Wednesday, June 07, 2023

Berdikari Book: Kafe Sekaligus Toko Buku di Pinggir Jogja

Jogja mana suaranyaa? Masih dalam suasana lebaran di Jogja tentu nggak menyia-nyiakan waktu ke toko buku. Jogja ini salah satu daerah yang toko buku non ritelnya banyak lho. Asli. Aku udah nyimpen ada 5 tempat kali ya di maps-ku. Ini toko buku kedua yang aku kunjungi setelah Bawa Buku.

Berdikari Book: Kafe Sekaligus Toko Buku di Pinggir Jogja


Lokasinya lumayan jauh dari pusat kota. Aku pilih ini karena deket dengan hotel tempatku menginap di daerah Meguwo. Aku saranin lebih enak pakai kendaraan pribadi atau ojek online. Pemberhentian transportasi umum terdekat di Stasiun Maguwo. Letaknya cukup "mblusukan". Malah diseberang tokonya masih persawahan.

Berdikari Book
Berdikari, Sarirejo, RT 06/RW 47, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, 55282

Aku datang kesini di weekday menjelang Magrib. Sepi! Sesuai harapanku. Haha. Yaa gimana yaa jiwa introvert ini baru bisa menikmati baca buku waktu sepi aja.

Dari depan vibesnya mirip kayak C2O Library. Homey dengan vibes hijau tanaman. Ada area baca outdoor dan indoornya. Yang jadi penanda ada plang Berdikari Book didepan warna merah.


Area baca luarnya ada 2 bagian. Yang bikin unik tuh mejanya disini ada yang pijakannya dari mesin jahit. Lucu banget. Baru nyadar pas nyandarin kaki. Loh, kok gerak? Panik, panik :p ternyataaa...


Berdikari Book ini bisa dibilang 3 in 1. Pertama disediakan perpustakaan dan area baca yang cukup cozy. Koleksi bukunya diurutkan berdasarkan penerbit. Penerbit Indonesia sih dan keliatannya koleksinya semua berbahasa Indonesia (semoga tidak salah).




Penataannya menarik! Ada buku-buku yang digantung gitu langsung "WAAHHH". 



Ada juga mesin ketik di bagian ujung. Kurang tau masih bisa dipake ga, ga nyobain. Selain itu ada meja dan 2 bean bag berhadapan. Sayangnya bean bagnya kucel WKWK mon maap sebagai kaum-kaum clean freak kurang berkenan liatnya.


Puas liat-liat koleksinya, aku memutuskan pesen makan dulu. Menu yang tersedia sederhana aja. Kayak lemon tea, bitterballen, french fries. Awalnya aku pesen bitterballen. Eh masnya datang tergopoh-gopoh ngasih tahu udah habis. Yasudaah diganti french fries. Aku oke aja. Total makan minum sekitar 30ribuan. Murah bagi ukuran manusia yang udah tinggal di Jabodetabek :))

Betah banget disini sih. Selama kurang lebih sejam cuma ada 5 orang yang dateng. Ga pake acara berisik atau merokok pun luv. Berhubung (lagi-lagi) waktu terbatas, cuma bisa sekitar sejam aja. Berasa kurang hiks.

Sebagai penutup apalagi kalau bukan belanjaa! Koleksinya buanyaaak! Dari berbagai penerbit. Rapi. Bersih. Bukunya masih bersampul plastik. Ada rak best-seller untuk calon pembeli yang ngga ada tujuan spesifik ke aku.



Pembayaran bisa tunai dan non tunai. Aku pilih QRIS kebanggaan kita semua. Tiap pembelian dapet tote bag lucukkk.


Berdikari Book ini bisa dibilang cukup establish ya. Follower instagram udah ratusan ribu. Penjualannya termasuk di berbagai e-commerce. Top lah.

Yuk, kapan kita kesini?

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!