Monday, March 09, 2020

K-Drama Review: Crash Landing on You

Nan hangsang i jari eyoo ~ hayo siapakah yang auto nyanyi baca ini? Apa cuma aku aja? LOL. Yes aku akan menulis review drama lagi! Hits pula. Aduh seneng rasanya. Aku kan anaknya FOMO.

www.soompi.com

Pertama tahu ini dari instagram. Udah mengira ini bakalan bucin. Ingin sekali aku menghindarinya. Ditambah sinopsisnya tuh bercerita tentang hubungan percintaan Korsel-Korut. Waduh, alamat nggak happy ending nih! Bakal menguras air mata nih! Iyalah liat aja tuh Doctor Stranger-nya Lee Jong Suk. Kezel. Patah hati aku melihat Lee Jong Suk :"

Tapi ya karena ((dedek)) butuh hiburan why don't I give it a try? Pemeran utamanya adalah Hyun Bin. Yang nggak tau Hyun Bin ga usah ngaku-ngaku fans drakor *jahat*. Eh beneran ya Hyun Bin tuh masuk ke daftar top aktor Korea.

Beberapa dramanya yang pernah kutonton: Secret Garden. Ini lama buanget. Lucu. Hyde and Jekyll. Aku ga terlalu suka. Waktu tayang sama Kill Me Heal Me aku lebih memilih Jisung Oppa. Terakhir pasti kalian masih inget Memories of Alhambra. Lawan Mainnya Park Shin Hye. Well, I do watch it. But I didn't get to finish. Bosen sama ceritanya. Aktingnya sih ya bagus-bagus aja.

Baca: Review Kill Me Heal Me

Ok let's start the review itself.

Cerita dimulai dari Yoon Se Ri (diperankan Son Ye Jin). Seri adalah anak chaebol. Konglomerat Korea. Bisnisnya banyak. Tajir melintir. Sayangnya, Seri anak kesepian yang menjadi outcast di keluarganya. Nggak heran akhirnya dia banyak bikin skandal dengan aktor maupun idol.

Ri-Ri couple

Suatu hari, Seri ingin meluncurkan produk fashion terbarunya dia, yaitu baju olahraga. Spesial untuk paralayang. Tentunya sebelum dilaunching ngadain uji coba pemakaiannya dulu dong. Seri bersikukuh untuk nyobain sendiri. Artinya dia harus paralayang. Kebayang nggak, perempuan cantik mau olahraga ekstrim kayak gitu? Nah, itu poin yang ditunjukkan di drama.

Awalnya semua baik-baik aja. Untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Cuaca memburuk. Ada angin tornado yang pusarannya besar. Dan membuat dia crash landing di.....Korea Utara. Yup, you read it right. Korut. Sebuah negara tetangga yang justru musuh besarnya Korsel.

Posisi landingnya Seri nggak di tanah. Melainkan di atas pohon. Menggantung. Di tengah ketidakberdayaan (halah) dia nyobain HT buat menghubungi stafnya. Nggak nyambung. Apa boleh buat, modal suara deh dia teriak-teriak minta tolong.

Nah teriakannya ini didengar oleh Ri Jeong Hyeok (diperankan Hyun Bin). Tentara Korut berpangkat kapten yang lagi patroli. Setelah tahu Seri dari Korsel, Kapten Ri berniat mengembalikan Seri. Upaya pertamanya dilakukan sebelum 4 anak buahnya tau. Sayang nggak membuahkan hasil.

Miss komunikasi antara keduanya justru membuat Seri semakin mendekat ke perkampungan Korut. Untungnya pada saat yang sama ketemu Kapten Ri. Akhirnya Seri ((bersembunyi)) di rumah Kapten Ri.

Disinilah ceritanya mulai seru. Mereka berdua mencari cara biar Seri balik ke Korsel.

Pertama: pake paralayang lagi. Siapa tau bisa nyampe Korsel. Gagal.
Kedua: diselundupkan lewat kapal gede di laut. Fyi ini beneran kejadian loh sama warga Korut yang membelot. Liat aja video wawancaranya Asian Boss. Mereka cerita gitu beneran. Cara ini gagal.
Ketiga: Seri dikasih identitas palsu. Pura-puranya sebagai atlet kompetisi internasional. On the way to airport dia diserang. Akhirnya gagal.

Lalu siapakah antagonisnya di sini? Cho Cheol Gang. Pegawai pemerintahan (bukan militer ya berarti hmm entahlah). Namanya State Department gitu. Cheol Gang ini emang dasarnya evil sih. Dia rakus dan iri dengki sama keluarga Kapten Ri. Oh iya, ayahnya Kapten Ri ini jabatannya dibawah General. Senangkep saya sih General itu berarti Kim Jong Un. Lalu ada 2 Direktur. Direktur militer dan direktur state department (?). Nah ayah Kapten Ri yang direktur militer.

Cho Cheol Gang menyadap Kapten Ri. Makanya dia tau kalo Kapten Ri menyembunyikan warga Korsel, yaitu Yoon Se Ri.

Begitulah. Ceritanya antara percintaan Yoon Se Ri - Kapten Ri - dendam Cho Cheol Gang - kelucuan empat anak buah Kapten Ri.

***

Yang membuatku ngga bosen sama drama ini adalah kroco-kroconya Kapten Ri. Seriously mereka lucunya kebangetan. Good looking pula hehehe.

Menghibur banget setiap 5 orang ini berada dalam 1 scene
Anak buah 1: Pyo Chi Su. Paling tua, over confident diantara berempat. Awalnya paling nggak suka juga sama Seri. Suka nyindir gitu deh. Padahal di dalam hatinya ikutan bersimpati dan lama-lama sayang juga sama Seri.

Anak buah 2: Kim Ju Mok. Tergemasshhh! Ju Mok penggemar berat drama korea. Bahkan waktu tugas jaga dia justru nonton drakor. Cita-citanya pengen ketemu Choi Ji Woo. Terfasih dengan slang bahasa Korsel. Iya, meskipun sama-sama Korea tuh ada gap-nya. Ngerti kan Korut komunis dan Korsel sebebas apa? Ju Mok menjadi ((penerjemah)) istilah Korsel saat temen-temennya ga paham.

Anak buah 3: Geum Eun Dong. Ini paling kyoti alias imut hahaha. Polos banget sih ceritanya. Tipikal anak kampung yang amazed dengan banyak hal.

Anak buah 4: Park Kwang Beom. Tentara dengan muka seganteng idol Korsel lol.

Bagian serunya lagi ketika Se-Ri berhasil ke Korsel, Cho Cheol Gang juga menyusup. Dia pengen membawa Se-Ri kembali sebagai alat bukti kalau Kapten Ri udah menyembunyikan warga Korsel. Hukumannya mati kalo ketahuan. Kapten Ri tau rencana Cho Cheol Gang. Akhirnya ikutan juga nyusup ke Korsel.

Nggak di Korut nggak di Korsel tetep ada tembak-tembakan hufty. Serunya waktu keempat anak buah Kapten Ri di Seoul. Mereka ketemu Kim Soo Hyun sebagai cameo! Kim Soo Hyun ngasih masukan aja gimana cara bertahan hidup di Seoul. Kyoeptaa!

***

Menurutku kenapa drama ini menarik adalah banyak hal-hal...menarik *lah gimana. Ada gap sosial antara Korut-Korsel, gimana sistem pemerintahan Korut. Ngga ngerti sih berapa persen dengan kondisi realitas. Tapi keliatannya dibuat semirip mungkin. Pernah baca testimoni warga Korea (yang defector) adalah 60%-nya. Lumayan bangeet kan!

Di Korut tuh berasa desa bapak ibu kita jaman dulu (kita banget nih?)

Yang masih pake kayu bakar buat masak. Nyimpen bahan makanan di traditional storage. Nyimpen daging di tumpukan garam karena belum ada kulkas. Listrik seadanya. Nyalain lampu teplok setiap malam. Harga barang masih murah banget. Nyuci baju bareng sama tetangga. Ini penggambaran desa Korut dimana Kapten Ri tinggal.

Geng emak-emak Korut
Meskipun begitu digambarkan juga gap dengan Pyongyang. Ibu Kota Korut. Disana udah ada mall bagus, hotel yang ternyata.....kudu hati-hati. Selalu ada alat penyadap dimanapun, sis!

Kalo ngomong harus hati-hati banget. Nyanyi penghormatan buat pemimpinnya. Ah ya, logat Korutnya tuh dapet banget sih. Kerasa beda sama di drakor pada umumnya. Tiap orang manggil yang lain ngga pake nama, harus pake Comrade/Dongmu di belakangnya. Kehidupan per-kasta-an juga masih dijunjung tinggi.

Terakhir, second lead. Tidaklah berbumbu drama korea tanpa second lead lol. Disini second leadnya yang sebelah Hyun Bin. Tunangannya. Sebelah Son Ye Jin, itu pernah ((naksir)) Yoon Seri. Ternyata mereka dikasih kisah cinta sendiri uwu walaupun tidak happy ending buat mereka :"

***

Bagian kentangnya cuma Yoon Seri dan Kapten Ri yang tetep bisa bertahan hidup sih setelah beberapa kali melewati masa kritis. Tipikal drakor lah ya. Lalu ada terlalu banyak "kebetulan" antara Yoon Seri dan Kapten Ri di masa lampau.

Overall sih aku menikmati drama ini. Apalagi disuguhi sama pemandangan Swiss yang kalian harus tau super duper bagussss banget! Sangat memanjakan mata. Well, untuk kalian pecinta perbucinan direkomendasikan nonton! :))

21 comments:

  1. Ini toh, drama Korea yang jadi perbincangan jutaan umat manusia di dunia. Hihi. Mesti diakui Drakor memang ceritanya bisa unik dan seru-seru.

    ReplyDelete
  2. Aku juga barusan selesai nonton CLOY ini. Aku penasaran kenapa semua orang kok nonton CLOY. Aku suka episode pertamanya, eh terus keterusan deh sampe habis. Seru dan latar tempatnya bagus banget.

    ReplyDelete
  3. Aku nggak ngikutin atau nonton drakor, tapi kok tertarik sih kalo baca review nya ada kisah ibuk-ibuk bergsosip. Korut di bagian pedesaan masih asri kalo lihat di foto yang beredar di dunia maya

    ReplyDelete
  4. Jadi...happy ending kan ya? Hihi..aku males nonton klo sad ending. Ok deh ntar mo cari2 dulu.. Thx review nya ya..

    ReplyDelete
  5. Temen2ku sesama emak lg suka bicarain ini terutama ttg si ganteng Hyun bin..lg hits jg filmnya

    ReplyDelete
  6. Kan Lulu, aku jadi tergoda nonton CLOY niih, kasih link donlotnya dong...ngga boleh cuma bikin bucin aja iniih

    ReplyDelete
  7. Aku dulu pernah bener-bener menghindari film korea yang bikin nangis kalau ngelibatin perasaan, filmnya fiksi tapi sakit hatinya nyata 😭
    tapi setelah baca review ini kok jadi penasaran pengen nonton yaa 😂😂

    ReplyDelete
  8. iya nih, di timeline pada ramai soal drakor ini, semoga kapan-kapan sempat nonton ya, emak-emak rempong butuh refreshing hahaha

    ReplyDelete
  9. Iya nih, dari kemarin ramai di timeline, sebenarnya kepo juga sih, tapi belum sempat, padahal emak rempong ini butuh refreshing hehehe

    ReplyDelete
  10. sy orang yg termask blm nontn CLONY smpe skrng pdahl nonnt drakor adalah hobbyku haha, bsa jd pilihan nnt ketika pengen nontn drakor genre romance

    ReplyDelete
  11. Rame banget di timeline si CLOY ni ya tapi karena aku ga doyan ngedrakor jd ya lewat aja tapi memang kalo aku baca2 reviewnya alur ceritanya drakor tu unik2 ya. Salut buat para penulia skenarionya bikin emak2 dan ciwi2 di semua penjuru dunia jd ketagihan

    ReplyDelete
  12. ini seru banget ya pada bahas film ini. ah Lulu nih bikin mupeng nonton kan jadinyaa

    ReplyDelete
  13. Suka banget terutama tokoh geng tentara, geng Mak rempong koreyah Utara, sayang pasangan satunya ngga happy ending, patah hatikuu

    ReplyDelete
  14. Mungkin di Korsel ada juga kalik Lu yg masih pedesaan pake teplok. Hanya saja untuk kepentingan film njuk Korut yang diposisikan gitu. :))

    Seru juga ya si Se Ri cantik ini malah jadi kayak berpetualang menyabung nyawa gitu. Bolak-balik mau dikembalikan ke Korsel kok gagal melulu.

    ReplyDelete
  15. Aku blm bisa mup on dr drama inii. Semua pemeran berkesan bagiku. Cuma endingnya agak kurang greget menurutku. Ga ada temen2 kapten bersama mereka sih xixixi.

    ReplyDelete
  16. aku tuh kalo baca review drakor suka ketawa sendiri gitu mbak.. unik asik.. tapi kalo nonton kok mandan pie ya hehhe

    ReplyDelete
  17. Aku baca reviewnya nggak bosenin mbak. Aku sempat liat 3-4 episode pertama. Tapi udah gitu bosen. Honestly kalau aku lebih suka dorama daripada drakor. Tapi reviewmu keren, mbak. Spoilerin ding, akhirnya mereka berdua jadi nggak?

    ReplyDelete
  18. Aku udah download belum tak tonton Luk wkwkwk
    ngelarin PR film korea dulu, aku udah bikin review banyak waakkaka
    Semangat ngedrakor, aku lagi ngabisin nonton blackdog

    ReplyDelete
  19. Udah lama gak nonton Drakor nih, habis baca review nya jiwa emak2 ku berontak..pengen nonton juga..heuheu..

    ReplyDelete
  20. AKU TU BELUM NONTOOONN

    T_T

    TRUS KAN JADI PENGEN NONTON KAN ������

    HAHAHA AKU NONTON DULU AJA DEH.

    ReplyDelete
  21. Dan entah kenapa aku belum kelar nonton CLOY. Selalu ngantuk di tengah film. Ya Allah Hyun Bin nya mendadak pindah ke mimpiku, wkwk. Sepertinya aku nggak rela dia sama Se Ri, biarlah hadir di mimpiku aja.

    Aku malah nyelesein Doctor Kim, dan kelar dalam 3 hari, wkwk. Udah nonton?

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES