Thursday, July 14, 2022

When in Jogja

Another trip another experience. Kali ini ke arah....Utara atau Selatan, ya? Haha. Masih bersama one and only travel bestie. Tujuan utama kami adalah camping. Tapi akan aku tulis di postingan berbeda, ya. Sedangkan postingan ini lebih ke cafe hopping, maybe?

When in Jogja

Dari Jakarta ke Yogyakarta aku naik kereta ekonomi aja. Hemat beb. Tapi ya...gak nyaman sih emang dibanding eksekutif. Terutama bagiku yang kakinya agak panjang. Apalagi kereta malem ya pengennya sih tidur aja nyatanya ga bisa :') encok encok dah tuh.

Untuk pertama kalinya aku cobain mushola di kereta. Kamu udah tau belom? Musholanya terletak di gerbong yang sama dengan gerbong makan. Gak gede sih, cuma sepetak aja. Tetep lumayan. Sensasinya waduwaduwadu...harus menahan diri supaya nggak nyusruk. Katanya sih belum semua kereta ada. Bisa tanya ke kru yang bertugas/medsos KAI.

Untuk postingan ini berisi 3 tempat yang berhasil aku kunjungi selama di Jogja.

Main ke Bawa Buku

Kafe Bawa Buku Jogja

Tahu kaan kalau di Jogja tuh banyak cafe buku? Nggak tauu?? Ya ini aku kasih tau, ya. Salah satunya Bawa Buku. Informasi ini aku dapatkan dari kak Sintia. Pas banget muncul saat aku di Jogja. Langsung cek lokasi, deket banget dari Taman Sari. 

Membayar hutang main ke cafe buku yang belum terealisasi waktu di Bandung, capcus kesini. Tempatnya estetik banget. Dengan vibes tropical. Rapi pol. Dan pas kesini nggak terlalu rame. Cuma keisi 2 atau 3 meja termasuk mejaku.


Pengunjung bisa menempati area indoor maupun outdoor. Rasionya lebih banyak outdoor sih. Adem bangeeet enak kusuka.

Bawa Buku ini jualan buku yang diterbitkan penerbit indie. Jujurly banyak yang aku baru pertama tahu judulnya. Yang familiar adalah Pekerja-pekerja Hantu dari postingan kak Hestia. 

Disini aku cuma pesen minum dan cemilan berupa platter. Rasanya biasa aja sih. Edibel lah. No complaint about anything. Bagi pecinta kopi wajib pesen kopi sih disini banyak variannya. Aku pesen yang non-kopi since I'm not a coffee person.

Lupa namanya. Rasa seger poool

Makan di Parsley


Parsley. Tempat makan fancyyy. Dilihat dari harganya sih nggak masuk buatku di jaman mahasiswa. Sekarang yaa sebulan sekali bisa lah pas BM :P 

Waktu kesini kami berniat untuk makan siang. Tapiii nggak mau pesen yang berat nih. Kenapa? Karena berniat bbq di lokasi camping. Sayang kan kalo gak kemakan. Akhirnya kami pesen Thai Salad with Salmon. Minumnya lemon tea. Ditambah semangkuk Mushroom Cream Soup.

Yang sempet kefoto ini doang...

Dan semuanya ENAK monanges. Saladnya tuh berwarna warni. Rasa dressingnya cenderung asem. Tapi cocokkk. Salmonnya garing gak amis sama sekali. Porsinya gede dan suprisingly mengenyangkan lho. Padahal isinya sayur dan salmon aja.

Cream soupnya porsi gede juga! Kami udah makan berdua aja ga habis. Terpenting: garlic breadnya enaaak yaAllah gusti. Sampe kami pesen lagi 3 potong cuma Rp 5.000 nanges gak tuh :') lebih enak dari garlic breadnya pizza merah item yang cabangnya dimana-mana.

Perut kenyang hati senang.

Makan di Pengilon


Perhentian terakhir makan fancy. Ini judulnya hidden gem yang beneran hidden! Letaknya di perumahan. Melewati persawahan. Jalannya masih bebatuan belum aspal. Waktu janjian sama temenku pun dia nyasar.

Pengilon menyediakan menu vegan. Ada beberapa berkolaborasi dengan burgreen. Apakah aku tertarik? Belum. Hahaha. Kali ini pesananku adalah Quiona Wrap + Tuna. Minumnya seperti biasa es teh leci aja cukup lol. 



Sama sekali nggak menyesal yaAllah ini juga another ENAKKKKK! Mengenyangkan. Worth the price. Penampilannya cantik. Tempatnya instagram-able. Parkirnya gratis. Pelayannya ramah. Jarak dateng makan dari waktu pesan nggak terlalu lama luv.

Pengilon Jogja ini sepertinya masih di tahap pembangunan. Bukan yang 100% selesai. Masih ada semacam bale-bale/saung yang dibangun. Suasananya yaah tropical dan earth tone banget. Plus adem. Suegerrr rek. Padahal itu jam makan siang yang terik banget WKWK kami tetep nyaman DPR alias Dibawah Pohon Rindang.

Pas aku cek di internet dia ada di Jakarta coret alias Bekasi :') udah hopeless sih ga mau kesana. Males. Ke Bogor aja udah capek apalagi ke Bekasi. Tapi kalo dianter jemput sih beda cerita ya :P

***

Dahlah aku terserang virus romantisme Jogja-nya anak Jakarta. Memang Jogja se-menyenangkan ituuu untuk berlibur. Semua ada. Ramah dikantong. Nostalgic banget. Anyway harus minta maaf karena fotonya gak proper amat WKWK maklum niatnya emang menikmati momen ajaa. Alhasil foto seadanya. Yang penting cukup sih buat mendukung blog post. 

Next time mau main ke Ullen Sentalu ada yang mau nemenin? Uhuy.

5 comments

  1. Baru tau kalau di kereta api ada musholanya.
    Terima kasih referensinya tentang cafe buku dan Pengikon. Belum petnah kesana sih, mudah-mudahan ada kesempatan kesana.

    ReplyDelete
  2. waah..ketiganya aku blom pernah niih.. jadi penasaran pengen nyobain juga pas kd jogja, terutama yg pengilon tuh.. sangaaat menarik!! trims rekomendasinya ya..

    ReplyDelete
  3. Jogja memang begitu. Meski kadang kita pernah ke sana hanya untuk sekedar liburan. Tapi mampu membawa nostalgia yang mengasyikkan kalau berkunjung lagi. Apalagi bagi yang pernah tinggal di sana. Pasti lebih nostalgic lagi...

    ReplyDelete
  4. Yuk Lulu, kita ke Ullen Sentalu bareng, aku ya belum pernah ke sana looohh... Trus ntar kita ketemuannya dimana heheheee...

    Seneng deh baca postingan ini, fotomu bagus-bagus, Lu. Bikin ngiler pengin nyobain padahal aku ga doyan tuna dan salmon. :))

    ReplyDelete
  5. aduh Luk, menunya belum pernah aku nikmati semua dan sehat ya ini
    bawa buku cafenya asik banget, semoga kapan-kapan bisa mampir ke sini. Aaamiin.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!