Saturday, February 11, 2023

4 Makanan yang Cocok Dinikmati dengan Bawang Goreng

Siapa yang nggak kenal bawang goreng??? Panganan satu ini sudah banyak dikenal orang Indonesia yah. Yang dimaksud bawang goreng disini adalah bawang merah, bukan bawang putih. Kadang di Jawa lebih dikenal dengan brambang goreng. 


Brambang goreng ini ((versatile)) banget. Dijadikan snack alias dimakan langsung bisa. Dijadikan taburan diatas makanan lain pun bisa meningkatkan cita rasanya. Meski keliatannya gampang bikinnya, tinggal iris tipis bawang merah dan digoreng, nggak semudah itu lho. Kalau nggak pas malah bisa 1) kebanyakan minyak terserap di bawangnya, 2) gampang letoy alias renyahnya bentar doang.

Tapi disini aku ngga akan bahas resep bawang goreng yang enak yah. Haha. Maklum, berkunjung ke dapur aja bisa dihitung pake jari :)) 

Disini ada beberapa makanan yang aku cobain dan lebih enak ketika dikasih taburan bawang goreng. Apa aja tuh?

1. Nasi Goreng

Makanan penyelamat anak kos. Penjualnya banyak beredar di pinggir jalan. Harganya murah meriah. Porsi gede. Paling penting: buka di jam kritis alias sampe dini hari pun ada. Nasi goreng yang masih panas kadang teksturnya agak lembek. Meskipun ini tergantung juga ya dari awal nasi bahan bakunya. Apakah dia pera atau engga.

Nah biar nambah variasi tekstur itu, coba tambahin bawang goreng deh. Nikmat! Jangan lupa kerupuknya. Kurang afdhol deh nasi goreng tanpa kerupuk :P

2. Kwetiauw

Sebelas dua belas sama nasi goreng, biasanya mamang nasi goreng tuh sedia kwetiauw juga. Ada kwetiauw goreng dan kwetiauw kuah. Mana kesukaanmu?

Aku sih tergantung mood dan cuaca. Kalau sedang hujan deras dan butuh yang panas, pasti pilih kwetiauw kuah. Dan topping seafood. Duh, ngebayanginnya aja udah bikin ngiler... Menurutku kwetiauw yang paling pas ditambahin bawang goreng tuh ya kwetiauw goreng.

Kenapa? Soalnya rasa kriuknya tetep bisa dipertahankan. Beda dengan ketika ditaburin ke kwetiauw kuah, bawang gorengnya basah dan letoy deh. Kurang sedaap...

3. Soto

Indonesia kaya dengan beragam jenis soto. Soto Kudus dengan daging kerbaunya, Soto Betawi dengan kuah santannya, Soto Surabaya, daan lain-lain. Daerah kelahiranku, Semarang pun punya soto. Soto menjadi menu sarapan favoritku saat tinggal di Solo. Alasannya simpel sih: penjual soto bertebaran di pagi hari. Bahkan seberang kantor pun ada :)) sebagai manusia cari gampangnya aja ya makan soto. Makan setiap hari pun nggak ada bosannya.

Tapiii...entah kenapa aku merasa soto di Solo dan Semarang nih agak kureng. Bisa dilihat dari penampakan kuahnya yang bening dan isiannya nggak neko-neko. Biar lebih "berwarna" bisa banget nih ditaburin bawang goreng. Emang sih nanti bawang gorengnya jadi letoy kena air. At least dapet aroma gurihnya bawang goreng deh. Level up soto banget deh!

4. Sate padang

Nah yang terakhir ini aku baru cobain sekali doang. Penasaran kayak gimana sih sate padang itu? Ternyata yang digunakan bukan bumbu kacang seperti pada umumnya. Melainkan bumbu kental kuning yang lebih banyak rempahnya. Jujur, buatku ini terlalu "berat" sih di lidah :)) untung ketika beli disajikan bawang goreng diatasnya. Semacam ada penyelamat rasa biar lebih bisa diterima di lidah.

Itu dia 4 makanan yang cocok dinikmati dengan bawang goreng versiku. Apa versimu?

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!