Monday, June 01, 2020

Tempat Belanja Buku Online - Part 1

"Kak, beli buku online dimana sih?" 

Tempat Belanja Buku Online - Part 1

Gara-gara sering posting jajan buku ada follower nanya. Sesering itukah aku jajan buku? Ngaku sih iya. Perilaku ini didorong karena balas dendam, mungkin. Dulu waktu usia anak-kuliah jarang bisa beli buku yang dipengenin. 


Terbatas banget dengan keuangan saat itu. Lebih sering pinjem perpustakaan, temen, atau iPusnas dan iJakarta. Dua aplikasi terakhir sempet favorit banget. Teman tidur, teman gabut, teman di kala sedih.


Secara offline biasanya beli di Gramedia. Ngga terlalu sering pun. Di pikiranku udah terpupuk Gramedia itu mahal. Beli online jauh lebih murah. Subsidi ongkir pun banyak.

Nah, dimana sih beli buku secara online dan dijamin original? Aku jembrengin beberapa yang UDAH PERNAH AKU COBA sendiri. Tentu masih banyak lainnya. Kebetulan disini hanya menuliskan berdasarkan user experience. Sehingga kamu ada gambaran ketika membeli. 

Gramedia.com


Katanya di Gramedia mahal? Hahaha. Iya. Beli disini baru 2x. Pertama gagal karena bukunya ditunggu ngga ada. Kedua beli buku promo 50% lumayan banget. 

Pengalaman karena beli buku diskonan, waktunya lebih lama. Udah ada disclaimer di websitenya. Jadi ngga terlalu waswas. Biasakan baca detail pengemasan-pengiriman ya. Penting agar kamu bisa memperhitungkan kapan seharusnya paket datang. Dan kapan harus follow up. 

Refund di Gramedia.com gimana? Lumayan gampang kok. Hanya isi form refund, masukin rekening tujuan. Udah, ditunggu. Dikembalikan penuh sesuai yang dibayarkan. 

Aku belum pernah beli buku baru rilis disini. Masih terhitung mahal jika dibandingkan toko lain.  

Pengiriman buku bisa ke alamat langsung atau ke toko Gramedia terdekat. Terakhir beli di masa pandemi gini kurirnya KGX. Dan di buku tertulis paket sudah disterilisasi. Packaging kardus coklat dan dilakban berlabel Gramedia. Nggak pake bubble wrap.

Pengiriman dari: Jakarta
Ongkos kirim: Standar kurir (kecuali dapet voucher diskon ongkir)
Pembayaran: tersedia transfer Bank Mandiri, Bank Permata, BNI, BRI, BCA. E-wallet bisa Gopay dan DANA. 

Grobmart.com


Tersering beli disini. Udah pernah direview juga ya pengalamannya. Grobmart harganya dibawah Gramedia. Standar harga online tapi. Nah dia sering promo dan pre-order. Terutama novel. Keuntungannya dapet potongan harga dan gimmick tertentu. 


CS-nya respon cepet baik di instagram maupun email. Ongkos kirim dihitung per buku Rp 3.000 untuk pulau Jawa. Kalau belanja diatas Rp 250.000 bisa menggunakan voucher WeShip2U untuk dapet potongan ongkir. Oh ya belakangan ngecek ada handling fee sebesar Rp 2.000 per transaksi.

Tips belanja di Grobmart kamu harus liat asal bukunya. Apakah Gudang Penerbit? Atau Stock Tersedia? 

Karena kalo posisi di Gudang Penerbit pasti masa pengemasan lebih lama. Gampangnya pihak Grobmart kudu nyari dulu ke penerbit. Ini terjadi di orderku 2x terakhir. Itupun ada buku yang kosong. Akhirnya refund deh. Yang dikembalikan harga bukunya aja tanpa ongkir. Sisa buku yang ada tetep dikirimkan. Lagi-lagi aku belinya diskonan jadi pengiriman lebih lama dari beli buku harga normal. 

Pengiriman dari: Jakarta (kalo ga salah lupa wkwk)
Ongkos kirim: Rp 3.000 pulau Jawa, Bali dan Sumatera Utara. 
Pembayaran: tersedia transfer Bank Mandiri dan BCA. E-wallet bisa Gopay. Ada virtual account BCA. Nggak punya rekening? Bisa lewat Indomaret/Alfamart atau Cash on Delivery. 
Ekspedisi: Ninja Xpress

Tukugan.com


Cuma pernah beli sekali. Selanjutnya ngga pernah. Entahlah apa kurang menarik? 


Ongkos kirim: Standar ekspedisi JNE 
Pembayaran: transfer bank BCA
Ekspedisi: JNE

Barusan ngecek websitenya lagi tersedia di e-commerce Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Mending pilih e-commerce sih karena sudah tersistem rapi.

Periplus.com


Cari buku impor berbahasa Inggris? Disini tempatnya. Koleksi lumayan untuk buku terbaru. Aku belinya lagi-lagi diskon. Teteup. Experiencenya nothing special. 

Ongkos kirim: Standar ekspedisi 
Pembayaran: transfer bank banyak! Lihat sendiri di websitenya ya hahaha malas sungguh.
Ekspedisi: Tiki, SAP, Wahana, RPX, Gosend

Tokoserambi.com


Cari buku keislaman? Disini tempatnya. Bukan buku keislaman yang ditulis dengan bahasa populer, ya. Lebih ke buku anak pengajian, gitu. Entah buku aqidah, fikih, dsb. Harga standar buku offline juga. 

Aku beli 2x disini bukunya mbak Dewi Nur Aisyah. Pertama untuk diri sendiri. Kedua untuk giveaway. Keduanya beli harga diskon. 


Pembayaran transfer bank. Seingatku pake BCA. Ongkir standar JNE. Pengiriman 3-5 hari kerja. Ya, standar aja pengalamannya. 

***

Itu tadi untuk belanja di website langsung ya. Masih banyak tempat lain. Kayak mizanbookstore, togamas, solusibuku, gerobakbuku dsb. Sayang, belum nyoba. Ngga bisa kasih cerita pengalamannya. 

Selain itu, ada juga toko buku online di e-commerce kayak tokopedia, shopee, JD.ID. Seringnya sih di shopee. Tentu sajaa karena gratis ongkirnya itu. 

Oke selanjutnya ini versi beli di e-commerce. Berlanjut ke postingan ini, ya! 

No comments:

Post a comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

COPYRIGHT © 2020 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES