Online Shopping

5 Cara Mendapatkan Barang Diskonan

August 19, 2017,9 Comments

www.fashionmagazine.com
Sepanjang Agustus berjalan saya udah dua kali belanja online. Pertama beli casing handphone. Kedua beli sepatu. Tahu nggak sih kenapa saya suka belanja online? Karena ada perasaan tidak terdefinisikan ketika benda itu datang. Rasanya berkali-kali lipat saat barangnya sesuai dengan ekspektasi bahkan lebih. Ya, belanja online itu nggak boleh berekspektasi tinggi-tinggi kalau nggak mau sakit. Sama seperti hidup lah.

Mau lebih berasa sparks-nya lagi? Belilah dengan harga diskon seperti yang saya dapatkan pada sepatu terakhir saya beli, lol. Dapet barang dengan harga kurang dari sebenarnya tuh emang rasanya menyenangkan. Nggak sia-sia "menukar" uang tersebut dengan apa yang kita mau.

Saya sering pake banget beli barang diskonan. Kenapa barang diskonan? Jelas, hemat. Kan hemat pangkal kaya, kata orang. Dengan uang sisa dari harga sebenarnya itu kita bisa membeli barang lain. Atau bersedekah. Atau ditabung untuk kembali membeli barang diskonan lainnya *sigh*.

Jeleknya saya setelah dapet barang diskonan PASTI cerita show off ke teman saya. Bukan macam yang koar-koar gitu ya, temen deket aja. Happines only real when it is shared kan? *ngeles*. Kadang temen saya nanya gimana sih caranya dapet barang diskonan? Harus ikut midnight sale desak-desakan di mall kah? Harus subscribe semua e-commerce yang ada di Indonesia? 

NO. Saya kasih tips-nya ya, of course ala saya.

1| Ingat tanggal "penting" 

Maksudnya tanggal dimana ada kemungkinan brand/toko/mall melakukan diskon. Beberapa diantaranya:
- Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) untuk semua e-commerce di Indonesia. Biasanya saya ngintipinnya sih Lazada dan Zalora. Keduanya beneran ngasih diskon tanpa menaikkan harga soalnya. Harbolnas jatuh pada tanggal 12 Desember setiap tahun.
- Hari Kemerdekaan a.k.a 17 Agustus kemaren. Banyak banget kan yang nawarin diskon baik mall maupun e-commerce?
- Hari ulang tahun/anniversary toko tersebut. Biasanya ada juga tuh diskon gede-gedean.
- Akhir tahun/tahun baru. Yang kayak gini biasanya di mall yah. Diskonnya bisa sampai 50%. Kadang rabbani juga sampe 50% di akhir tahun.
- Hari ulang tahun kota Semarang. Ini masuk juga dalam rangkaian Semarang Great Sale. Jangka waktunya lama lho, sebulan! Biasanya mulai dari Mei-Juni, tanggalnya nggak tentu sih. Tapi pasti sebulan.
Ada yang mau menambahkan? Monggo~

2| Download aplikasi e-commerce favorit

Favorit versi saya: pelayanannya cepat, costumer service-nya jelas dan tanggap, ongkos kirim gratis atau standar, rekeningnya menggunakan rekening e-commerce nggak langsung ke penjual, barang yang dijual tergaransi original bukan kawe-kawean.

Di tab ibu saya (saya nggak mau download di handphone sendiri takut kalap, lol) saya mendownload-kan Lazada dan Zalora.

Kenapa Lazada?
Pilihan barangnya banyak, ongkos kirim gratis (sekarang ada syarat dan ketentuan berlaku sih huhuhu why Lazada why), pengirimannya tepat waktu dan jelas, costumer service-nya tanggap. Pilihan barangnya banyak. Tentang originalitasnya masih harus hati-hati. Pokoknya jangan beli yang murahnya diluar harga pasaran (kecuali emang saatnya diskon). Kemungkinan besarnya KW.

Kenapa Zalora?
Plis barangnya bagus-bagus banget di Zalora mah terutama sepatu dan tas-nya hahaha. Terjamin barangnya original. Waktu diskon emang beneran diskon nggak dinaikin harganya lol.

3| Cek aplikasi secara berkala

Nggak harus yang setiap hari ngecek. 2 atau 3 hari sekali cukuplah. Kadang ada tuh yang ngasih diskon hanya sampai jangka waktu tertentu aja. Jangan keseringan sampe tiap hari juga, ngeri ah malah kayak obsessed :( intinya belanja online itu harus bisa mengendalikan diri. Dari apa? Ya nafsu belanja yang nggak sesuai kebutuhan.

4| Sisihkan anggaran khusus 

Namanya juga diskonan, kita nggak pernah tahu kapan dateng. Sayang kan saat ada diskonan malah nggak ada anggaran? Nah sisihkan deh sejumlah uang khusus untuk saat-saat diskonan ini.

5| Pasang target

LOL banget. Maksudnya gini misal lagi butuh sepatu, maka pasang target cari diskonannya sepatu aja. Biar nggak melirik-lirik ke kolom lain. Dress misalnya. Hal ini juga berguna agar saat kamu pengen banget beli sepatu langsung mikir, "Entar aja nunggu diskonan". Hahaha

***

So far saya udah banyak banget beli barang dapet diskon. Sebut aja gamis Alila dapet cuma Rp 100.000, sepatu di Khakikakiku dengan harga yang sama. Di mall dapet dress putih buat lebaran cuma Rp 150.000 aja. Sepatu juga dapet buy 1 get 1. Apalagi ya? Kok kayaknya barang saya banyakan diskonan *nyengir*.

Oh ya, jangan lupa beli barang diskonan juga harus hati-hati banget. Cek dulu ada cacatnya apa enggak. Siapa tau itu barang nggak laku dijual karena ada kerusakan makanya dijual. Beli barang diskonan juga sebenarnya banyak minusnya. Nih sering modelnya terbatas. Misal ada sepatu yang wah desainnya bagus. Eh ternyata ukuran yang pas dengan kita nggak ada. Atau ukurannya pas, warnanya nggak ada. Kalo ketemu kayak gini saya sarankan JANGAN DIBELI. Daripada dibeli tapi nggak pernah dipake? Mubazir. Ingat, innal mubazzirina kaana ikhwanassyayathiin. Mubazir itu temennya setan. Nggak mau kan? Hehe.

Nah semoga trik diatas membantu ya. Jangan lupa, beli sesuai kebutuhan bukan keinginan *ngomong sama diri sendiri*.

You Might Also Like

9 comments:

  1. pagi mbak, makasih ud ngasih kiatnya. cocok untuk kekasih mas ni :)

    ReplyDelete
  2. sha juga nyesel banget mikir2 belanja pas ramadhan ituu.. kok belanja banyak amat, tapi seelahnya gaada diskon lagi dan harganya mahal. nyesel ga sekalian beli banyak pas diskon hehe

    ReplyDelete
  3. 1| Ingat tanggal "penting" , bagiku itu paling penting, mulai tahun baru, valenten, hati ini hari itu, sampe akhir tahun lak ada diskon.
    Kalo bisa sih hari pentingnya yg mengidentifikasikan untuk dapet diskon gede, 90 persen mungkin, hehe

    salam

    ReplyDelete
  4. Semakin banyak diskon semakin sering kalap *kekep dompet*

    ReplyDelete
  5. Cek aplikasi berkala tuh yang susah banget huwee. Suka terdistraksi sama banyak hal sih wkwkw

    ReplyDelete
  6. Poin no 1 bener banget! Hahaaha.

    ReplyDelete
  7. aku juga sering banget belain download aplikasi demi diskonan :p

    ReplyDelete
  8. Godaan terberat saat masuk pusat perbelanjaan. DISKON...
    harus pandai-pandai menahan keinginan memilah memilih dan menimbang. Haha

    ReplyDelete
  9. Huwa.. tipsnya lengkap sekali Mbak. Makasih nih, jadi pingin jg belanja online. Hem.. pas nggak ada diskon ya September?

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)