Thursday, December 20, 2018

Review Herborist Tea Tree Facial Foam

Hai gaes. Siapa yang punya tipe kulit wajah berminyak dan mudah berjerawat? Sini merapat. Kita senasib *pukpuk*. Punya kulit jenis apapun sebenarnya kita harus tetap merawat dengan baik sih, ya. Aku pemilik kulit berminyak ini nggak bisa ngelewatin rangkaian rutin skincare. Sekali aja ngelewatin, wah muka udah jadi kilang minyak. Apalagi nih Semarang lagi panas-panasnya. Keringat bercucuran ditambah produksi minyak berlebih bikin gampang banget keluar jerawat.

Seperti yang udah pernah aku bilang, urutan yang benar untuk merawat muka adalah CTMP. Cleansing (membersihkan wajah), Toning (menghidrasi), Moisturizing (melembabkan), serta Protecting (melindungi). Tahap cleansing sendiri dilakukan dua kali. Terutama buat kalian gaes perempuan yang suka pake make up. Hukumnya wajib!

Baca: Skincare Rutin Kulit Berminyak dan Berjerawat

Makanya muncullah istilah first cleanser dan second cleanser. Pembersih pertama untuk mengangkat make up dan sunscreen. Pembersih kedua untuk membersihkan dan mengangkat lagi sisa-sisa yang tertinggal.

Sebenarnya aku nggak terlalu pemilih dalam hal second cleanser. Bentuknya sabun cuci muka alias facial wash. Asalkan muka kerasa ringan dan bersih aja udah cukup. Dulu aku merasa pake facial wash apapun nggak ngefek. Tetep jerawat muncul. Hahaha.

Padahal di dalam facial wash itu ada loh komposisi bahan tertentu yang bisa mencegah jerawat datang. Kok bisa? Iya. Salah satunya yaitu tea tree oil. Udah familiar? Belum?

Biar kalian semakin tau nih aku kasih penjelasan lengkapnya ya di dalam facial foam yang belakangan ini aku gunakan. Namanya Herborist Anti Acne Tea Tree Facial Foam. Brand Herborist ini adalah merk lokal Indonesia. Bahkan pabriknya ada di Semarang, tepatnya daerah Ngaliyan. Hihi, bangga jadi orang Semarang.


Oke, balik lagi ngomongin facial foam-nya. Di keterangan produk dia mengklaim “membantu membersihkan dan mengontrol minyak berlebih pada wajah”. Kenapa minyak perlu dikontrol? Karena produksi minyak berlebih bisa menimbulkan adanya bakteri P.acnes (penyebab jerawat) saat bercampur dengan polusi dan debu.


Selain itu produk ini juga mengklaim dapat membuat wajah tampak lebih cerah karena adanya brightening extract. Setelah beberapa hari pemakaian, ini yang bisa aku jelaskan.

Kandungan

Para skincare guru selalu menyarankan untuk membaca dengan teliti kandungan apa yang terdapat didalam produk. Selama ini aku salah banget. Selalu mengandalkan review dulu sebelum kandungannya. Jangan dicontoh ya, gaes. 


Lumayan panjang ya. Biar kalian nggak bingung, aku akan meng-highlight komposisi yang menurutku penting dan menarik untuk dibahas.

1| Melaleuca Alternifolia Leaf Extract

Ini dia nama lain dari tea tree yang dijadikan nama dari facial foam-nya. Tea tree udah naik daun dan viral loh gaes. Dia itu bisa melawan bakteri, jamur, dan infeksi pada kulit. Ingat kan tadi penyebab jerawat yang namanya P.acnes? Nah si tea tree ini sebagai anti acne membantu buat melawan P.acnes biar nggak datang. 

2| Glycyrrhiza Glabra Root Extract

Duh, namanya panjang banget ya? Susah pula dilafalin di lidah Indonesia. Dikenal juga dengan sebutan akar manis. Di beberapa produk dituliskan juga sebagai Licorice/Liquorice. Fungsinya kurang lebih sama dengan tea tree, yaitu anti bakteri dan antioksidan.

3| Citrus Aurantium Dulcis Fruit Extract

Apalagi nih? :p Ini adalah ekstrak JERUK! Iya, jeruk. Loh, buat apa? Nah ini dia yang memegang peran sebagai brightening-nya. Karena dia mengandung vitamin C. Bisa sebagai antioksidan, juga melindungi kulit wajah dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV.

4| Olive oil

Minyak zaitun. Memberikan efek melembabkan pada kulit wajah.

Produk dan Kemasan

Produk ini dikemas dalam ukuran 80 gram. Biasanya facial wash produksi dalam negeri ukurannya aku perhatiin ada 2. Ukuran 60 gram dan 100 gram. Nah kalo Herborist ini masuknya medium karena berada di tengah-tengahnya. Lumayan ringkas sih menurutku. Dan dia bentuknya tube.


Buka tutupnya lumayan rapet jadi ngga meleber kemana-mana. Desainnya sendiri sederhana. Dengan warna hijau yang lembut keliatan seger. 

Kalo teksturnya kayak gimana?



Facial foam ini punya tekstur perpaduan gel dan cream. Jadi nggak terlalu lengket gitu. Warnanya mirip sama desain kemasannya. Hijau lembut. Aku biasa make sebelumnya muka dibasahi dulu. Kemudian sabunnya ditaruh di telapak tangan dan dikasih air sedikit. Akan muncul busa/foam nya berwarna putih. Nah foam itulah yang aku gunakan untuk mencuci wajah.

Oh ya, sabun ini punya aroma yang khas. Seperti perpaduan dari minyak zaitun dan (mungkin) tea tree-nya. Aku belum pernah membaui tea tree sih. Tapi kayaknya emang dari tea tree-nya *sotoy*. Cuma lebih kuat ke bau minyak zaitunnya. Aku nggak terlalu masalah sama aroma. Dia lebih ke calming aroma. Tapi balik lagi ke selera ya.

Setelah dibilas aku bisa merasakan efek kulit bersih dan ringan pada wajah. Dan klaim brightening-nya beneran ada sesaat setelah cuci muka. Walaupun sesaat, nggak papaaa kulit tampak cerah uhuy siapa yang nggak suka coba.

Aku pake produk ini udah sekitar 3 hari. Aku pake di PM routine alias malam hari. Alasannya simpel aja sih. Dia punya wangi yang calming. Jadi aku merasa memanjakan diri aja cuci muka pake ini :D selama aku pake Alhamdulillah nggak menimbulkan efek buruk. Padahal aku baru pertama kali ini lohhh pake skincare yang ada kandungan tea tree-nya. So I think it's okay for me to use this product.

Harga

Hayoo ini pasti yang kalian tunggu-tunggu kan? Berapa sih uang yang harus dikeluarin buat dapetin produk ini? Tenang gaes. Aku jamin nggak bakal menguras kantong. Asli dah. Sebagai penganut #SkincareOnBudget produk ini udah accepted *halah*. Nih, harganya cuma Rp 21.615. Tepuk tangannya mana?!?!?!? Murah banget yaAllah coba itung kalo dia bertahan sampe 4 bulan. Sebulan ngeluarin duit lima ribu doang coy. Lima ribuu :') Bahagia akutu.
Kalian bisa dapetin produk ini di supermarket terdekat ataupun secara online. Gampil benerrr. Nah para oily-acne prone skin, tunggu apalagi? ;)

17 comments:

  1. Belum pernah coba facial foam ini. Kayaknya aku pernah lihat facial foam ini waktu ke Omah Herborist.

    ReplyDelete
  2. Aku suka baunya Seger Dan enteng di muka. Yang pasti jerawatku jadi minggat. Kayanya sih bakal repurchase order nih.. habis suka sih.

    ReplyDelete
  3. aku memang pemakai produk herborist, tapi yang foam ini belum.Kapan2 coba ahhh, mumpung pabriknya deket. *apa hubungane? :D

    ReplyDelete
  4. Baru tahu herborist ngeluafin produk tea tree bisa direkomendasiin nih ke yang lain soalnya aku kulitnya kering :)

    ReplyDelete
  5. Daku sudah pernah berkunjung ke Herborist....produknya bagus bagus ya mbak

    ReplyDelete
  6. Waah murah. Pas lagi jerawatan pulak. Belum pernah si nyoba facial foam herborist, baru coba sabun cair ma lulur.

    ReplyDelete
  7. Bha... yang mengandung tea gini aku suka banget. KApan hari mau coba ah, kayaknya cocok buatku mbak.

    ReplyDelete
  8. Kilang minyak beneran sih enak dapat penghasilan. Tapi kalo minyak wajah mana ada yg mau beli.

    Btw, aku suka produk Herborist, harganya terjangkau. Seperti Anti acne tea tree ini bisa sampe 4 bulan pemakaian tuh murah banget lah

    ReplyDelete
  9. Wah kayaknya aromanya enak ya jadi penasaran ni Lu

    ReplyDelete
  10. Jadi inget sejak zaman kuliah suka banget cuci muka pakai teh basi yang udah kubuat semalam sebelumnya. Memang ada efek ke kulit jadi lebih cerah. Kalau sudah ada produk herborist ini gak repot lagi buat teh bas ya :D

    ReplyDelete
  11. Aku mau coba ini lupa melulu, nungguin yang baru habis ah mauuuu make ini suka sama reviewmu

    ReplyDelete
  12. Kita pakai produk yang sama, aku cocok banget sama produk ini:)

    Salam kenal ya. Aku follow blog kamu, jgn lupa follback ya.

    ReplyDelete
  13. Ya ampun, terjangkau banget yak.
    Herborist lagi membooming deh sekarang, kayaknya produknya banyak direview blogger sampai bikin mupeng.
    Mau deh cobain.
    Kayaknya di semua produknya ada olive oilnya ya :)

    ReplyDelete
  14. aku belum nyobain facial wash nya, jadi penasaran deh pengen cobain juga <3

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES