Saturday, August 01, 2020

Belajar dari Jouska

Hei. Ini beneran belajar, ya. Sebelumnya aku harus menegaskan ini: aku selalu berusaha netral dalam menanggapi setiap isu yang beredar di media sosial. Aku menahan diri untuk ngga ikutan mengomentari atau justru menjelek-jelekkan salah satu pihak. This is purely my thought. 


Sangat disesali memang dengan kasus Jouska ini. Mengingat namanya yang sedang naik daun. Kayak pepatah: karena nila setitik rusak susu sebelanga. Berharap semoga kasusnya cepet kelar dan seluruh pihak mencapai kata sepakat.

Tau akun Jouska dari kak Ica @annisast. Waktu itu bahas tentang kepemilikan apartemen kalo ga salah. Pertama kali banget nih tertarik sama topik finansial. Maklum ya, fresh graduate baru punya gaji. Pasti berhati-hati dalam membelanjakan. Ga mau dong gaji numpang lewat?

Baca: Tips Mengatur Gaji Biar Kantong Nggak Jebol

Dari situ aku belajar:

Dana Darurat! Hal pertama yang diwanti-wanti kebanyakan financial planner. Sebelum menabung dan investasi. Aku yang ngga pernah diajarin keuangan sama sekali oleh orang tua langsung memutuskan. Berapa besaran dana darurat yang harus disisihkan per bulan. Alhamdulillah sampai sekarang rutin. Masih belum mencapai target. Semoga 10 bulan lagi tercapai. Biar bisa ke tujuan finansial lain ❤️

Investasi! Ini kan yang didengungkan juga setelah Dana Darurat terpenuhi? Meskipun Dana Darurat ku masih harus diisi, aku mulai investasi. Jouska ini selalu bilang lho jangan pelit sama diri sendiri. Investasi itu termasuk yang ada didalam kepala alias investasi ilmu.

Apakah berhasil? Iya. Aku jadi rajin ngikutin instagram live. Waktu itu jadwalnya Jouska adalah tiap jumat sore :) aku sempet beli tiket J-Talks juga! Lumayan pricey bagiku. Sayang ngga jadi ikut. Alasannya? Venue pilihan dia pindah di sebuah bar. 

As a hijabi aku merasa ngga cocok. Kayak menggadaikan iman, gitu. Kan ada hadisnya ya jangan mendekat minuman keras. Aku tau aku ngga minum. Tapi somehow kalo aku tetep kekeuh dateng merasa support usaha miras. Nauzubillah. Akhirnya refund, deh. Padahal udah kutunggu-tunggu tuh acara :))

Oh ya invest pertamaku berupa SBN! Katanya sih ini sekaligus membantu negara yekan. Ada kok pilihan yang syariah sesuai dengan dewan syariah MUI. Sampai sekarang masih kupegang. Alhamdulillah tiap bulan dapet kupon. Buat bayar biaya admin bulanan bank 🤣

Apalagi?

Strategi marketing! Nyadar ga sih Minjou ini mendongeng alias story tellingnya bagus banget? Each words they wrote left quite impression in my heart. Hahaha. Aku beberapa kali ngescreen shot kalimatnya. Sesuka itu!




Konten yang mereka sampaikan hampir selalu relevan. Meskipun kurang relate ya yang sering dishare keuangan kelas atas lol. Terlepas dari kritik banyak orang tentang fear mongering ya. I decide to take the good lesson instead.

Ngga berhenti sampe situ. Aku beli buku yang ditulis co-foundernya. Apakah aku beneran termehek-mehek oleh Jouska? 🤣 Jujur sih buat orang awam kaya aku ya membantu banget. Beda ya kata orang ahli sih itu ilmu basic. Kalo ngga kenal Jouska aku ngga ngerti sih apakah bisa sampe tahap ini literasi finansialku. 

Baca: Dimanakah Posisimu Saat Ini?

Makanya aku menyayangkan banget sih dengan adanya kasus ini. Beneran plot twist :( reputasi yang dibangun bertahun-tahun hancur seketika. Lha wong medsosnya aja udah deaktif semua.

Well, ini pelajaran juga sih buat kita. Integritas itu mahal. Sekali kepercayaan masyarakat hilang, wuss hilang sudah kita dari peredaran. Semogaaa selaku ingat ya jujur itu yang utama. Also don't be blinded by money. Because at the end of the day, all of our possession is nothing more than tools. To bring us whether to good or bad place later in another life.

No comments:

Post a comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES