cerita

Tentang FKM Undip: Kuliah di Peminatan

May 08, 2017,3 Comments


Terhitung bulan Mei ini berarti udah masuk bulan ke-empat semester 6 alias di peminatan. Which is..makin terasa ya aura mahasiswa tingkat akhirnya. Hehe. Gimana sih rasanya kuliah di peminatan? Saya bisa bilang: WOW. Wow untuk ilmunya, wow untuk capeknya, wow untuk tantangannya. 


(Cari tahu tentang peminatan dulu yuk!)

Sebelum masa kuliah di peminatan, biasanya para calon nutrisionist ini (dan juga peminatan lainnya) menjalani masa ospek lagi. Sebut aja begitu. Diberi tugas dari kakak tingkat mulai dari wawancara, bikin buku, video, ngawul, apalagi ya? Terakhir rangkaiannya makrab (malam keakraban). Dibandingkan dengan peminatan lain, peminatan gizi lebih cepat masa ospeknya dan nggak ribet. Ada tuh peminatan yang tugasnya bejibun sampai-sampai adik tingkat yang sekarang juga mengalaminya menulis status di line tentang hal ini :')

Tugas wawancara~
Saat makrab ini kami diberikan pencerahan tentang kuliah, KKN, KKL, magang. Kami juga diminta bermusyawarah untuk memilih Ketua Forum dan Komting. Yah seperti halnya makrab, ada acara marah-marahnya juga. 

Itu tadi awalnya. Saat kuliah gimana?

Ini nih. Udah diwanti-wanti sama kakak tingkat bakalan harus mengurangi jam tidur! Hahaha. Laporan praktikum (laprak) everywhere! Ada 2 mata kuliah yang punya praktikum rutin. Pertama, analisis zat gizi. Praktikumnya dilaksanakan seminggu sekali. Kadang sekali praktikum juga langsung dua topik. Dalam melaksanakan praktikum ini kami dibagi menjadi kelompok 5-6 orang per kelompoknya.

Alhamdulillah, sejauh ini kelompok saya nyaman banget buat diajak bekerja sama. Semua dari kami berusaha agar setiap orang melakukan langkah-langkah praktikumnya secara bergiliran. Lalu ada juga yang bertugas mencatat, mendokumentasikan, nulis laporan sementaranya pun barengan juga. Paling lapraknya sih yang sendiri-sendiri. 

Sistematika lapraknya sendiri ada 3x pengumpulan dengan 2x revisi. Kebayang kan gimana menumpuknya laprak saat yang baru dikumpulin dan yang lama dikembaliin? Hahaha. Saat ini pun saya sebenarnya masih ada 5 laprak analisis zat gizi yang masih harus dikerjakan. Kok malah ngeblog ya? *cry*

Praktikum yang kedua untuk mata kuliah penentuan status gizi, ngukur berat badan, tinggi badan, kadar gula darah, dan masih banyakkkk lagi. Sistematika lapraknya pun sama.

Cerita sedikit tentang praktikum, kali ini saya excited banget buat praktikum. Kecuali di bagian pre-test dan lapraknya ya. Hahaha. Jaman SMA dulu ada juga praktikum tapi saya cuma di bagian mencatat. Alasannya nggak berfaedah banget: males ngelakuinnya. Hahaha. Kayak, ih males deh tangannya kena cairan ini itu LOL yaAllah maafkan hamba-Mu ini...

(Kayak di drama korea bergenre high school ini! Haha)

Dosen di peminatan gimana sih?

Kalo boleh jujur.....dosen di peminatan gizi itu sibuk-sibuk. Kebanyakan beliau-beliau juga merangkap jadi pejabat (?) di dekanat gitu. Alhasil kuliah pun jadi nggak sesuai dengan jadwalnya. Kadang udah sempet berangkat, eh dibatalin. Hahaha. Sempet ngeposting juga sih saya di instagram tentang betapa berantakannya jadwal kuliah sehari-hari sampai tiap hari perlu nanya grup kelas buat tahu kuliah apa aja hari itu *sigh*.

Selain hal diatas, so far dosennya baik-baik sih like pengertian gitu. Emang kerasa lebih deket daripada waktu semester-semester kemaren.. *ea.

(Rasanya jadi mahasiswa baru? Hmm..)

Soal UTS...

Tergantung dosennya. Hahaha. Masih utang UTS pun sampai sekarang saking sibuk para dosennya :') soal yang dibikin bervariasi sih ada pilihan ganda, ada dosen yang sama persis ngambil dari PPT. Paling menantang itu soal benar-salah dan hubungan macem SBMPTN itu. Huhu. I'm not so good at this kind of question. Menjebak banget.

Rasa-rasanya masih kurang belajar sih, gizi ini banyak banget yang perlu dipelajari dan didalami buat jadi expert. 

Udah mulai nyekripsi belum?

BELUM T_T what should I do di saat temen seangkatan di fakultas lain udah pada seminar proposal yah hahaha ya sudah tak apalah. Dosen pembimbing udah dibagi, tapi katanya mau dirombak lagi. Saat ditanya kapan, jawabannya, "Udahlah fokus kuliah dulu aja..." ya kemungkinan bakal mulai semester depan. Oh ya, liburan tahun ini kayaknya bakal kepake juga buat magang. Dan, semester depan udah tahun  terakhir di bangku kuliah!

(Wisuda tepat waktu atau cepat waktu ya?)

OMG! Lulus kuliah mau kemana yah?

Belum bisa menjawab dengan pasti. Hahaha LOL semoga cepat ketemu jawabannya. Amiin...

You Might Also Like

3 comments:

  1. Setuju banget kalo harus ngurangin jam tidur Mbak. Tapi itu menyenangkan kok dengan seabrek pratikum. Asal dinikmati :)

    ReplyDelete
  2. Hai LuLu salam kenal.. Senang deh ketemu di dumay adik kelas di Undip, meski beda fakultas sih hehehe.. eh, tapi saya dulu cukup sering main ke FKK dan FPsi karena meski dulu FH masih di Peleburan, saya ngekosnya di Tembalang dan banyak teman sekosan yg kuliah di 2 fakultas tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah salam kenal juga mba hihihi :D

      Delete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)