Saturday, May 07, 2022

Akhirnya Mudik Lebaran

Masih dalam suasana lebaran, mohon maaf lahir batin ya gengs. Atas segala salah tulis di blog ini yang mungkin sempat menyakiti.

Sesuai judul, akhirnya tahun ini berhasil lebaran dengan proper.
Proper means going to mudik! Yesseu. Terlalu excited sampai hati ini rasanya penuh. Fulfilled. Content. Hingga pertanyaan kapan nikah pun berhasil dilalui dengan menjawab "gak tau" dan sikap bodo amat :p

Pintu Keluar Stasiun Semarang Poncol

Dua tahun menjalani masa larangan mudik artinya melewatkan 2 hari raya idul fitri dan 2 hari raya idul adha untuk dirayakan sendiri. Sholat ied dikos. Nggak ada feelingnya. Apakah aku anak rasa banget jadi semua kegiatan butuh perasaan? *hilih*.


Terakhir mudik di tahun 2019 sebelum pandemi melanda. Deket pula dari Solo ke Semarang :)) tiket bus yang biasanya dipatok Rp30.000 naik menjadi Rp50.000 HAHAHA dulu tuh naik segitu udah mo marah. Sekarang biaya mudik berkali-kali lipat berhubung dari Bogor udah legowo alias "yaudahlah.." daripada ga pulang sama sekali :) Alhamdulillah Allah Maha Baik selaluuu ada rezekinya untuk pulang.


Aku menjadi bagian dari mobilitas ribuan orang dari mamah kota menuju Jawa. It feels strange. Really. Kilasan dimana aku hanya nonton kemacetan dan penuhnya penumpang eh sekarang aku ikut didalamnya. Like???? life is really unpredictable. 

Pertanyaan "mudik gak?" udah berseliweran sejak....Ramadhan? Belum bisa jawab karena belum ada kepastian. Maklum shay abdi negara harus memberikan contoh yang baek LOL nunggu keputusan ketok palu dulu boleh mudik nggak. Ada cuti bersama nggak. Kan nggak lucu udah beli tiket seharga 2x lipat dari biasanya eh terus gagal mudik. Aku sayang uangku~~

Sementara di timeline twitter udah muncul informasi tiket lebaran. Aku iseng buka aplikasi KAI udah...habis. Sungguh jemari netijen ini tak terkalahkan. Sempet menimbang apakah naik bus? Apakah naik travel? Yang kemudian digagalkan setelah mendapat pencerahan: PASTI MACET. Oh iya. Kenapa nggak kepikiran...

Alhasil 3 minggu sebelum keberangkatan aku pesen tiket kereta. Lucky me sempet dapet. Pas pilih seat itu masih nyisa 7 loh, waktu bayar tinggal 1 doang :")) YaAllah bukti nikmat Allah bertubi-tubi. First timer war tiket mudik langsung dapet. Cuma ekonomi sih. Untungnya bukan ekonomi dengan bentuk tempat duduk tegak. Jompo shayyy. 

Interior Kereta Api Kertajaya

Kereta kertajaya. Kursinya mayan empuk yha. Jarak antar kursi gak selapang kelas eksekutif memang. Berhubung itu kereta kursinya hadep-hadepan, aku ga tau nomer mana yang akan searah dengan kedatangan. Udah pasrah banget pokoknya (tapi sambil doa terus biar ga balik arah wkwkwk). Dengan kekuatan doa, dapetlah itu searah kedatangan. Gapapa meskipun di gerbong ujung banget. Gapapa meskipun paling bontot pula kursinya mepet toilet WKWKWK aku terima~ asal ku bisa pulang~

Interior Kereta Api Kertajaya
Tenang gak ada aneh-aneh kok :p

Mules deh inget hari-hari menunggu mudik.
Ditengah padatnya kerjaan.
Betapa malesnya di hari terakhir sebelum cuti bersama!
Hari H masih deg-degan apakah ini nyata??? Apakah aku benar bisa mudik??? Apakah gak salah beli tiket??? Apakah kosan aman ditinggalkan??? 

Overthinking berkepanjangan bukan? Jelas. Pada akhirnya bisa caw setelah beberes kos. Tanpa oleh-oleh. Jadwal keberangkatan kereta pukul 14.10 dari Pasar Senen. Tumben. Eh pertama kali jugaa, biasanya ambil dari Gambir.

Jalan dari kos sekitar setengah sepuluh. Yaampun rajin bener yha aku :') lanjut ke stasiun Bojonggede. Udah pinter nih sekarang ngga lewat Cibinong yang keretanya ke Jakarta Kota tiap 2 jam itu. Butuh setahun banget buat adaptasi KRL? Wkwkwk yha daripada tidak sama sekali bund.

Stasiun Bojonggede mblusuk banget ternyata yha. Sama ojolnya diarahin lewat pintu belakang. Usut punya usut ternyata lewat depan emang macet pwol! Mana nyeberang rel keretanya tuh ngeri. Asli. Huft.

Masuk Jakarta (lupa sebelah mana. Tebet apa ya?) kereta sempet berhenti beberapa saat. INILAH BUND PENTINGNYA BERANGKAT GASIK. Gak ada yang tahu bakal lancar/ada hambatan kecuali Allah semata. Alhamdulillah bisa jalan dan gak ketinggalan kereta ke Semarang. Dengan bantuan ojol dari Gondangdia yang parah beud dah ngelawan arus. Yang nyetir dia yang deg-degan kan aku yha :(

***

Pangling sampe stasiun Pasar Senen. Gede yha HAHAHA. Ada penjagaan dari petugas bersenjata laras panjang. Ada tenda kesehatan. Ada rombongan pengantar. Wuih vibes mudiknya tak terkalahkan. Jangan lupakan 1 orang berdus-dus bawaan + koper segede gaban. The real mudik lah. Semua orang tumpah ruah setelah 2 tahun larangan mudik. Dipikir ya masyarakat Indonesia lumayan patuh ternyata :')



I FEEL YOU wahai manusia perantauan!

Jujurly aku was-was selama nunggu boarding. Kan dia stasiun gede ya. Pas rame pula. Ada kekhawatiran dicopet dll yang jelek-jelek pokoknya. Mana sendirian kan. Alhamdulillah aman-aman aja huhuhu yaAllah gusti. Memutuskan sholat dhuhur. Mushola-nya yah lumayan. Penuh juga dengan pemudik. 1 jam sebelum kereta jalan, udah ada didalem WKWKWK.

Rajin kalilah aku tu. Gapapa daripada ketinggalan. Lagian ini kereta gerbongnya sampe 14 shayy. Mayan pegel jalan dari ujung ke ujung. Bisa dibilang perjalanannya cukup nyaman. Penumpang sebelah gak resek. Yaah bau bau dikit dari toilet sih :))

Di perjalanan dihabiskan dengan:
tidur
baca buku
stretching
tidur
baca buku
dan...buka puasa! 
Terharu loh bisa ikutan buka puasa bersama 1 kereta WKWKWK. Hebat euy orang-orang mah ada rukhsoh tetep aja puasa. 

Enaknya naik kereta tuh on-time! No ngaret-ngaret kayak bus. Apalagi travel yang suka-suka dia daah.


Perjalanan mudik ini tuh dari pagi, sampe Semarangnya malem. Begitu turun kereta udah disambut pemudik lain yang mau naik. Yup, perhentian akhir keretanya di Pasar Turi-Surabaya. Lagi-lagi ini ngingetin aku dengan masa larangan mudik.

Aku sempet masuk ke Stasiun Balapan yang kosong blong. Manusia adanya cuma petugas dan porter. Langsung nyesss rasanya. Alhamdulillah porter bisa kerja lagi. Alhamdulillah ekonomi bergerak lagi. Entah berapa banyak kebahagiaan yang dirasain lebaran kali ini. Real blessing from Allah.

Di Poncol pun ternyata ada petugas bersenjata juga di pintu keluar. Bagus deh biar ga ada yang ngadi-ngadi huft. 

Stasiun Semarang Poncol

Berhubung rumahku di ((nggunung)) harus lanjut ojol. Ga bisa masuk stasiun yhaa betewe. Titik temunya di dinas perdagangan. Seberang stasiun persis sih. Mayan effort juga jalan kaki nggembol backpack xixi. Alhamdulillah (lagi) drivernya sopan dan menyenangkan. Sampailah dirumah dengaan bahagyaa~~ 

Seneng deh bisa cerita ngalor ngidul kek gini lagi. Berasa sudah lama tidak. Padahal ini baru perjalanan sehari aja udah panjang x lebar. Itung-itung kenangan deh.

Post a Comment

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!