Wednesday, July 28, 2021

Pengalaman Menggunakan Onyx Boox Poke 3 e-Book Reader

Mau nulis alasan beli e-reader kok ya cuma satu: pengen. Iya, bukan barang kebutuhan pokok memang. Sejak pandemi itu jadi punya banyak waktu lari ke sosmed. Nah di sosmed ini aku menemukan akun sesama pembaca buku. Mulai dar base, klub baca, booktuber, intinya mencari manusia sefrekuensi dalam hal membaca. 

Pengalaman Menggunakan Onyx Boox Poke 3 e-Book Reader


Jujur ya di lingkunganku dikit banget. Memang keluarga sama hobi baca, cuma genrenya beda. Dan kami nggak seterbuka itu membicarakan bacaan.

Baca: Book is My Family Treasure

Aku rasa sih setelah beberapa kali berbagi tentang buku yang kubaca di instagram, ada teman sesama pembaca. Tapi nggak sering berbagi insight kayak aku. Bisa jadi memang bukan passion atau baca buku ya buat diri sendiri aja. Nggak merasa orang lain perlu melakukan hal yang sama. 

Berbeda denganku yang emang pengen menciptakan lingkungan suka baca buku. Banyak manfaat yang didapat dari buku. Termasuk berpikiran terbuka dan kritis. Membagikan insight di medsos berperan sebagai brain dump juga sih. Aku selalu punya komentar opini tersendiri setelah membaca buku. Alhasil ya dituangkan ke platform yang ada.

Gawai khusus membaca buku elektronik nggak terlalu populer dibanding di Inggris, misalnya. Mengutip dari blognya mba Dewi Nur Aisyah, masyarakat disana sering terlihat membawai gawai ini saat dalam metro misalnya. Makanya saat aku share gawai ini ada pertanyaan, 
“Apakah ini tablet?” - bukan.
“Bedanya apa?” 

Apa itu e-reader?


Aku jelasin ya untuk yang belum tau. E-reader ini gawai yang diperuntukkan membaca buku elektronik. Perbedaan terbesarnya ada di layar. E-reader menggunakan teknologi e-ink yang diklaim lebih ramah mata. Memang sih sepanjang penggunaanku nggak mudah capek sebab cahayanya minim.

Sebagaimana smartphone dengan berbagai merk, pun begitu dengan e-reader. E-reader paling banyak digunakan adalah merk Kindle buatan Amazon. Akupun awal taunya ini. Waktu mengulik lebih jauh ternyata banyak merk lain. Sebut saja Sony, Kobo, dan Onyx Boox ini. Awalnya pun aku hanya berpaku pada Kindle. Maklum ya paling populer memang itu.

Ulasan pemakaianya tuh sejauh yang aku cari, banyak puasnya daripada enggak. Menurutku sih karena orang yang beli e-reader itu udah pasti suka baca. Udah melalui riset. Jadi udah dipastikan bakal digunakan sama pemakainya. Mirip sama mesin jahit lah yang beli sebagian besar penjahit atau minimal paham cara penggunannya. Ini permisalanku aja ya.

Berdasarkan hasil riset ngasalku ini, eh semakin mupeng. Harganya termasuk terjangkau pun dibanding merk lain. Mulai 1jutaan udah dapet si Kindle ini. Tapi, kenapa aku pilih Onyx?

Alasan terbesar dan utamaku adalah: karena berbasis Android.

Perbedaan beberapa merk e-reader


“Loh, emang yang lain enggak?”

Sayangnya, enggak. Kindle eksklusif hanya bisa membeli buku elektronik di aplikasi Amazon Kindle. Artinya mayoritas buku adalah cetakan luar negeri. Sedangkan aku masih sangat menikmati buku dalam negeri. Proporsinya masih 70-80%an deh rasanya dari bacaanku.

Langsung kucoret dari daftar. Bisa aja sih di jailbreak atau apalah sehingga kita bisa masukin buku pdf atau dari Google Play Book. But you do you ya. Aku sih nggak mau se-effort itu. Hitungannya pun itu ngebajak. Meskipun dipakai untuk penggunaan pribadi buatku tetep big no.

Oh ya Kindle itu ada aplikasinya lho. Tersedia di platform Android maupun iOS. Jadi bisa banget tetep dapet experience bacanya tanpa membeli e-readernya.

Lanjut, pencarian beralih haluan ke Kobo Rakuten. Dia bisa nih pake Google Play Book. Tapi….gatau keliatan ga puas aja gitu. Apalagi aplikasi baca di Indonesia ini sekarang udah beragam ya. Sebut aja iPusnas, iJakarta, Gramedia Digital, terakhir ada Rakata.

Sayang rasanya nggak nyobain aplikasi itu. Keputusan beli Onyx diambil melalui kontemplasi panjang. Bahkan sempet oleng juga mau beli tab aja apa ya. Atau iPad mini. Gimana yah hati ini masih belum rela mengeluarkan uang "hanya" untuk baca saja.

Yang kemudian disanggah lagi, "Lah memang itu kan tujuannya? Buat baca?"

Sejujurnya aku pengen merasakan pengalaman membaca menggunakan e-reader. Racun banget tau ulasan di sosmed tuh. Sampe ada yang bilang life changing pula. Dan pandemi bukannya menyurutkan niatku, justru menambah. Alasan ngga tau hidup sampe kapan masa sih sama diri sendiri pelit dijadikan alasan. LOL.

Gongnya saat mutasi dan packing buku. Udah dikirim kerumah sekardus kok tetep banyak? Mana buku itu berat ya. 1 kilogram bisa tuh cuma 3 buku. Ukurannya beda-beda pula ngga bisa dimaksimalkan saat packing kayak pakaian kaaan.


Alhasil sesampainya di tempat pindahan aku memutuskan membeli Onyx Boox Poke 3. Ngga pake mikir lagi udah mikirnya setengah tahun cukup. Aku dapet rekomendasinya dari twitter tentu saja. Twitter is my source of information, fix no debat.

Toko ijo memang pilihan yang tepat. Ada 1 seller yang juga direkomendasikan kak Aya (Kanaya - booktuber). Aku membeli kurang lebih 3,3 jutaan. Psst, bahkan harganya lebih tinggi daripada smartphone-ku saat ini :)) memang kalo udah bucin susah. Dengan harga segini yang didapat adalah Onyx Boox Poke 3, case (bisa stand by otomatis saat dibuka) dan 1 kabel USB tipe C. Di onyx-nya sendiri hanya ada tombol on/off dan lubang USB tipe C.

Tampilan awal sebelum dinyalakan

Ngomongin soal Onyx, ada berbagai tipe ya. Lagi-lagi sama seperti smartphone lah. Setauku ini harga yang termurah. Yes, kamu ga salah. Yang termahal bisa sampe dua digit. Dengan layar berwarna dan tambahan stylus. 

Jadi kayak tab pada umumnya ya? Iya. Maka dari itu sebelum beli tolong dipikirkan masak-masak. Jangan cuma ikut-ikutan. Toh ini bukan benda primer. Dengan smartphone yang ada kamu tetep bisa baca buku, kok :D

Pengalaman menggunakan Onyx Boox Poke 3


Pertama kali beli aku langsung set Google Play Store-nya. Meskipun menggunakan Android tapi tampilan dan settingnya beda dengan smartphone. Seller udah memberikan langkahnya di chat jadi aku tinggal mengikuti. Mudah kok. Di youtube juga banyak tutorialnya.


Setelah itu aku merasa ada yang salah dengan layarnya. Saat di scroll tampak nggak smooth. Semacam tv yang ilang sinyal (oemji sekarang masih ada ga sih TV yang kayak gitu?). Tenang, aku langsung nanya ke seller. Ternyata tinggal disetting aja kecepatannya berapa. Untuk lebih smooth bisa dinaikin kecepatan layarnya. Efeknya hanya penggunaan baterai lebih banyak aja.

Aplikasi apa aja yang udah aku coba?


1. Google Play Book

Aku urutin dari yang pertama dan ternyaman ya: Google Play Book. Yep. Aku bilang ternyaman karena bisa diatur besar kecil font. Pilih font pun bisa. Buku terbitan luar negeri maupun Indonesia cukup komplit. Harga lebih miring daripada buku cetak. Setiap hari ada deals mulai dari harga 30ribuan aja per buku.

Tapi harus diperhatikan ya format bukunya. Beberapa buku terbitan mizan seperti Dear Tomorrow-nya Maudy Ayunda berformat pdf. Nggak nyaman. Harus zoom manual, nggak langsung menyesuaikan ukuran layar.

Minus lainnya lagi: harus beli buku satuan. Maka dari itu pastikan emang bukunya berkesan atau dibaca ulang biar nggak rugi amat. HEHE.

Plusnya: bisa di-highlight, take notes. Sayang sih karena Onyx Boox Poke 3 ini tipe warna item putih jadi ga keliatan warnanya. Cuma beda di tingkat keterangan aja. Nggak mengganggu sih. Kan selera ya, ada anak yang visual banget gitu.

Ada fitur kamus. Di aku kamusnya lebih ke makna ya bukan arti dari Inggris ke Indonesia. Semacam penjelasan, definisi dari kata gitu. Konsepnya mirip KBBI hanya saja dalam bahasa Inggris. Untuk bahasa lain aku belum ngecek. Kan koleksiku disini cuma 2 bahasa: Inggris dan Indonesia. 

2. Gramedia Digital

Sempet deg-degan dong bakal pas ga ya layarnya. Eh beneran lah kepotong :( udah sad duluan kan wong terlanjur bayar langganannya. Akhirnya aku lari ke channel kak Aya. Bisa! Tinggal disetting dpi-nya aja. Kembali seperti semula deh. Hehe.


Ini nih yang beneran life changing. Kalo kamu ngikutin buku bacaanku 2 bulan belakangan ini kebanyakan terbitan gramedia grup, ya karena hasil langganan. Dengan langganan artinya kamu nggak memiliki buku ini ya. Once your subscription ends, ya bukunya ga bisa diakses. Meskipun begitu ada pilihan beli kok. Sesuaikan aja dengan kebutuhan dan tentunya budget.

Membaca di aplikasi ini belum senyaman Google Play Book tapi lumayan banget nggak bikin sakit mata. Oh ya minusnya Gramedia Digital ini cuma bisa di bookmark/tandai halaman nggak per kalimat.

3. iPusnas

Enak sih gratis. Tapi experience-nya paling rendah dibanding aplikasi lain. Tidak lain dan tidak bukan karena ga bisa disetting ceunah :)) harus sabar dengan ukuran font kecil. Kalo mau digedein halamannya, dia nggak stabil. Harus nyesuaiin manual kanan kirinya. Ya namanya juga gratisan kaaan!

Dulu tuh masih banyak yang belom tau ini. Antrian tiap buku ngga terlalu panjang. Sekarang udah banyak yang tau. Alhamdulillah ya banyak yang kebantu baca ini. Hanya saat kita antri buku itu notifikasinya di aplikasi tok. Nggak muncul push notification. Alhasil harus rajin buka aplikasi agar ga kelewat giliran :))

***

Beberapa bulan pemakaian Onyx Boox Poke 3 e-Book aku PUAS. Perlu banget nih di caps lock dan bold? Iya belum nemuin minusnya kok. Palingan tergoda aja beli yang berwarna layarnya biar gak bosan. Eh selain itu sepertinya belum ada service center resmi. Mungkin kalo ada apa-apa bisa hubungi seller aja ya.

Another frequently asked questions


1. Baterenya tahan berapa lama?
Tanpa koneksi wifi bisa sampai seminggu. Oh iya ini tanpa sim card ya. Wifi only. Baterenya aku perhatiin cepet banget abis kalo terkoneksi internet

2. Ada kameranya?
Nggak ada. 

3. Ukurannya seberapa?
Lumayan kecil dan enteng dibanding smartphone. Bisa masuk kantong piyamaku itu seberapa kecil ya?

4. Ngecasnya berapa lama?
Dari 20% ke 100% sekitar 1 jam. Standar sih berhubung dia nggak fast charging juga.

Segini aja ya postingan tentang e-reader. Sebenernya udah banyak yang bahas di youtube tuh. Baik booktuber dalam maupun luar negeri. Aku hanya membayar hutang ke warga instagram aja hahaha. Kalo masih ada yang mau dikepoin boleh tulis aja komentar dibawah atau colek instagram. InsyaAllah dibales.

Pesan sponsor dari aku: bukan gawainya yang penting tapi kebiasaan membacanya. Ojeh?
PS: Ini aku beli sendiri ya bukan endorse. Mau aja sih di-endorse *eh

15 comments

  1. Wooo terima kasih ulasannya! Aku juga lagi galau nih pengen beli onyx boox ini karena base android dan udah e-ink. Tahun lalu nekat dan impulsive beli Tab karena banyak yang murah juga kan dan aku udah gak sanggup liat dari layar hp yang kecil bannget. Lama-lama kok capek juga terlebih karena berat sih, bikin pegel pake stand kurang nyaman. Makanya tertarik mau beli ini, tadinya mau tanya enteng apa enggak tapi untunglah udah dijawab hahaha sekarang mau otw nabung dulu karena harganya lumayan juga yaaa 😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Nabung dulu aja, toh nggak menyesal kok belinya kalo bacanya serajin mba :D

      Delete
  2. Huuu akhirnya ketemu pemakai Onyx Boox. Aku pemakai Kindle, karena dia yang paling murah HAHAHAH. Tapi ya akibatnya gak bisa baca buku indo kecuali pake acara jailbreak. sementara ini sih berpuas diri dengan baca buku dari amazon aja. Pengen gramedia digital juga sih, tapi mungkin lain kali, lewat tablet aja biar sekalian 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haloo sesama pengguna e-reader. Betul kindle trmasuk terjangkau ya, cuma ya ada aja keterbatasannya. Gapapa yg penting menikmati proses membacanya hihi

      Delete
  3. Aku sudah agak lama tahu ttg e-reader tapi sama sekali blm pernah pakai, apalagi punya! Haha..parah deh..
    Thx sharingnya ya Lu..ntar kapan2 pengen nyoba juga ah..

    ReplyDelete
  4. Aku kok baru tahu ada produk ebook reader lho, sebenarnya masih jarang baca ebook karena kurang nyaman di hp ya, tapi kayaknya menarik nih pakai ebook reader

    ReplyDelete
  5. Banyak keunggulan e-reader Onyx ini ya, Mbak. Sepadan dengan harganya sih kalau menurutku. Sejak tahun 2016 aku suka banget baca buku terutama novel. Tapi pas tahun 2017-2020 lebih suka baca ebook di iPusnas dan iJakarta karena gratis. Tapi kadang mataku lelah kalau baca ebook melulu pakai hape. Aku juga lebih suka buku-buku terbitan dalam negeri dan terbitan Gramedia.

    ReplyDelete
  6. Lumayan juga ya Lulu harganya tapi bacanya pasti lebih nyaman dibandingkan di layar HP, aku beberapa bulan ini suka baca di Ipusnas jadi lebih rajin baca buku hehe hanya ya memang hurufnya kecil ya

    ReplyDelete
  7. Terbukti pencinta buku nih Lulu sampai bela-belain inves beli Onyx gini.
    Aku mbokdiajakin ke komunitas buku, Lu. Pengin makin semangat ngreview buku nih. Buku sih banyak, tapi untuk menjadikannya review tuh yang butuh semangat membara.

    ReplyDelete
  8. Sempet liat2 juga di sosmed dan kayanya emang lebih enakan ya daripada baca di hape tapi aku skip dulu deh somehow belum bisa menikmati baca buku yg sesungguhnya meskipun udah mulai tergoda juga sih hahaha

    ReplyDelete
  9. Aku belum bisa menikmati baca e-book, padahal kalau nonton film ya lihat layar ya. Tapi memang membuka lembar demi lembar buku tuh gimana gitu. Meski lama2 rumah penuh juga. Nggak punya furniture, adanya buku, lama2 tamunya duduk di atas buku, wkwk.

    Keren ih Lulu sampai bela2in e-reader, kalau aku sepertinya pilih beli Tab aja deh, hihi.

    ReplyDelete
  10. Paling nyaman aku pake gramedia digital Luk. Semoga kesampean punya omyx kalau ada rejeki.

    ReplyDelete
  11. Aku udah lama kepo Kindle, cuma krn belum niat beli ya nggak pernah nyari info merek lain. Ternyata banyak juga ya 😁

    Pengen... Tapi sementara pakai HP dulu lah, wkwkwkk

    ReplyDelete
  12. Wah, Kak Lulu kita e-reader-nya sepupuan nih. Aku kebetulan punya yang Poke 2.

    ReplyDelete
  13. Auto merasa out of date banget membaca ulasan ini...Karena belom pernah melihat langsung gawai e-reader di atas.
    Semoga entah kapan, anak-anak ada yang mewajibkan gawai ini sebagai salah satu aktivitas digital rutin mereka. Trus, emaknya auto minjem dulu. Hihihi..

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!