Friday, February 03, 2023

Kenangan Akan Angkringan

Angkringan. Tempat makan ter-hits di daerah Jawa. Terutama Jawa Tengah dan Yogyakarta. Angkringan biasanya berbentuk gerobak kayu atau lapak beratapkan terpal. Makanan khasnya yaitu nasi kucing atau sego kucing. Emang ada daging kucingnya? No no.


Dinamakan nasi kucing karena porsinya yang dikit kayak makanan kucing. Kucing kampung ya puhlease jangan samain makanan kucing dengan whiskas apalagi royal canin. Karena porsinya ini, harganya pun murah meriah. Di daerah Solo, 3000 udah dapet. Murce kan? 

Sebelum memasuki momen kerja, aku ngga pernah sama sekali nyobain angkringan. Pertama, karena keluargaku ngga biasa makan diluar. Iyapun belinya sebangsa bakso, pempek, martabak. Kedua, angkringan umumnya buka dari sore sampai dini hari. Sebagai anak rumahan jelas ngga ada kesempatan buat keluar jam segitu. Lah jam 5 sore belom sampe rumah aja udah ditelponin.

Ini adalah pengalaman pertamaku ke angkringan. Ceritanya...
Udah resmi nih jadi anak kos. Selain kebebasan yang didapat, kemandirian dituntut. Ngga ada lagi loooh yang menyediakan makan malem. Nek ora obah yo ora wareg. Makanan tidak jatuh begitu saja dari langit.

Terpetik lah ide untuk ngajakin makan anak kantor keluar. Apa dia yang ngajak ya? Lupa. Pas ditanya mau kemana? Jawaban khas perempuan: terserah :))

Yaudaahlah kami motoran aja tuh berdua. Baru pertama kali di Solo. Ngga tau arah. Asal nemu ajalah. Nggak lama kemudian setelah melewati rel kereta, nemu tuh angkringan di kiri jalan. Akhirnya melipir.

Aku ngga inget pesen makan atau gorengan doang? Yang jelas masih inget dibayarin, dengan alasan udah mau nemenin makan. Haiyaah. Anak kos mah seneng aja dibayarin :P

Disitu baru tau ooh ini namanya angkringan. Emang isinya ga banyak. Nasi kucing, gorengan, sate-satean, dan wedang. Kami pesen teh anget aja. Kalo ngga salah berdua cuma habis Rp 15.000. Astagaaa murah banget ya shay. Bandingin sama disini Rp 15.000 mah sekali makan buat 1 orang :")) huhu kangen Solo.

Itu untuk angkringan yang beneran. Hah, emang ada yang boongan? Lebih ke konsepnya angkringan harga bukan sih :)) Di Solo banyak juga nih angkringan "naik kelas". Bentuknya tentu bukan gerobak bertutup terpal. Melainkan bangunan permanen macam kafe. Harganya jelas lebih tinggi. Contoh yang udah pernah aku kunjungi: Angkringan Omah Londo. 


Bagi manusia yang agak concern sama kebersihan makanan sih ini cocok ya. Rapi, bersih. Kekurangannya tusukan (side dish) yang tersedia nggak hangat. Bisa sih diangetin lagi. Tapi rasanya beda yak. Dari segi vibes sih enak dan nyaman banget. Ada indoor dan outdoornya. Lah jadi pengen kesana lagi.

Kembali ke masa saat ini.
Di Bogor ada angkringan? Ngga tau. Semacam pedagang kaki lima sih banyak ya. Untuk yang spesialisasi angkringan I dunno. Dan aku nggak pernah mencari sih. Justru disini adanya adalah kafe dengan konsep angkringan. Tertarik? Engga. Hahaha. Ada judgment rasanya bakal beda dengan otentik di Jawa (Tengah). 

Ya syudah lah ya. Icip-icip makanan boleh. Perkara balik ke tempat atau enggak itu belakangan. Yang penting ada experience-nya. Dan beneran nggak terlupakan, toh?

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!