Tuesday, January 01, 2019

2018 Year in Review + 2019 Plans

Sebelum semuanya terlupakan, mari sejenak merenungkan apa yang udah dicapai di tahun 2018. Pertama dari rencana yang udah tertulis disini. Jelas saya ngga muluk-muluk. Dan ngga spesifik. Yang saya inginkan sehat lahir batin. Kecapai, nggak? Kirain bakal kecapai. Di akhir tahun udah wah seneng tuh rasanya. Eh ternyata masih dikasih ujian. Sebuah shock therapy yang cukup bikin nangis-nangis.


Ya sudahlah. Emang udah takdirnya begitu. Mari diterima saja. Selanjutnya: menyelesaikan kewajiban. Apalagi kalau bukan kuliah. Berhasilkah? ALHAMDULILLAH BERHASIL, BEB. Mari berikan tepuk tangan yang meriah. Target wisuda periode April, eh ketinggalan periode Agustus. Alhasil dapetnya periode November. Sedih? Awalnya. Pada akhirnya sadar diri dan justru bersyukur. Jeda antara sidang dan wisudanya bisa diisi dengan kegiataan bermanfaat :)

Baca: Cerita tentang Wisuda

Berhubung tahun 2018 itu terakhir kuliah, jadi lebih bijak dalam menghadapi ini itunya. Azek. Beberapa diantaranya:

Kehidupan per-KKN-an
Lika-liku mengejar gelar SKM
Paling nggak dilupa? Transformasi. Hahaha. Gini, tahun kemaren lagi meningkat banget ketertarikan akan skincare. Setelah diterapkan waw. Cukup membahagiakan. Biar pun kantong agak terkuras, kepuasan itu ada. Keliatan banget dari tekstur muka sampai tone agak mendingan.  

Baca: Skincare rutin untuk kulit berminyak dan berjerawat

Saya nggak berharap langsung cling se-kinclong IU atau Suzy. Yhaa ketinggian itu sih. Selama keliatan terawat dan percaya diri tanpa make up udah cukup. Yeay!

Dan, tak lupa juga menuliskan rencana di tahun 2019. Ada di postingan ini. Singkatnya saya pengen:

- Rutin ngeblog (sebut aja terus...lol)
- Lebih banyak jalan-jalan
- KERJA! (tolong diaminin ya gengs)
- Buka channel youtube

Tentunya masih ada rencana lain. Biarkan sisanya tertulis di jurnal saja tanpa diumbar. HEHE. Berharapnya bisa istiqomah ngisi jurnal. Biar gampang untuk tau catatan perkembangan (lah emang bayi) di setiap langkahnya. Uwuwuw...

Terakhir, ternyata drama korea yang saya tonton tahun ini juga berkurang! Yeayy harus seneng apa sedih? Yha seneng aja kan udah pernah nulis cara ngatasin kecanduan drama korea. Harus diterapin dong ngga hanya nulis aja. Banyak euy yang baca. Pada pengen tobat kek saya ya?

2018 BLOG REVIEW

Nah untuk yang ini, saya lupa gengs setahun ini ngapain aja di blog. Zzzz. Harap maklum karena ngeblog masih angot-angotan. Belum punya visi jelas mau dibawa kemana hubungan kita. Bahkan di awal tahun 2018 ya nggak nulis target ngeblog apapun. Target cuma ke skripsweet, blog jadi agak dipinggirkan.

Saya bukan tipe orang terencana sampe detail sekecil mungkin. Dalam ngeblog yah. Kebanyakan postingan blog yang ditulis adalah hasil ide saat itu juga. Ada bahan nulis, langsung tertuang di blog. Tanpa nulis di Word bahkan. Makanya saya nggak punya back up tulisan di blog. Semisal ada apa-apa dengan blog ini. Yhaaa wassalam.. Mungkin aku harus mem-back up dari sekarang? (nambahi kerjaan dadakan).

Selama ini fokus ngeblog saya nulis aja. Kemudian selesai kuliah, kembali lagi melirik blog. Mulai ikutan acara kopdar bloger Semarang. Disitu saya merasa butiran jasjus di pinggir gelas. Yang lain tuh udah ngerti blog diisi apa. Kedepannya mau ngapain. Ada yang resign dari kantor buat fokus ngeblog.

Niat awal mau jadi bloger "beneran" kebanting lagi. Serius nih mau ikut terjun totalitas kayak mereka? Sepertinya masih belum mau juga seserius itu. Masih mau nulis buat have fun. Masih mau nulis tanpa banyak aturan ini itu. Ya sudahlah. Tidak apa-apa. Semua orang punya pilihan masing-masing, kan?

Ikuti aja kata hati. Daripada cuma ikut-ikutan orang lain, justru ngga dapet ketenangan. Inner peace is number one. Lha percuma toh hidup tapi bawaannya ngga tenang? What's the point of living? Sek ini kok kemana-mana.

Yha meskipun kedengarannya nyantai aja ternyata di tahun ini saya justru melakukan pembelian impulsif. Beli apa emang? Template blog. Waw. Katanya mau nyantai aja ngeblognya. Template aja beli? Iya. Saya tetep pengen "rumah" kecil ini enak dipandang. Nyaman untuk dikunjungi. Tamunya betah berlama-lama. Hohoho. Maka keluarlah nominal harga domain setahun untuk merenovasinya. Puas? Alhamdulillah puas dibanding utak-atik sendiri. HEHE.

Lucunya, saya dapet timing pas banget. Pas lulus, nyari kerja (iya masih tetep semangat cari kerja kok). Eh dapet penghasilan dari blog. Yha lumayan bisa buat mecah rekening jadi dua. Yang satu buat biaya hidup (yaelah idup masih numpang di orang tua juga law) dan satunya buat dana darurat.

Ngga cuma dari blog sih. Dari media sosial sebagai buzzer yha bisa dibilang lumayan. Daripada lumanyun. Hehe. Gara-gara perkara nge-buzz ini belajar hati-hati juga menggunakan media sosial. Bukan berarti dulu ngga hati-hati. Sekarang lebih ditingkatkan lagi. Begituuh..

Setelah kuliah ini meneguhkan ngga minta uang buat kebutuhan pribadi sih. Kebutuhan pribadi seperti: beli skincare dan acara belanja lainnya. Beli bensin (AHAHA). Pokoknya selain makan dan apapun yang udah tersedia dirumah, saya ngga minta lagi. Masih dikasih uang jajan sih kadang. Kasian kali sama saya yang ((keliatannya)) nganggur.

Ngomong-ngomong, ternyata masih banyak yang ngga tau bloger itu apa.

Dapet uang darimana? Lah emang ngeblog itu "kerja" ya? Kadang kalo lagi mood baik, akan dengan senang hati saya jawab panjang x lebar x tinggi. Kalo lagi males senyumin aja.

Terakhir, namanya blog ngga jauh-jauh dari traffic yah. Tahun ini gimana?


Dri angkanya keliatan tinggi taun ini ya. Padahal mulai pasang GA tahun 2017 itu pertengahan Maret beb. Harusnya bisa lebih meroket lagi kalo tahun ini mulainya Januari. Yha kaaan...

Masih belum punya pembaca setia, terbukti cuma 10%-an aja tuh returning visitor-nya. Harus dipikirkan ulang nih. Apa yang membuat ngga nyaman sehingga malas untuk setia? Hahaha.

Baiklah. Sekian ringkasan perjalanan di tahun 2018 dan beberapa rencana di tahun 2019. Semoga Allah mudahkan untuk #JadiLebihBaik. Amiin..

13 comments:

  1. MaasyaaAllaah~~~~ semoga makin bahagia nge blog nya ya kakak.

    Teteup menginspirasi. Kalau bisa datengin aku ke rumah sambil omelin masalah skin care heu, haha.

    Kapanpun wisudanya, selamat jadi sarjana lah. Semoga ilmunya bermanfaat. Ilmu apapun, termasuk nge blog ini. Siapa tahu kan bikin sosialisasi ke ibu-ibu tetangga gitu. Biar makin kaya hasil tulisan anak bangsa (apaandah wkww).

    ReplyDelete
  2. Semoga semakin bersemangat ngeblognya, bisa dapat kerja yang dicintai, dan selanjutnya... :)

    ReplyDelete
  3. Semoga tetap semangat ngeblog mba. sukses 2019

    ReplyDelete
  4. semoga lancar yaa buka chanel YT nya, aku juga tahun 2019 ingin lebih aktif di YT nih hehe

    ReplyDelete
  5. Semoga tercapai resolusinya Lulu, cepat dapat kerja ya aamiin!

    ReplyDelete
  6. Mbak Lulu...semoga makin semangat ngeblog di tahun 2019. Salam Kukuruyuk

    ReplyDelete
  7. Wuih semangatnya membaraaaa.
    Semoga di tahun 2019 makin semangat, terutama semangat nge-blog. Sukses ya Lulu

    ReplyDelete
  8. Semoga makin semangat ngeblognya, Lu. Dan didekatkan dengan jodoh ya. *eaa ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipertemukan dong. Kalo cuma didekatkan tp ga ketemu gmn? 😝

      Delete
  9. Asyikkk. Tahunm 2019 harus tercapai ke-4 Resolusinya itu ya mbak
    Lumayan fee dari ngeblog bisa tambahan biaya hidup untuk nyenengin diri sendiri dari kerja keras kita ya mbak, hheee
    Semoga terlaksana semuanya ya mbakk
    Semungudttt

    ReplyDelete
  10. Yeaaay, selamat udah wisuda.
    Semoga cepat dapat kerja yaaah dan tetap ngeblog dooong tuk wujudkan resolusinya hehehh.

    ReplyDelete
  11. Aihhh suka deh dengan semangat Lulu. Semoga semua resolusinya terwujud ya. Juga resolusi yang nggak ditulis di blog ini, ikut mengamankan pokoknya

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES