Saturday, July 01, 2023

Review Biro Umroh Fatimah Zahra Semarang

Alhamdulillah bisa umroh pertama kali dan terbilang lancar. Awalnya bingung mau cerita darimana saking berasa banyak yang kudu diceritakan. Mulai dari biro umroh aja deh. Terinspirasi postingan mba Rahmi ini.

Review Biro Umroh Fatimah Zahra Semarang

Pilih biro umroh tuh penting banget. Tentu kita masih inget kasus First Travel dan penipuan milyaran itu. Belum lagi, jasa biro umroh banyak yang kolaps di masa pandemi. Takutnya saat border kembali dibuka muncul oknum jahat. Ga mau kan ya udah keluar energi untuk ngurus umroh yang notabene ibadah eh malah zonk.

Paket yang aku ambil ini dibandingkan sama iklan biro umroh lain terbilang lumayan. Quad room yang sekamar berempat dipatok 36,9 juta + perlengkapan 1,9 juta untuk paket 9 hari. Nah ditotal aja itu berapa. 

Paket Umroh Fatimah Zahra 2023

Mau murah ya bisa aja, sering-sering pantengin instagramnya. Budeku dapet harga lebih murah padahal harinya lebih banyak. TAPI penerbangan pakai batik atau lion, bukan Garuda.

Lalu, penting untuk ngecek biaya yang kamu keluarkan dapetnya apa aja sih? Apa yang include dan apa aja yang exlude? Umumnya biaya paspor dan vaksin meningitis diluar biaya yang dibayarkan. Per tahun 2023 vaksin meningitis gak diwajibkan. Bisa lumayan hemat Rp 350.000.

Nah, kami sekeluarga berenam orang pakai Fatimah Zahra semua. Setauku sih ini biro umroh lumayan tenar, kantor utamanya di Semarang cukup keliatan meyakinkan. Kenapa pilih dari Semarang? Ya karena yang ngurusin ibu biar gampang aja. Udah ada beberapa testimoni temen beliau bilang lumayan oke.

Markicus kita bahas...

1. Transportasi

Titik keberangkatan bisa pilih di Semarang atau Jakarta. Kalau Jakarta, biaya pesawat Semarang-Jakarta dikeluarkan. Yang dari Semarang berangkat pakai Garuda atau Citilink ya lupa. Berangkatn pagi. Tujuan ke Soekarno Hatta, landing siang sekitaran waktu zuhur.

Kami yang dari Jakarta dijadwalkan untuk bisa sampai bandara jam 1 siang. Setor bagasi, ambil makan siang dan nunggu boarding. Boardingnya agak sorean, gitu? Haduh beneran mulai lupa. Jadi yang terbang dari Semarang agak capek hitungannya. Langsung terbang  tanpa nginep nginep dulu. Sisi baiknya? Hemat biaya. Kan ga ngeluarin biaya hotel. 

Pesawat kami pakai Garuda. Pertama kali seumur hidup naik garuda, LOL. Kelas ekonomi sih tapi ya lumayan. Nggak ada keluhan sama sekali. Toilet bersih. Pramugari ramah. Makanannya oke, makanan yang disajikan panas tetap panas. Ditawarin minum jus apa. Smooth ga ada problem selama perjalanan.

Oh ya, kami pikir karena sekeluarga bisa nih dapet tiket deketan. Ternyata enggak. Diantara kami berenam, adik dan ibuku sederet. Kakak-kakakku sederet. Aku nyempil sendiri dikeluarga orang. Udah diwanti-wanti dari awal sama tour leader kalo ga sederet sama keluarga gapapa yaaa buibu pakbapak. Okelah.

2. Penginapan

Ini best sih asli. Ternyata perbedaan harga tuh signifikan di penginapan dan transportasi. Travel umroh yang lebih murah biasanya ada jarak 300m sampe radius kilometer dari Masjid Nabawi dan Masjidil Harom. Temenku ada yang bilang tiap ke Masjidil Harom harus lewat pasar, ada lagi yang bilang kudu naik bus dari hotelnya. Waduh, agak PR ya bun.

Bandara Madinah

Pertama, kami landing di Madinah tengah malam. Ini direct yak Jakarta-Madinah kurang lebih 8 jam. Yah mirip-mirip vibes kereta Jakarta-Yogyakarta lah segitu. Sampe bandara antri imigrasi, masuk bus, langsung dikasih Albaik. Tapi udah dingin wkwk menghadeh. 

Suasana Hotel Pelataran Masjid Nabawi

Hotel di Madinah pakai Taiba Front. Literally pelataran masjid kayak gambar diatas. Turun lobby, keluar, jalan berapa langkah udah sampe masjid :")) dari ruang makannya pun bisa lihat pelataran Masjid Nabawi. 

Kekurangannya? Kamar hotelnya sempit untuk ukuran berempat. 

Hotel Taiba Front Madinah

Tiap orang kan bawa 2 koper, 1 kabin dan 1 bagasi. Begitu kami masuk dan buka koper, wah udah penuh banget tuh kamar. Sampe harus nutup koper dulu biar bisa lewat.

Zamzam Pullman Makkah

Untuk yang di Mekkah lebih baik. Ternyata hotelnya Pullman T_T namanya aja sih Pullman, kamarnya standar wkwk. Lebih luas sih daripada Taiba Front. Minimal bisa gerak sholat dikamar. Yang keliatan mewah tuh dari lobby-nya. Full aroma dari oud (kalo ga salah, kayak dupa pewangi ruangan gitu) dan dihias bunga segar, ornamen kaca di banyak sisi hingga terkesan elegan.

Suasana Hotel Pullman Zamzam Mekkah

Sayangnya kamarku pemandangannya hanya gedung, bukan langsung ka'bah. Hiks.

Pemandangan dari Kamar Pullman Makkah

Kamar mandi ada bathtub-nya. Amenities oke dan sesuai persyaratan umroh: tanpa pewangi. Gara-gara hotelnya Pullman aku dikasih tau sama jamaah dari Kalimantan, dengan biaya yang aku keluarin tuh tergolong murah. Sebagai amatir sih aku iya iya aja. Haha.

Kekurangannya cuma dikasih kunci 1. Alhasil kemana-mana harus bareng, sekali mencar kami langsung marah-marah HAHA. Udah coba untuk minta 1 lagi ga bisa. Mana pegawainya ga bisa bahasa Inggris dengan baik. Kupikir hotel internasional gitu pasti fasih. Ternyata yaa...terlalu berekspektasi.

Alhamdulillah Pullman ini juga langsung pelataran Masjid yah. Tinggal sabar aja naik turun hotel. Kami ada di lantai belasan. Meskipun lift banyak, orangnya juga banyak. Jadi tetep mengantre.

Persamaan kedua hotel ini? Entah kenapa wifinya lemot. Super lemot paling cuma bisa bales whatsapp doang.

3. Makanan

Baik di Mekkah maupun Madinah, makanannya oke semua. Ga ada masalah. Sangat berlimpah dan variasinya banyak. Paling dari segi ukuran lebih besar, misalnya telur. Menunya kayaknya udah disesuaikan dengan lidah Asia, mengingat saat kami umroh itu isi hotelnya sebagian besar wong Indonesia dan Malaysia.

Bahkan punya kecap dan sambel merk Indonesia loh. Ngga terlalu jetlag lah ya sama makanannya.


Gongnya adalah....ada sayur asem :))))) MasyaAllah Tabarakallah~


Personally, paling suka disediakan makanan khas seperti buah tin, buah zaitun. Btw rasanya buah tin a.k.a fig ini enak banget. Buah zaitun aku ga nyoba setelah melihat ibuku mengernyit pas nyicipin. LOL.

4. Muthowif dan Leader

Lumayan helpful. Yang jadi catatan disini sih mereka ga klaim umroh yang sesuai apa tuh yang ahlusunnah gitu. Ya umumnya umroh aja. Ada beberapa doa yang kata ibuku sih beda dari yang kami yakini. Hehe. Balik lagi itu ke pribadi masing-masing ya mau belajar atau enggak.

Ramah iya. Gercep iya. Selama perjalanan bisa menjelaskan dengan baik apa-apa yang kami kunjungi atau lihat. Dari cerita beliau emang udah sering bawa jamaah umroh, sampai private umroh juga. Mantulita.

5. Lain-lain

Apalagi yang belum ditulis diatas? Paket umroh ini termasuk tur Thaif. Keliatannya emang udah standar paket umroh dari biro travel Indonesia yah. Cuma nggak mampir cobain kereta gantung karena katanya kelamaan. Saat tour kami dikasih roti 7days legend itu + air minum.

Perlengkapan
Apa aja yang didapet? 1 koper bagasi 1 koper kabin dengan desain oke. Gak norak sama sekali. Malahan pas aku posting di instagram ada yang nanya beli dimana. Lalu 1 bahan gamis putih polos, 1 bahan gamis + hijab seragam warna coklat, 1 sling bag, 1 set mukena + tas dan sajadahnya, 1 hijab agak gede. Manasik ditempat dia, nyaman banget di Gunung Pati, buku doa.

Waktu manasik dikasih tau bakal dipinjemin earphone isi doa-doa gitu ternyata enggak. 

Dokumentasi
Banyak, tapi ya gitu seadanya wkwk. Tipe yang penting ngejepret gitu lah gak estetik amat. 

Komunikasi
Sempet nanya-nanya customer service sebelum berangkat tentang meeting point dimana dll dibales cukup ramah.

Apalagi ya? Coba tulis di kolom komen deh yang belum tercakup diatas, ntar kucoba jawab :D

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!