Saturday, November 12, 2022

Film Favorit di Masa Liburan: Petualangan Sherina

To be honest, I'm not really a movie goers. Kalaupun nonton harus pake alasan kuat. LOL. Biasanya film korea karena aktornya. Atau film Indonesia yang hits dan lebih ke pake alasan: aku mendukung perfilman Indonesia. Jiakhhh, si paling nasionalis.

Untuk film sih aku jarang ambil yang "mikir" yah. Favoritku ya film animasi. Pernah aku tuliskan di postingan ini: Wreck it Ralph. Untuk tantangan dari Gandjel Rel ini aku ngga mau nuliskan lagi. Masa ngulang? Berasa remidi dong.

Poster Petualangan Sherina

Setelah dipikir-pikir, oh ya ada kok film Indonesia favorit. Filmnya udah rilis cukup lama. Tahun 2000an dan aku rasa mayoritas orang Indonesia tau deh *sotoy :P. Sesuai judul postingan ini: Petualangan Sherina! Pada saat tahun rilisnya aku masih berusia 4 tahun. Jadi nggak terlalu inget sama ceritanya. Yang lebih diinget justru lagu-lagunya. Yep, ini kan film musikal. 

Terakhir aku nonton masih tahun ini. Bulan September. Waktu short escape ke Bandung. Di hotel saking gabutnya justru nonton Petualangan Sherina. Disitu dibikin jatuh cinta lagi sama Derby Romero :') bagus banget ceritanya tuh.

Ceritanya...
Keluarga Sherina harus pindah ke Bandung dari Jakarta karena ayahnya pindah kerja ke perkebunan Adiwilaga. Otomatis Sherina pindah sekolah juga. Disini ada anak (sok) jagoan yang emang hobi ngeledek. Apalagi Sherina anak baru yah jadilah sasaran empuk untuk diledek. 

Keseruan filmnya berasa ketika Sherina liburan ke perkebunan Adiwilaga. Bukannya menikmati, justru ditantang buat ke Bosscha dengan jalan kaki sama Sadam. Daan ada penculik yang tau rencana ini. Udah merencakan menculik Sadam untuk mengintimidasi Adiwilaga agar menjual perkebunannya. Buat apa? Buat mal.

Baru ngeuh loh ternyata film Petualangan Sherina ini ada kritik sosial yang diselipkan. Baru paham pas umur segini. Yaiya mana ngerti anak 4 tahun isu pengalihan lahan produktif jadi mal?

Selain ceritanya yang seru, ada beberapa alasan lain kenapa Petualangan Sherina jadi favorit.

1. Lagu-lagunya bagus

Yaiyaaa namanya film musikal. Menurut wikipedia, ada 8 lagu di film ini. Diantaranya:
  • Anak Mami (Mommy's Boy) 
  • Bintang-bintang (Stars) 
  • Jagoan (Hero) (duet dengan Rado) 
  • Kertarajasa (The Kertarajasa) 
  • Lihatlah Lebih Dekat (Look Closer) 
  • Menikmati Hari (Enjoying the Day) 
  • Persahabatan (Friendship) 
  • Lagu tema Petualangan Sherina (Sherina's Adventure Theme)
Lagu favorit? Bintang-bintang buat ngelamun waktu liat langit malam hari. Lihatlah lebih dekat waktu mempertanyakan keputusan-keputusan hidup *waw berat yha*. 


Semua lagunya punya lirik dengan arti mendalam :')

2. Dimanjakan dengan pemandangan alam Bandung

Bandung tahun 2000 hijau banget ya! Yah sekarang masih hijau sih didaerah Lembang dan Rancaupas :P bagian jualan sayuran pagi-pagi tuh waw suka banget sih pemandangan alam + interaksi warga "desa" yang akrab dan hangat. Favorit country girl.

3. Mendorong bercita-cita: berkunjung ke Bosscha

Apapun yang nggak ada di Semarang tuh memang menarik. LOL. Termasuk Observatorium Bosscha. One of oldest building in Indonesia I think? Dengan bentuknya yang khas dan peruntukannya di bidang science tentuuu memantik rasa penasaranku. 

Observatorium Bosscha
Foto milik Observatorium Bosscha

Udah pernah sih kesini, sayang pas tutup. Waktu itu ga tau harus reservasi dulu. Huhu. Lupa lagi naruh fotonya dimana :)) yaudahlah. Semoga ada kesempatan buat masuk kedalamnya juga. Seems fun!

***

Duh, jadi pengen nonton filmnya lagi. Oh ya denger-denger bakal ada Petualangan Sherina 2. Pemainnya masih Sherina dan Derby Romero. Dijadwalkan tayang 2023. Must watch film sih. Mari kita lihat apakah sebagus versi bocilnya :P

1 comment

  1. film yang bagus dan cocok untuk anak-anak.
    jalan ceritanya bagus mbak. artis-artisnya masa itu natural

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!