Tuesday, November 01, 2022

5 Cara Mudah Atasi Bad Mood

"Bentar ah lagi bad mood"

5 Cara Mudah Atasi Bad Mood

Pernah ngalamin? Wajar ya namanya manusia suasana hatinya nggak selalu baik. Ada waktu atau hari dimana rasanya jeleek terus moodnya.

Aku termasuk tipe yang gampang bad mood sih. Haha. Terakhir bad mood karena minta jemput, diresponnya lama. Yaudah aku pulang sendiri. Tapi sampe rumah muka bete dan males ngajak ngomong orang rumah :P

Bad mood ini jangan dibiarkan lama-lama. Rasanya nggak enak dan ngganjel di hati. Biar bisa menumpas bad mood, ada beberapa hal yang biasanya aku lakukan. Siapa tau nih mau dicontek.

1. Diem

Dah ngga usah ngapa-ngapain. Misal lagi ngomong, diem dulu. Lagi aktivitas, hentikan dulu. Menurutku melakukan sesuatu dengan suasana hati jelek tuh berpotensi buat salah. Ujung-ujungnya ntar tambah badmood. Diem dulu. Tarik nafas. Cari udara segar bentar diluar. Sucikan hati *halah.

2. Dengerin lagu favorit

Masih belum bisa ngatasin bad mood? Pasang headset, pilih lagu favorit yang sesuai dengan suasana hati. Pelan-pelan bisa membaik. 

According to a Johns Hopkins study, “listening to music can reduce anxiety, blood pressure, and pain as well as improve sleep quality, mood, mental alertness, and memory.”

Tuh sampe ada penelitiannya lho. Apa lagu favoritmu untuk mengatasi bad mood? Mine: Bravo My Life (OST Prison Playbook).

3. Baca buku

Hanya bisa dilakukan kalau memang pembaca sih. Hihi. Buatku dengan baca buku tuh, aku jadi terserap masuk ke universe buku itu. Lupa deh sama dunia nyata meskipun sejenak.

Gimana untuk yang bukan pembaca? Ngga bisa jamin sih. Yang bisa dicoba buku bergambar semacam komik. Asyik lho liat warna-warni dan ilustrasi. Menyenangkaan.

4. Tidur

Kadang, bad mood itu justru bikin nggak minat ngapa-ngapain. Jadi kudu piye? Yowes ditinggal turu wae.

5. Makan enak

Ini sih nggak pernah salah ya. Makan enak pas bad mood bikin naik mood. Apalagi makan es krim atau cokelat! Eh tapiii jangan keseringan makan gula juga ya. Gimana sik ini maksudnya? Gini gini...

Justru baiknya nih dibiasakan makan fast food mulu. Ternyata efek jangka panjang asupan fast food justu bisa merusak mood. LOL. Detailnya baca di penelitian ini ya. 

***

Nah itu dia tips atasin bad mood ala aku. Sejauh ini paling cepet dan efektif sih nomer 1-3. Kalau kamu nomer berapa nih?

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!