Online Shopping

#ShoppingTime - Pengalaman Belanja di JD.ID

November 22, 2017,0 Comments

Siapa yang baru tau kalo tanggal 11.11 kemarin Harbolnas a.k.a Hari Belanja Online Nasional? Saya! Bingung nggak sih saya kira Harbolnas itu 12.12 nggak taunya pas 11 November kemaren juga banyak e-commerce yang bikin diskon Harbolnas. 


Saya pun nggak mau ketinggalan dong meramaikannya. Soalnya udah tau banget nih barang-barang apa yang diincer. Haha. Walaupun pada akhirnya nggak ada promo yang klik di hati. Rasa-rasanya kok ini Harbolnas nggak kerasa beneran diskonnya. Atau udah dinaikin baru dipotong seakan-akan dikasih diskon? Entahlah :/


Karena hal itu pula lah akhirnya saya cuma iseng aja beli di salah satu e-commerce yang belum pernah saya jajal. E-commerce ini sering banget menayangkan iklannya dengan hestek #DijaminOri. Udah ngeh saya ngomongin e-commerce mana? Yup! JD.ID! Saya tertarik aja nyoba disini karena sempet baca di blog orang yang dia itu beruntung banget. Bayangin aja yah waktu Harbolnas dia dapet Lenovo Yoga atau apalah laptop Lenovo gitu seharga Rp 99.000 doang! Parah banget nggak tuh masih ada kembalian Rp 1.000 buat parkir *eh.

Makanya saya nyoba dongg. Belinya yang murah meriah aja. Saya beli Miniso Earphone In Ear Blue. Tertarik sama Miniso setelah dia sponsorin drama While You Were Sleeping-nya Lee Jong Suk! LOL.


Katanya sih original di website Jd.Id-nya karena yang menyediakan official store-nya. Itu pun murah banget nget, harga aslinya Rp 30.000 masih didiskon 50% jadi Rp 15.000 aja saya bayarnya. Seharga pempek kapal selam seporsi :"D

Pertama saya bikin akun dulu nih di JD.ID. Di awal ini aja udah bikin kezel. Gimana enggak? Untuk verifikasinya lewat sms dikirim ke nomor hape. Eh sms-nya nggak masuk-masuk lama banget sampe bingung ini tuh harus ngulang apa gimana? Liat aja nih sampe ada berapa kali sms yang masuk ke inbox saya. Disitu udah mikir haduh ribet amat sih...


Karena sebelumnya udah pilih barang, tinggal konfirmasi alamat dan pembayaran. Di kolom alamatnya nih bermasalah lagi. Kode pos-nya keluar secara otomatis. Bagus kan otomatis? Enggak! Kode pos saya ini ngawur banget. Nggak tau itu kode pos mana. Dan nggak bisa diganti secara manual. Lah kan kasihan sama kurirnya nanti yang nganter kebingungan, huft. Saya putuskan di kolom alamat yang bisa diisi secara manual tetep ditulis kode pos yang bener. 

Lanjut ke pembayaran. Ini nih asyik. Nggak pake ongkos kirim dong! HAHA. Nggak tega ngebayangin kurir nganter barang seharga Rp 15.000 doang. Maapkan saya yah bapak :")

Jum'at 10 November saya check out dan Sabtu 11 November melakukan pembayaran lewat transfer bank.

Ada minus lagi nih. Selesai check out sampai pembayaran nggak ada notifikasi lewat sms. Hanya ada di email. Itu pun nggak langsung diterima. Saya sampe ngirim email ke cs-nya buat memastikan pembayaran saya udah diterima atau belum.

Pengirimannya dilakukan oleh ekspedisi milik Jd.id sendiri kayaknya. Namanya j-express. Disitu kita bisa ngecek lewat resi udah sampe mana. Kurang lebihnya sama seperti ekspedisi pengiriman lain. Estimasi pengiriman untuk pulau Jawa tertulis 3-5 hari. Di hari Jum'at 17 November barang saya udah sampe dong! Yeayy. Agak lama ya? Tapi saya asumsikan aja sabtu minggu emang libur. Dihitung-hitung sih tetep pas 5 hari pengirimannya.

Penampakan barangnya kayak gimana?
Lucu banget pengen ngakak. Bagus dikirim pake kardus JD.ID. Yang lucu adalah...kardusnya gede banget padahal earphone-nya nggak seberapa gede ukurannya :"D kemasan earphone-nya masih dibungkus lagi pake bubble wrap. Aman kan, laff.


Overall, nggak mengecewakan sih belanja disini. But still I would love it kalau saja JD.ID mau terus memperbaiki pelayanannya. Oiya di JD.ID ini ternyata sering bagi-bagi voucher. Saya aja udah dapet 4 voucher sendiri. Sayangnya udah kadaluarsa sih mau beli apa lagi nggak butuh. Kan belanja sesuai kebutuhan bukan keinginan *pencitraan*. 

Next post bakal ngereview si Miniso earphone ini apakah memuaskan? Stay tune!

You Might Also Like

0 comment(s):

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)