Thursday, November 15, 2018

Cerita Tentang Wisuda

How's life? Finally I graduated, everyone. Yes. Congraduation buat diri sendiri semoga ilmu yang didapet berkah. Masih ada utang ngumpulin skripsi nih ke pembimbing dan penguji ayo segera ditunaikan. Udah 2 mingguan ini menyandang gelar SKM. Cerita tipis-tipis yha seperti biasa.




How's your graduation day?

Ngga terlalu mengesankan. Hahaha. Sepertinya saya terlalu berekspektasi tinggi tentang wisuda. Padahal intinya ya, itu. "Wisuda itu kayak bagi rapot ya mba?" tanya si adek - kelas 4 SD. Dan kenyataannya emang iya kan.


Dimulai dari jauh-jauh hari. Gimana ya kadang kesel sendiri kenapa sih jadi cewek itu harus ribet. Wisuda aja ada standarnya. Apalagi kalau bukan kebaya + MUA (MakeUp Artist). Semuaa perempuan di sekitar saya fokus kesitu. Ya maklumlah fakultas kebanyakan mbak-mbak apalagi yang mau dibahas. Iri banget loh sama cowok yang yaAllah gampang banget cuy. Cuma butuh kemeja putih + celana bahan + pantofel (which is setelan standar yang hampir semua cowok punya). Make up? Ngapaaiiin ya kan. Pomade aja cukup. Mari kita bandingkan dengan keribetan perempuan.

Pertama, kebaya. Coret udah kebaya seragaman plus foto studio. My family is not the type. Kebayanya minjem. Dari atasan dan bawahan. Sepatu? Minjem mamak juga. Literally ngga ada yg beli baru. Sama sekali ga keluar uang. Hemat.

Kedua, make up. Saya udah ngga mungkin banget pake MUA. Why? My mom hated the word "make up" so much. Even me wearing lipstick got her eyes rolled. Sigh. Tapi kan saya ngga mungkin wisuda jadi ugly duckling sendiri huhuhu. Walhasil nekad beli alat lenong seadanya dan latihan sendiri. Bayangkan pemirsa, saya yang kuliah cuma bedakan + gincu tipis-tipis make make up sendiri. Hasilnya....ya pas-pasan lah.

Pas pagi di hari H apa komentar umi? "NGAPAIN KAYAK GITU PAKE TOPENG?" Huhuhu I got heartbroken, everyone. Disitu udah yang ngga pede dan mikir pengen cepet-cepet kelar aja deh *menahan tangis*

Dan ya bener dong seharian itu saya ngga ada feel bahagianya. Pokoknya I didn't think it got that worse. Sedih akutuu kalo inget. Bahkan foto-foto wisuda aja dikittt banget lho. Plus, saat yang lain rajin update story saya rajin ngebuzzer. Hahaha #Lyfe. 


But still I'm grateful for having my mom beside me. Hari itu wisudanya dua kali. Pagi universitas dan siangnya fakultas. Jadi ya emang seharian dan bikin capek. Apalagi my mom is a working mom. Cuti sehari is quite a big deal for her. Makasih ya umi, I'm sorry I couldn't say it in person. 

So what's your activities now? 

Hmm apa ya. Saya jelasin deh. Saya daftar CASN (CPNS, maksudnya) kawan-kawan sekalian. Karena kata umi, "Ada kesempatan dicoba aja!". Bhaiq saya ikutin. Udah ikut tes, tanggal 3 November. Itupun ceritanya lumayan drama. Jadi begini...

Taulah ya pengumuman jadwal seleksi tiap instansi beda. Saya dapet info nih tanggal 8 dilaksanainnya, oke bhaiq udah tercatat. Kemudian tanggal 2 ada temen ngechat. 

"Kamu udh bikin surat lamaran?" 
"Belum" 
"Mantap. Mau bikin kapan?" 
"Nanti aja kalo udah deket tanggal tes. Tanggal 8 kan?" 
"Tesnya besok...." 

Tuh luar biasa banget kan baru tau sehari sebelum tes. Beri applause buat saya 👏 

Allah memang Maha Baik. Lewat temen saya itu, kesempatan masih diberikan. Saya berhasil ikut seleksi, dengan aman sentosa. Lolos seleksinya? Belum tau gaes. Lolos passing grade sih, iya. 

Ngeliat temen-temen pada rajin daftar kerja ya saya ikutan terpacu dong. Peer pressured is real. Hahaha. Maka yang saya lakukan: nyari, nyari dan nyari. Eh ada lowongan. Jadi content writer di website kesehatan. Cocok banget kan? Kapan lagi coba ada job yang menyatukan passion dan ilmu yang didapat selama kuliah? 


Berhubung saya anak baik-baik ya ijin dululah ke umi. Apa kata beliau? "NGGAK USAH!" jeng jeng jeng. Another storm comes to hit me. Intinya kata umi nunggu dulu hasil CPNS itu. Ngga boleh daftar dobel. I upset sooooooooooo much believe me 🙃 Idk man what will I do ahead. Pengen cepet-cepet keluar dr rumah bcs.... I just want to. I want to grow up. I want to know myself more. I want to find out who I really am. Mungkin umi tahu, di akhir ceramahnya ditambahkan sedikit ancaman untuk tidak mendaftar. So I let the chance goes by like that. 

You know I have a difficulty in accepting reality. Hahaha. Semenjak itu cuma bisa menyabar nyabarkan diri. Terima aja. Ridho Allah ada di ridho org tua, kan? It's my mantra. I don't know tho if it really works. 

So? 

Ya aktivitas dirumah adalah: tidur-makan-nonton-ngejob (kalo ada, Alhamdulillah ada terus semoga kedepannya ada) - update status - repeat. My body start to itch for staying at home too long. 

2 comments

  1. Haaaaai mbanyah.
    Selamat ya udah wis..udah. Wes udah kelar kuliah.
    Alhamdulillah.

    Yang penting tetep berkegiatan ya mbaknyah sambil nunggu hasil tes biar pikiran positif. Anggap aja ridho orang tua itu ridho Allah *sokbijak kekeke

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!