Saturday, December 04, 2021

Bandung Trip Day 1: Menginap di Mutiara Hotel and Convention Bandung

Ini bukan pertama kalinya aku ke Bandung. Seingatku, yang ketiga. Pertama: bareng anak-anak lembaga pers di zaman mahasiswa. Terkenang banget sama ITB dan Masjid Salman-nya itu. 

Bandung Trip Day 1: Menginap di Mutiara Hotel and Convention Bandung

Baca: 
Kedua: nganterin si adek daftar kuliah. It wasn’t a pleasant journey because I felt jealousy washing over me. Si adek boleh keluar kota untuk kuliah sedangkan aku stay dalam kota. I know I’m being an a**hole but that’s truly what I feel. Aku disitu literally disuruh nganterin dan bertanggung jawab ini itu. Alasannya si adek gatau apa-apa dan si ayah udah gaptek. HILIH. Sampe sekarang kerasa gondoknya sih ahahaha mana gajebo pula ke Bosscha-nya. Sigh. Ya ngerasain aja sih penerbangan ke Bandung dan bandaranya yang mungil itu.

So this is my third visit if I’m not mistaken.

Dari Bogor ke Bandung naik apa?

Pilihannya banyak. Bus, travel atau kereta (kalo ga salah nih). Travel yang aku tau namanya Pasteur. Di Bogor harus naik dari BTM (Kota Bogor). Kejauhan bagiku alhasil skip.

Aku pilih bus yang paling mudah dan dekat poolnya. Bus dari Bogor (Cibinong) ke Bandung yang terkenal adalah MGI. Berwarna biru tua. Pool Cibinong ada di dekat Hotel Grand Orri Citeureup. 

Aku ambil keberangkatan 10.40 WIB. Apakah tepat waktu? Yup. Harga tiket MGI Bogor ke Bandung saat ini sebesar Rp 105.000. Perjalanan sekitar 3,5 jam lewat tol Purbaleunyi (lagi-lagi kalo ga salah ya wkwkwk). Berhenti di Rest Area sekali. Sisanya hajar wae sampe Terminal Leuwi Panjang. Mendekati terminal ini agak macet karena sedang pembangunan jalan layang. Mohon maklum ya pemirsa…

Sampai di terminal, hujan deras mengguyur. Aku langsung lari ke gojek pint di seberang terminal. Wah, sepi! Cuma ada 1 ojol disitu. Berkali-kali pesen gocar ga diambil, sad. Sedangkan aku pengen cepetan check in hotel. Risih basah-basahan.

“Ga ada yang ambil ya neng?”

“Iya nih pak”

Si bapak ojol bertanya. Kuputuskan untuk nawar bapaknya nganterin. Keliatannya baik sih. Kata dia bisanya offline alias ga pake aplikasi. Yaudah gapapalah yang penting mah cepet nyampe aja.

“Berapa, pak?”

“Terserah neng aja”

PAK???? suka bingung aku tuh untuk nentuin harga begini. Kusebut aja 20 rebu perak. Mau? Oke deh. Capcus. Gojek pertamaku di Bandung di saat hujan, berbagi jas hujan ponco dengan bapaknya ah sedap.

Mutiara Hotel and Convention Bandung

Penginapan pertama di Kota Bandung. Nemu di traveloka dengan keyword deket stasiun Bandung. Kenapa disitu? Ya biar deket aja si partner traveling ini berangkat dari Jogja. Hotelnya strategis alias di pinggir jalan. Deket sama pabrik Kartika Sari (penting :p). Ada hotel lain yang lebih murah, tapi ngga mau gambling dengan fasilitasnya. Si Hotel Mutiara ini reviewnya standar.

Kami dapet rate 500ribuan untuk 2 malam. Tanpa sarapan. Fasilitas kolam renang dan wifi, twin bed. Proses check in dengan meminjamkan KTP. Sekitar 14.30 kamar baru siap. Selama itu cuma duduk-duduk di lobby dengan kondisi mirip tikus kecebur got.

Bagaimana penampakan hotelnya?

Lobi Mutiara Hotel and Convention Bandung

Kesan pertama: waaah hotelnya keliatan seperti bangunan tua. Sepanjang lorong hotel dipenuhi lukisan yang ada banderol harganya. Apakah dijual? Entahlah.

Suasana Mutiara Hotel and Convention Bandung

Tersedia 1 lift dengan kapasitas maksimal 5 orang lah. Yep, semungil itu. Berhubung di masa pandemi maka dibatasi 2 orang aja. Penerangan di hotel ini pun cenderung remang-remang. Mungkin emang desainnya kayak gitu. Kalo menurutku sih lebih ke suasana guest house dibanding hotel, ya.

Kamar di Mutiara Hotel and Convention Bandung

Kamarnya cukup bersih. Ada 2 botol air minum ukuran 600 ml di meja. Televisi dengan channel lokal dan burik banyakan semutnya. Toiletries yang didapatkan hanya 2 buah sabun batang. Handuk pun masih 1, jadilah aku minta 1 lagi ke resepsionis.

Yang lucu dari hotel ini adalah listriknya terpusat. Gimana, tuh?

Jadi gini. Kan kamar hotel ada saklar lampu. Lampu kamar mandi, lampu kamar tidur dan saklar lampu tidur (biasanya di deket ranjang atau di nakas). Aku coba matikan lampu kamar. Yang terjadi adalah? Listriknya mati HAHAHA.

Takut salah nih, coba nyari saklar yang laen. Nggak ada. Akhirnya kutelpon resepsionis. Sepertinya mereka udah bisa nebak pertanyaanku. Dan memang dijawab saklarnya terpusat. Jadi ngga bisa tuh aku matikan lampu dan nyalain AC. Kalo lampunya dimatikan ya AC bakal ikut mati. Lampu kamar mandi pun mati :)) ah yasudahlah.

Alhamdulillah Bandung cukup dingin. Musim hujan pula. Bye bye AC.

Selama nungguin si partner dateng, aku pesen makan dulu because I’m starving!!! Beruntungnya hidup di era sekarang apa-apa tinggal klik aplikasi :” so I bought bakmi GM. Pas selesai makan, pas si partner dateng uhuyyy.

Berlanjut ke next postingan~

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!