Sunday, June 07, 2020

Tempat Belanja Buku Online - Part 2

Postingan ini merupakan lanjutan dari sebelumnya. Baca part 1 disini ya!

Tempat Belanja Buku Online - Part 2

JD.ID


Ada section buku sendiri dan interfacenya lumayan rapi. Enak untuk browsing. Beli waktu diskon buku fiksi. Aku borong bukunya Tere Liye, Inggrid Sonya dan beberapa novel lain. 

Ongkos kirimnya gratis! Nama tokonya: Books Corner. Pengiriman 3-5 hari. Ada juga yang tersedia langsung dari JD.ID. Artinya bukan toko personal gitu. Aku beli buku impor berbahasa Inggris disini pun tersedia. Kerjasama dengan periplus seingatku sih.

Gramedia di e-commerce


Selain ada website, Gramedia tersedia di e-commerce. Setauku shopee dan tokopedia. Di shopee sering banget ngadain diskon. Lumayan kalo kamu rajin buka tokonya kayak aku. Iya, mau dapetin barang harga miring kudu niat. 


Pertama aku beli waktu diskon 50% pake cepet-cepetan itu. Habis berapa ya? Sekitar 600ribuan. Worth it lho dapet 10 buku seingatku.

Tapi kudu siap deg-degan ya dengan barang yang dateng. Bukuku kurang! Sedih banget mana yang ngga dikirim itu niatnya mau dikasih sebagai kado. Huhu. Solusinya refund aja. Respon CSnya di shopee jelek. Cuma dibales operator formalitas gitu. Yaudah akhirnya refund doang. Untungnya cepet sih karena via e-commerce kan lebih tersistem. 

Trik belanja buku biar dapet harga murah: beli pas momen tertentu. Misal flash sale, promo 17an, promo Ramadhan. Manfaatin dah tuh semua promo! 

Trik selanjutnya: beli pre-order! Konsekuensinya ya kudu tau kapan penulis idamanmu berencana merilis bukunya. Aku dapet buku Tere Liye berjudul Selena dan Nebula seharga seratus ribu lebih dikit! Sekarang mana ada yang jual harga segitu 🤣 lumiyin banget nih. Buku sering dicari. Best seller pula. Hepi bener dah bisa dapetin. Seperti ada kebanggan tersendiri LOL

Oh ya jangan lupa isi Shopee Pay dulu sebelum beli. Biar ngga disikut yang lain. Langsung check out tanpa transfer. Kelamaan! 

Eurekabookhouse (shopee)


Cuma beli sekali aja ni Aroma Karsa-nya Dee Lestari. Harga tergolong standar. Ngga murah meskipun online. Ongkos kirim dapet potongan dari shopee. Pengiriman standar 3-5 hari. 


Preloved di twitter


Mau beli buku hemat? Ini bisa jadi solusi. Ngga cuma twitter. Instagram pun ada. Pengalamanku kebetulan dari twitter. Ada thread gitu. Cari aja dengan keyword "preloved buku" atau "buku bekas". Ada juga lewat akun literasibase.

Kamu bisa jual buku, tukeran, atau sekadar bagi-bagi aja buat ngosongin rak. Soal keamanan relatif ya. Kan tergantung masing-masing. Alhamdulillah aku beruntung dapet seller amanah. Beli 3 buku, beneran dikirim.

Tips beli buku preloved ya tentu saja harus teliti dengan kondisi bukunya. Masih segel? Ada coretan? Pernah ketumpahan? Menguning? Tanya aja dulu bisa lewat reply/komen. Baru setelah dirasa cocok lanjut deh ke DM.

***

Di instagram ada akun fatchickenbooks untuk buku impor preloved. Dari fotonya sih keliatan niat. Testimoni pun oke. Cuma ya itu, belum nyoba dan belum berminat.  

Oh ya, terakhir! Beli di Google Play Book. Awal WFH kemarin banyak banget bagi bagi buku gratis! Seriesnya Risa Saraswati, Syahid Muhammad, J.S Khairen. Penerbit mizan. Dan kesemuanya belum aku baca :") 

Play Book sering kasih voucher juga. Misal voucher Rp 25.000 dengan minimal pembelian Rp 50.000. Lumayan sis. Bayarnya? Ga usah takut ngga punya kartu kredit. Super gampang mau beli voucher google play (tersedia di minimarket dan e-commerce), pulsa, ataupun gopay. 

Intinya tuh dapetin buku harga miring jaman now gampanggg banget! Tergantung kamunya aja niat atau engga. Atau emang udah sultan jadi ngga perlu nunggu diskon buat beli buku. Yha sultan mah bebas. 

Setiap orang punya preferensi sendiri yekan. Terpenting itu beli buku ORIGINAL. Sebisa mungkin JANGAN BAJAKAN. Apalagi bentuk PDF yang diedarkan lewat Whatsapp. Waduh, sedih. 

Nulis postingan blog ini aja modal kuota internet. Apalagi nulis buku. Modal riset biar isinya oke. Ada desainer layout, cover, editor. Perlu kertas buat cetaknya.  Yok hargai para penulis. Belum bisa beli? Ada pilihan pinjam di perpustakaan. Ya, kan? 

***

Nah itu dia tempat belanja buku online. Semoga membantu ya. Kalo kamu mau nambahin atau berbagi pengalaman boleh komen dibawah. Siapa tau ada pembaca yang terbantu. See ya! 

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!