Saturday, January 28, 2023

Perlukah Memiliki Hobi yang Menghasilkan?

Gaes, apa jawabanmu ketika mendapat pertanyaan, "Hobimu apa?". Kalau aku haqqul yakin dah, jawabannya: membaca buku. Perlu hobi yang lain ngga? So far sih belum ada. Baru baca aja yang sparks joy ditengah rutinitas lainnya.

Perlukah Memiliki Hobi yang Menghasilkan?

Aku pun merasa cukup ya selama ini. Cumaaa...the power of social media, nemu aja pernyataan kalau manusia(?) tuh bagusnya punya 5 hobi. HAHHH??? Banyak banget ga sih? Iya. Nih aku sebutin.

1. A creative hobby 

Berupa aktivitas yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas otak. Mengekspresikan emosi dan perasaan yang dalam kesehariannya nggak terungkapkan. 


Contohnya nih menggambar, melukis, dan yang aku lakukan ini: menulis. Yup, bener sih. Menulis nih mengakomodirku untuk menumpahkan perasaan yang nggak bisa dikatakan. Ecie.

2. A hobby to socialize

Katanya sih untuk meningkatkan work life balance(???). Kita tahu ya manusia sebagai makhluk sosial tuh mau klaim se-introvert, se-anti sosial apapun tetep butuh interaksi dengan manusia lain. Nah hobi ini bertujuan untuk memulai atau mempertahankan hubungan dengan sesama. 


Contohnya traveling bareng kayak aku ama sobiku, volunteering, atau sesederhana main game pun bisa loh.


3. A hobby to stay in shape

Hobi yang ketiga berkaitan dengan fisik kita. Yup, agar tetap bugar. Butuh apa? Bergerak. Bolehlah hobi nulis, hobi baca, hobi nonton film, dan kesenangan lainnya. Jangan lupa untuk menggerakkan badan. Minimal 30 menit sehari (ehem ini sekalian noyor diri sendiri).

Bisa jalan kaki pagi tiap hari 10.000 langkah, yoga, pilates, sepedaan, lari, apapun yang cocok dengan selera.

4. A hobby to learn

Ini baru aku sadari pas udah kerja. HAHA. Malah di jaman sekolah dan kuliah, ngga pernah kepikiran buat beneran "belajar". Belajar tuh kayak tuntutan dan kewajiban gitu. Alhasil nggak merasa butuh punya hobi "belajar".


Belajar ini jangan disamaratakan dengan ambil pendidikan formal ya. No no no. Contohnya nih pengalamanku ikut kelas online selama pandemi. It's fun! Hobi belajar ini bisa memperbanyak pengetahuan, open minded, dan menuntut punya growth mindset. 

Contoh lainnya: hobi berkebun. Akhirnya mengulik tips merawat tanaman. Hobi merajut. Akhirnya mengulik pola-pola yang belum pernah dibuat. Pada akhirnya belajar juga kaan? Hobi belajar ini bisa memberikan sense of accomplishment? Kepuasan tersendiri. Nggak ada alasan lagi merasa "stuck".

5. A hobby that makes money 

Yup, ini dia sebenernya topik pembahasan utama. Haha. Hobi yang menghasilkan. Perlu ngga sih Buatku: nggak perlu. Masih sama dengan apa yang pernah kutulis di tahun 2019: Ngeblog, Hobi atau Profesi? 

Disclaimer ya ini pendapat pribadiku. Menjadikan hobi sebagai profesi menghilangkan unsur fun dan sparks joy yang ada. Eh bentar, tapi ini kan judulnya menghasilkan ya bukan menjadikan hobi sebagai profesi? :p kalo gitu agak diralat deh. Menghasilkan oke, enggak pun enjoy aja. Penghasilan bukan dijadikan tujuan ketika menjalani hobi.

Contoh di aku sendiri. Bisa dibilang aku hobi baca buku khususnya novel. Yes aku punya akun untuk mengulas buku. Yes aku kadang ngonten seputar perbukuan. Semua aku lakukan karena aku suka aja. Menghasilkan atau nggak, tetap aku lakukan. Beda dengan tujuan mendapatkan penghasilan. Aku kudu all out melakukannya. 

Mengulas buku berarti sesuai dengan brief. Mengambil gambar harus memperhatikan angle, editing dll. Udah capek duluan mikir teknisnya. Babay. Nggak sparks joy. HAHA.

Tapi nggak memungkiri lho kalau hobi yang menghasilkan ini bisa menguntungkan saat kita merasa kurang dengan sumber penghasilan utama. Hobi nulis? Bisa tuh ngeblog atau freelance copywriter. Hobi belajar bahasa? Coba deh ambil sertifikasi dan jadi translator. Tuh, semakin banyak hobi semakin membuka pintu kesempatan, kan? :D

***

5 hobi diatas bukan kewajiban. Tentuu semampu kita aja. Jangan sampe justru jadi beban. Nah, kira-kira apakah perlu nih hobi yang menghasilkan? 

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!