepat di pinggir Sungai Barito, ya pemandangannya ini. Sungainya nggak bersih sih butek kecoklatan. Pilihan tempat duduknya ada yang lesehan ada yang pakai kursi. Untuk kapal (atau klothok?) seperti foto dibawah ini bisa juga kita naikin. Harganya Rp 500.000 sekali jalan. Lumayan ya? Makanya lebih pas rame-rame biar irit. Berhubung kemarin saya cuma ber 5 dan 2 diantaranya anak kecil, nggak naik deh.




So, that's it. Singkat banget yah main-mainnya di Banjarmasin. Yang orang Banjar, ajakin saya maen dong! Hari Sabtu-Minggu aja! *ngarep* lol.

You Might Also Like

2 comments:

  1. haha gmw ah aku ketempat terzonk gtu. btw, makasih sharingnya mbk, jadi tw deh tempat tempat yg recomended dan yg gk

    ReplyDelete
  2. Orang Banjar mainnya di mall, mbak. Hahaha.. makanya rame betul itu Duta Mall. Yang pakai nasi itu nasi sop. Kalau soto pakai lontong atau ketupat :D dari soto Abang Amat itu bisa jalan pakai kelotok ke pasar terapung tapi harus subuh2 berangkatnya.

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)