Monday, October 01, 2018

#ShoppingTime - Pengalaman Belanja di Zilingo Indonesia

Hai gengs. Kalian pernah denger tag line "Siapapun lo, temuin gaya lo" kurang lebihnya gitu? Iklannya sering banget bertebaran di tv. Modelnya Pevita Pearce? 
Ngomongin apa sik? Ngomongin e-commerce alias situs belanja online shay. Saya kan anaknya online banget ya. Ngga perlu effort dandan dulu, panas-panasan, pegel dulu buat belanja. Tinggal klik trus transfer kelar. Jiwa belanja saya keluar waktu promo September Sale muncul di instagram. Serasa memanggil-manggil untuk diperhatikan gitu. Nggak tega akutu mengabaikan dia :')


Nah akhirnya saya klik tuh. Zilingo Indonesia. E-commerce ini kehitungnya baru ada di Indonesia. Dan emang gencar banget beriklan terutama di tv. Sampe-sampe waktu paketannya dateng tuh adek saya langsung tau Zilingo.

"Emang kamu tau darimana?"
"Di TV lah"
"Lho kok inget?"
"Iklannya tu aneh banget ok. Ya mesti aku inget lah"

Selamat dulu buat tim marketingnya Zilingo. Anak kelas 4 SD pun berhasil mengingat kalian. Zilingo sendiri nggak cuma ada di Indonesia. Ada di Thailand, Singapura, Australia dan Malaysia. Doi mirip lah sama Zalora. Situs yang fokus menjual fashion. Dan ada per-make up-an gitu juga sih. 

Tapi ada bedanya. Di Zalora itu ngga diitung per toko kaya Tokopedia/Shopee kan. Langsung dari pusatnya. Kalo si Zilingo masih kayak Tokopedia/Shopee gitu. Penjualnya beda-beda dan punya lapak sendiri. Buat saya ini jadi nilai minus sih. Karena gimana ya, kurang bisa yakin gitu kan sama tokonya bakal jujur apa enggak.

Sebelum memutuskan untuk beli, saya riset dulu dong kredibilitasnya Zilingo gimana. Belum banyak ternyata yang nulis pengalaman belanjanya. Pun di instagram komen di akun Zilingo adem ayem aja. Ada satu postingan dia beli parfum ternyata KW. Padahal salah satu klaim Zilingo 100% asli. Hmmmm *nada Sabyan*.

Karena saya udah butuh banget sepatu, saya coba aja beli. Sekalian bisa buat bahan postingan juga kan #prinsip. Sepatunya merk Cbr-Six. Bukan motor gaes, bukan. Merk ini lokal buatan Bandung. Saya liat sepatu yang sama di Zalora (udah diskon!) harganya masih miring di Zilingo. Udah gitu dia juga gratis ongkos kirim buat wilayah Jawa dan Bali. Bersyukur akutu tinggal di Jawa :')

Udah mau check-out eh ngga sengaja mencet bagian baju. Aduh, duh. Mata saya langsung berbinar-binar melihat brand Restu Anggraini diskon. 90%. Harga awal sekitar sejutaan didiskon jadi seratus ribuan hm mantap bukan. 

Lagi-lagi saya anaknya curigaan dan nggak mau ketipu. Saya nanya ke akun Zilingo. Nggak dijawab. Duh boro-boro, di read aja enggak tuh DM saya. Nggak habis akal, saya tanya ke Restu Anggraini-nya langsung. Dan.....dijawab gaes. Alhamdulillah yah. Jawabannya kek gini nih.


Kalo yang jawab desainernya langsung kan ngga mungkin boong ya. Udah punya nama pula. Ya akhirnya saya angkut deh itu dua barang. Sepatu + gamis. Check out.

Maunya saya pilih COD. Sayang sekali daerah tempat tinggal saya nggak dapet pelayanan COD. Yaudah ngga papa deh transfer. Nah disini nih nilai minusnya lagi. Dia nggak ada rekening BNI :( Ku sedih gaes.


Padahal ya BRI, BNI, dan Mandiri itu termasuk 3 bank yang sering ada di e-commerce. Ketiganya kan bank sejuta umat yang tentu saja banyak yang make. Pilihan saya terpaksa ke bank lainnya. Dan itu bank Permata. Hiks, jadi kepotong uang jajan deh buat biaya transfer. E-commerce lain yang ngga ada BNI saya ingat tu JD.ID. Dia pakenya CIMB Niaga. Bhaiklah.


Ada sih pilihan Indomaret. Tapi ngga tau kenapa saya males aja. Sering banget ngalamin bayar tagihan di minimarket macem Indomaret/Alfamart gagal. Akibatnya harus nyari ke yang lainnya. Khan mlz. Ya kalo ketemu yang bisa. Kalo enggak?

***

Singkat cerita (LOL) saya check out. Pengiriman yang dipake NinjaExpress. Seinget saya ngga ada pilihan mau pake apa. Meskipun di web ada daftarnya JNE dan SAP. Perkiraan nyampe 5 hari kerja. Saya pesen hari Jum'at 27 September dan bayar siangnya. Nggak nunggu lama dikasih pemberitahuan tracking number-nya. Btw meskipun saya bayarnya jadi satu, nomer orderannya beda. Buat gamis sendiri. Buat sepatunya sendiri.

Disitu ada perkiraan nyampenya. Antara tanggal 1-2 Oktober pukul 9-10. Hari Senin saya cek lagi eh dapet pemberitahuan dari Ninja Express lewat Whatsapp udah dikirim.

Dan saya ceki-ceki ternyata emang ada paketan. Ada 2! Yayy ku senang dong. Penampakannya kayak gini.



Keliatannya biasa aja ya packaging-nya. Nggak tebel pun. Padahal kalau dilihat lebih seksama gaess...


Packaging-nya ini pake reusable. Jadi bisa pake lagi buat maketin barang ATAU kalo kamu ngga puas dan barangnya mau dikembalikan. Keren, ya? Kagum akutu baru pertama kali ketemu yang kaya begini. Hahaha.

***
Pros:
+ Harga masih reasonable
FREE ONGKIR! (ini kesukaan kalian juga kan gaes? Ngaku)
+ Pengiriman normal
+ Barang original (yang saya dapet ya)
Packaging reusable
+ Notifikasi cepat dan tepat

Cons:
DM saya ngga dibales (LOL) berarti kurang responsif ya
- Nggak tersedia pembayaran BNI
- Belum tercakup COD

Alhamdulillah paketnya sampai dengan selamat sentosa. Apakah memuaskan? Aku sih yes. Ngga tau kalo mas Anang. 

20 comments:

  1. Bener, Teh ini iklan Zilingo sering banget lihat di tv. Hanya saja saya belum pernah beli di situ. Tapi setidaknya sebelum nanti beli. Dapat pengalaman baca dari pengalamannya teh Lulu dulu :)

    Saya juga sempat pake ninja tuh, Teh.
    Penasaran siapa tahu kurirnya ninja hatori :D

    Haha..kayaknya sih mas Anang gak Yes, Teh. Lah dia bukan juri lagi sekarang :D

    ReplyDelete
  2. Aku blm pernah nyoba sih belanja di sini baru liat iklannya sliweran 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain deh mba kalo lagi butuh apa gituu :D

      Delete
  3. Aku blom pernah nyobain nih..ntar mo kepo2in dulu ah..

    ReplyDelete
  4. Free-ong emang idaman online shopper ya, aku pun syukaaak juga. Nah aku belum pernah nyoba belanja di Zilingo. Udah lihat iklannya sih di TV, unik cara ngiklaninnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa! Itu yang bikin terngiang-ngiang.

      Delete
  5. Jadi ikut penasaran sama Zilingo. Habis iklannya aneh2 dan bikin keingat terus ��

    Asyik dah Bali masih masuk list free ongkir. Wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya nggak cuma Jawa aja :D

      Delete
  6. Kayaknya sekarang emang trend nya pake reusable bag gitu mba. Di muslimarket maupun hijup pake gituan. Tapi lemnya tuh lengket abis. Pasti sobek dah...gak bisa dipake lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ini beda mba. Lem nya baru. Jadi gini daerah yang perekat di awal itu dibuka dan digunting. Nah di bawahnya ada daerah baru untuk melekatkan kalo mau dipake lagi. Kayak gitu :)

      Delete
  7. Aku ngga update bgt, baru tau ada Zilingo ini. Kapan2 coba nengok deh isinya kayak apa...siapa tau nanti suka, kyk waktu pertama kali onlen shopping di salah satu market online hehhee

    ReplyDelete
  8. Aku baru lihat iklannya di tv, tapi belum pernah nyobain belanja di zlingo :)

    ReplyDelete
  9. Wow keren bgt Packagingnya. Emang iklannya di tv kyk apa sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari yang muslimah banget ampe dandanan keren potongan mohawk itu loh mbaa hehehe

      Delete
  10. Aku blm pernah belanja pake zilingo. Menarik sepertinya, Thanks mba reviewnyaa

    ReplyDelete
  11. Wah menarik juga nih pengen jajal juga apalagi free ongkir wkwkw

    ReplyDelete
  12. Aku baru coba shopee eh dah ada zilingo, next ah mau coba

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah belanja di zilinggo, kayaknya patut dicoba ya, unyu2 ya produknya

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES