Thursday, January 31, 2019

Monthly Reads - January

Hola. Ini adalah sebuah ((segmen)) terbaru di blog lulukhodijah.com. Lah udah berasa youtuber aja ya. Isi postingan ini adalah ulasan singkat buku yang saya baca selama sebulan. Mumpung di awal tahun nih, harus memulai hal baik khaaan.


Baca: 2018 Year in Review + 2019 Plans

Di tahun ini saya menargetkan membaca buku sebanyak 50 judul. Banyak? Hmm relatif. Tahun sebelumnya pernah menargetkan 100. Apa yang terjadi? Nggak konsen bacanya. Tahun ini fokusnya ke mendapatkan ((hikmah)) dari buku yang dibaca.

Oh ya, saya tipe yang baca beberapa buku sekaligus. Bosen? Ganti buku. Bosen? Ganti. Gitu terus sampe rak currently reading di Goodreads menumpuk. Saya juga nggak segan buat nyetop di tengah jalan saat ngga bisa lagi menikmati bukunya. Kenapa harus memaksakan diri yha kan.

Baca: 5 Langkah Mudah agar Gemar Membaca

Untuk bulan Januari, ada 5 buku yang berhasil saya selesaikan. 4 diantaranya novel dan 1 sisanya buku motivasi. Apa sajakah itu?

1| Agnes Jessica - Dongeng Sebelum Tidur (iPusnas)



Penggemar novel romantis sepertinya nggak asing dengan nama Agnes Jessica. Saya baca bukunya dari jaman SMP. Novel ini pun udah lama. Hanya dicetak ulang dengan sampul baru. Ceritanya tentang seorang gadis bernama Kiara. Dia yang udah punya kekasih tiba-tiba diminta orang tuanya untuk menikah dengan orang lain. Alasannya? Balas budi. Sebagai anak satu-satunya dia ngga bisa menolak.

Akhirnya menikahlah dia dengan Cadenza. Tapi Cadenza justru bersikap dingin dari awal pernikahan. Nah novel ini menceritakan gimana Kiara menjalani pernikahannya. Dan pertemuannya dengan Charles - kakak Cadenza - mengubah tujuan pernikahannya.

Hmm, ini ceritanya agak membosankan. Interaksi antara Kiara - Cadenza justru minim. Padahal tokoh utamanya kedua orang ini. Endingnya pun nggak menjawab pada akhirnya bagaimana perasaan mereka berdua sebagai orang yang menikah karena dijodohkan?

Rating: 3/5

2| Tere Liye - Ceros dan Batozar (iPusnas)



Apakah kamu ngikutin serial fantasi dari Tere Liye ini? Dimulai dari Bumi, Bulan, Bintang, Matahari, Komet. Loh, Ceros dan Batozarnya masuk mana? Nah. Novel ini merupakan spin-off. Kayak selingan tapi tuh mempengaruhi jalan cerita. Makanya buku ini bukan buku ke-5, buku ke 4,5. Serius. Tulisan di bukunya kaya gitu.

Baca: Review Bumi dan Review Bulan

Ceritanya bukan petualangan Raib, Seli, dan Ali di klan lain. Justru di bumi dan menyingkap ada rahasia apa. Ceros dan Batozar adalah tokoh diluar tokoh utama yang biasa muncul. Sepertinya peran keduanya ada di Komet Minor (buku lanjutan setelah Komet).

Inti ceritanya bagus. Masih tentang persahabatan. Sedangkan dari Batozar didapatkan pelajaran tentang keluarga. Hiks. Terharu bacanya, tauuu...

Rating: 5/5

3| Tere Liye - Komet (iPusnas)



Kesalahan saya adalah baca Komet dulu sebelum Ceros dan Batozar. Bikin agak nggak nyambung. But it's okay. Masih bisa diikuti. Setelah Raib, Seli dan Ali berhasil mencegah keruntuhan klan, masalah lain timbul. Siapa lagi kalau bukan si Tanpa Mahkota.

Kali ini petunjuk pencarian Komet masih abu-abu. Apakah Komet ini sebuah klan sebagaimana bumi, bulan, matahari, bintang? Atau justru "komet" yang dikenal di bumi?

Katanya dengan menemukan komet bisa mengabulkan permintaan apa aja. Dan pengejaran si Tanpa Mahkota oleh ketiga sahabat ini membawa mereka untuk mencari Komet. Pola ceritanya mirip banget dengan seri sebelumnya (Matahari dulu atau Bintang sih lupa. LOL).

Mereka harus menyusuri 7 pulau. Barulah di pulau terakhir menemukan clue baru. Iya, clue. Ngga langsung jawaban. Ending dari novel ini masih menggantung. Lanjutannya bisa dibaca di Komet Minor. Udah tersedia versi daring di Google Playbook.

Buat saya ini jalan cerita dan plot twist-nya ketebak. Serius, coba deh baca dan hubungkan satu sama lain. Langsung ketemu jawabannya tentang pencarian si Tanpa Mahkota ini. Atau karena saya kebanyakan baca novel, ya? Hahaha

Rating: 5/5

4| Almira Bastari - Resign! (iPusnas)



Cerita ini mengangkat topik tentang cungpret. Apaan tuh, cungpret? Kacung kampret slash budak korporat slash pegawai. Sesuai judulnya, sekumpulan pegawai di kantor konsultan membuat taruhan. Siapa yang terakhir resign harus mentraktir makan di restoran super mewah.

Demi menghindarinya, Alranita, Calro, Karenina dan Andre berlomba untuk menjadi yang pertama resign. Mereka diam-diam rajin mengirim CV ke perusahaan lain. Ternyata, Tigran si bos tau polah anak buahnya.

Dimarahi? Enggak. Dipanggil ke ruangan? Enggak. Disindir habis-habisan? YA. Hahaha. Tigran ini tipe bos ganteng ganteng galak dan sengak.

Lucu deh baca buku ini. Buat yang berprofesi sebagai pegawai pasti bisa relate. Mau resign kok belum dapet kerja yang baru? Mau resign tapi kok begitu ngelihat bonus gede yang keluar bikin hepi? Emang dasar cungpret ada aja tingkahnya.

Rating: 5/5

5| Dewi N Aisyah - Awe Inpiring Me (beli cetak)



Buku terakhir ini bukan novel. Melainkan sebuah buku motivasi karya mbak Dewi N Aisyah ((akrab)). Dia adalah mahasiswi lulusan Epidemiologi FKM UI yang melanjutkan studi S2 di London. S3-nya dimana lupa. London tjuy idaman sayaah! :')

Baca: 10 Akun Instagram yang Sering Dikepoin

Awe Inspiring Me maknanya menjadi seorang muslimah yang ketika dipandang orang lain menimbulkan kesan "Awe" alias "WAAAWW". Bukan sekadar kecantikannya secara fisik, melainkan kecerdasannya.

Fokus buku ini lebih ke bagaimana mengoptimalkan masa muda. Cocok dibaca mahasiswa baru. Karena mbak Dewi membeberkan bagaimana caranya aktif di 13 organisasi. Jangan menganga gitu, kata mbak Dewi bisa aja kok dilakukan.

Baca: Plus Minus Jadi Aktivis Kampus

Mbak Dewi nggak mewajibkan pembacanya mengikuti jejak dia. Cuma ya memotivasi ini loh muslimah itu harus produktif. Masa muda itu jangan disia-siakan. Buatlah planning sejelas mungkin. Jangan putus asa. Karena Allah akan selalu menjawab doa yang dipanjatkan.

Is it a good book? I can say yes. But...it's a little bit boring. Terutama buat yang udah sering baca buku sejenis ataupun ikut training motivasi. Mirip-mirip seperti itu lah. Value yang diberikan ke pembacanya yang bisa bikin saya bilang buku ini bagus.

Rating: 4/5

***

Dari kelima buku diatas, ada yang mau dibuatkan postingan sendiri untuk ulasan lengkap? Bisa banget colek saya :P btw kalo kepo juga buku apa aja yang saya baca cek di akun Goodreads ya. Happy reading, peeps!

10 comments:

  1. Wah itu buku barunya tere liye sudah ada di ipusnas? Keren banget. Resign juga kayaknya ngehits ya novelnya

    ReplyDelete
  2. Penasaran sama resign, udah pesen nih tinggal baca! Semkga bagus

    ReplyDelete
  3. Wuaa banyaakk.. 😍 aku cuma berhasil namatin 2 buku bulan ini, dua2nya juga di ipusnas..

    ReplyDelete
  4. Resign tuh jadi pingin baca. sepertinya menarik novelnya.

    ReplyDelete
  5. Aku bulan ini hanya baca buku satu. Jadi semangat menambah bacaan bulan depan nih heheheh

    ReplyDelete
  6. Wahhh ak juga suka banget baca buku, tapi buku bacaan ku itu tentang filsafat gitu wueheh

    ReplyDelete
  7. Resign nih yang lagi ditunggu2 buat dibaca, menunggu abang kurir hehe

    ReplyDelete
  8. Bulan Januari kemarin aku malah cuma baca buku satu aja yaitu di simpang jalan titi sanaria. Aku pun sudah baca novel Resign dan aku suka.

    ReplyDelete
  9. Mbak..bikin masing-masing, jangan rombongan, kuraaaang! kwkwk
    Bikin per minggu review satu buku gitu #satuminggusatubuku. Jadi aku baca ulasannya puas.
    Duh nomor 5 aku mupeng baca juga :D

    ReplyDelete
  10. Novel Resign! emang bener bener seru mbak, bacanya bikin geregetan tapi juga bikin ketawa-ketiwi, wkwk. Buku Awe Inspiring Me sepertinya harus masuk list untuk ku baca di tahun ini.. semoga dapat nih buku xD

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES