Wednesday, December 01, 2021

Bandung Trip: Persiapan

Libur tlah tiba!
Libur tlah tiba!
Hatiku gembiraaa!


Lagu Tasya terngiang di kepala. Memasuki akhir tahun saatnya mengecek sisa cuti tahunan. Sayang shay kalo ngga dipake. Yang kebawa ke tahun berikutnya (rollover) hanya 6. Memang sebaiknya cuti itu rutin digunakan biar ngga numpuk. Namun apalah daya, ngajuin cuti harus disertakan alasan jelas. Ngga bisa alasan rebahan aja dirumah. Let's wish for better regulations.

Alhamdulillah di akhir tahun mengajukan cuti 4 hari diizinkan. Ngapain? Ya liburan, lah! Sebelum PPKM kembali dinaikkan. Mumpung udah vaksin dosis lengkap. Kondisi lumayan terkendali. YaAllah sekarang aja baru kerasa ya tahun-tahun sebelumnya kenapa ga liburan, kan belum pandemi tuh kemana-mana gampang? :’) begitulah namanya penyesalan datangnya diakhir. Di awal mah pendaftaran.

Sejak pertengahan November aku udah nandain di kalender bakal cuti. Ga mau tau. Alhamdulillah dapet di minggu terakhir. Telat sedikit udah ditolak saking war-nya cuti akhir tahun ini.

Udah rezekinya ya dipindah unit kerja biar bisa libur bareng (mantan) temen kantor. Begitu disetujui cuti aku langsung hubungin dia. Auto mengiyakan tanpa babibu. Persiapan untuk liburan berapa lama? Ga ada seminggu!

Baca: Dari Solo ke Bogor: Mutasi!

First thing first: menentukan tujuan. Ke Barat? Timur? Utara? Selatan? Terpilihlah Kota Bandung sebagai tujuan. Pertimbangannya karena emang terkenal dengan tempat wisatanya. Mau wisata urban (alias shopping) atau ke alam semua dapet. Oke lah.

Kemudian menyusun itinerary. Niat kami adalah camping. Tapi ga mau yang rame. Rencana di Bandung selama 5 hari 4 malam. Sabtu-Rabu. Sabtu-Senin berada di kota. Senin-Rabu menepi ke pinggiran alias camping. Hanya berkomunikasi lewat WA, masing-masing menuliskan keinginannya. Standarlah mau ke tempat wisata apa dan makan apa. Liburan ngga lengkap tanpa wisata kuliner, bukan?

Begini itinerary awal kami (yang newbie)

Sabtu
Touchdown Bandung
Check in hotel
Kiara Artha Park
Makan disekitar situ

Minggu
Hutan Raya Juanda
The Great Asia Africa
Nongkrong di kafe buku

Senin
Alun-alun Bandung
Otw Ranca Upas

List main:
- The Great Asia Africa
- Lembang Wonderland
- Maribaya Hot Spring
- Dusun Bambu
- Rainbow Garden
- Ranca Upas
- Kawah Putih
- Bosscha

Waktu ngecek Google Maps, baru taulah ternyata Ranca Upas itu udah keluar kota. Sedangkan daerah Lembang itu berlawanan arah dengan Ranca Upas :)) beruntungnya punya partner fleksibel. Dari awal udah menekankan,

“Kita jangan berantem ya”

“Kalo ada apa-apa langsung bilang ya”

“Ga harus sesuai itin ya”

Maklum, pengalaman traveling pertama kali berdua doang. Nyusun itinerary sendiri. Ngga pake travel agent pula. Jadi ya begitulah. Diputuskan saya sie transportasi dan dia sie konsumsi. Ini penting loh agar selama dijalan nggak gontok-gontokan siapa bayar apa. Ditambah lagi aku sebagai bendahara alias mencatat semua pengeluaran untuk nanti dihitung patungannya berapaan.

Fokus kami sebenarnya di Ranca Upas sih. Emang dari awal pengen banget nyoba camping. Apalagi sering nonton variety show Korea. Duh hasrat ini semakin menggelegak. Pengen ngerasain!

Awalnya kami berencana menyewa igloo camp. Udah cari kontak Wana Wisata Ranca Upas tuh. Eh kok penuh :( padahal rencana sewa weekdays loh bukan weekend. Bingung kan tuh.

Browsing lagi, apa milih tenda ya? Tidaaak. Ngga bisa masangnya. Mana amatir semua, lagi. Pilihan pun jatuh ke Bobocabin Ranca Upas. Hayo, udah pernah denger?

Bobocabin ini satu pengelola dengan Bobobox. Hotel kapsul dengan keunggulan IoT (Internet of Things) alias semua terhubung lewat internet. Cek di traveloka ada. Tapi kami pengennya dapet diskonan LOL maka pesen pun lewat aplikasi. Menginap 2 malam di cabin standard kena charge Rp 880.000.

Apakah perjalanan kami mulus-mulus saja? Oo tentu tidak, ferguso! Setelah dijalani, terjadi perubahan itinerary.

Sabtu
Check in hotel
Kiara Artha Park
Alun-alun

Minggu
Hutan Raya Juanda
Makan di Cuanki Serayu
PVJ

Senin
Tour naik Bandros
Kartika Sari
Otw Ranca Upas
Magabut dan bbq-an

Selasa
Kawah Putih
Onsen
Magabut

Rabu
Penangkaran Rusa
Balik kota
Makan Lomie Lodaya
Pulang

Tuh, beda kan? :)) berapa persen dari itinerary? Dikit. Rencana ke kafe buku batal. Weekend di Bandung garang banget. Macet everywhere. Ditambah hujan pula. Berasa banget jomponya. Nggak memaksakan diri, deh. Yang penting menikmati.

Selama di Bandung kami mengandalkan grab, gojek dan angkot. Masih banyak angkot ternyata di kota kembang. Warna dan jalurnya pun macam-macam. Salut sih, mengingat aku bukan anak angkot. Kenapa? Bingung bayarnya berapa karena ngga ada patokannya. Kemurahan ntar menzolimi. Kemahalan rugi di diri sendiri. Hahah, remponk shay.

Okelah, this is only the beginning. Let’s goo to the next day!

1 comment

  1. Setuju banget Mba masalah cuti itu! Harusnya dipermudah ya kalo mau cuti emang cuma buat goleran aja di rumah, toh kan itu hak kita juga... tahun lalu cuti aku hangus 8 Mba saking gak bisa dipake :( selalu dicurigain mau pulang kampung padahal aku mah mau rebahan doang di kosan hiks 😥

    Tapi, akhirnya dapet juga ya Mba liburan! Lumayan banget buat refreshing ya! Btw Mba akhirnya ke Bobocabin yaaa? Aku penasaran juga tuh karena bagus banget kalo liat di tiktok wkwkwk tapi kemaren2 nemu juga yang nyebutin gak enaknya pas disana hahaha jadi makin penasaran kalo Mba gimana...

    Bandung itu emang luar biasa banget ya kalo weekend... aku juga pernah kejebak macet pas weekend yang berujung muter balik gak jadi main hahaha malah pulang, capek di jalan doang. Udah gak waras banget apalagi ke arah Lembang... paling enak emang pas weekday jadi jalanan masih lengang banget...

    Ditunggu kelanjutan ceritanya Mba!

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!