Friday, December 10, 2021

Bandung Trip Day 2: Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Bandung Trip Day 2: Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Bandung pagi hari ternyata tetep dingin. Terbukti dengan tidur tanpa nyalain AC pun tetep kedinginan. Aku udah berbekal baju renang karena ngeliat di traveloka hotel ini ada kolam renangnya. Turned out ga kepake karena….malas hahaha. Ada beberapa keluarga yang renang. Airnya pun nggak keliatan jernih. Bisa jadi efek hujan hari sebelumnya.

Baca: Bandung Trip Day 1: Mutiara Hotel and Convention Bandung

Real life kolam renangnya lebih kecil dari di gambar. Jadi pasti udah kebayang numpleknya sama pengunjung lain. Yaudahlah. Jalan di lorong hotel aja. Yang mana kebodohan kembali terjadi. Aku ga bawa kuncinya sekalian keluar! Wkwk. Iya kuncinya cuma 1 doang gengss.

Alhasil aku mau masuk ketok-ketok dulu. Padahal si partner lagi tidur. Bhaique.

Sekitar pukul 7.30 kami udah siap-siap sarapan. Tujuannya sekitaran hotel aja sih. Sekalian cari minimarket buat beli sandal. Iya aku ga bawa sandal. Mikirnya beli aja sih gampang. Eh salah dong beli jam segitu menghampiri 2 minimarket ga ada yang buka. Yaudah.

Bubur Ayam Bandung

Sarapan kami adalah bubur ayam pinggir jalan. Lupa namanya siapa. Bubur ayam di Bandung ini tanpa kuah, ya. Baru tau pun saat si partner nanya sambil megang botol,

“Bu, ini kuahnya ya?”

“Bukan neng kalo disini bubur ayam ga pake kuah”

JIAKKKHH ketahuan turis deh :))

Anyway Minggu pagi di Bandung tetep aja rame. Sekitaran hotel (yang mana hotel juga) terlihat parkiran penuh. Beberapa malah mengular sampai pinggir jalan. Aku bertanya-tanya, yang bikin Bandung ini menarik warga Jakarta tuh apa ya? Kamu bisa jawab?

Sepulang sarapan kami bebersih. Tujuannya adalah: Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda. Yeay! My favorite place in the city is always the one with high trees around. Syahdu bun rasanya.

Nggak mau kecolongan seperti di Kiara Artha Park, aku cek dulu akun instagramnya. Syukurlah aktif. Ada petunjuk sebelum kesana reservasi dulu. Mengisi google form berisi nama dan email serta jumlah pengunjung. Aku mengisi 2. Beberapa saat kemudian di email masuk QR code untuk ditunjukkan nanti.

Tiket masuk Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda sebesar Rp12.000 per orang (turis dalam negeri). Turis luar negeri 2x lipat. Bisa bayar menggunakan QRIS.

Cuss pesenlah gocar dari hotel. Kena charge Rp31.000 aja. Masih terjangkau daripada harus nyari angkot.

Obrolan dengan Driver

Aku bukan tipe yang gampang nyapa orang. Makanya ketika aku ngobrol sama driver, artinya drivernya emang nyambung diajak ngobrol. HEHE. Seperti yang satu ini.

Biasalah namanya turis ya, dibahas dari mana mau kemana. Si bapak cerita udah pesen kamar hotel di Pangandaran. Deluxe. Semalem Rp1.500.000 dapet diskon jadi Rp750.000 alias harga pandemi. Udah curiga nih kayaknya si bapak pekerjaan utamanya bukan driver.

Yha bener dong si bapak sales rokok :)) pantesan ceunah. Selain itu dia juga ternak kelinci hias untuk diekspor. Ratenya? Pake USD! Hahah. Ijo ga tuh. Mana diceritain pula per kelinci dijual $250 dengan modal $50 aja. Oke bhaique cuan banyak ini ya.

Yang aku kaget ternyata si bapak ini Muslim. Kirain dari namanya bukan hehe. Karena apa pemirsa???

Si bapak curhat tuh mau pensiun dini. Menurut dia jadi sales tuh berattt banget. Targetnya jadi ga masuk akal. Lebih-lebih, di dunia rokok tuh pengguna cenderung loyal. Nggak ada merk yang dia cari ya bakal dicari sampe ketemu. Mungkin menurutnya hal itu bikin promosi jadi nggak relevan lagi.

Sampe di satu titik kami membahas, “Gimana kalo rokok itu dibeli sama anak-anak yang emang mampunya beli rokok murah?”

Disitulah kebuka si bapak ini salah satu alasan pengen pensiun juga karena itu. Takut rezekinya ga barokah. Sementara keluarga (anak, istri, orang tua, adik) kena cipratan uang gaji hasil sales rokok. Wow deep. Berat juga ya pertentangan batinnya. Maka dari itu akhirnya dia menceburkan diri di bisnis kelinci hias.

Dikasih tips merawat kelinci hias pula. Pengalamanku yang lalu-lalu punya kelinci mati mulu :) ga ngerti apa yang salah huft.

Sesi ngobrol harus diakhiri seiring dengan tibanya kami di Tahura. Wah, ramai juga ya! Ada pasangan, keluarga, goweser, hingga rombongan ibu-ibu reunian. Yang disebut terakhir ini paling rame!

Peta Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Tahura ini jalurnya udah cukup rapi dan nyaman untuk jalan kaki. Nggak mau jalan kaki? Ada persewaan sepeda. Kami berniat untuk sewa, entah kenapa ga ketemu lokasinya dimana. LOL. Ada juga sejenis mobil dengan konsep terbuka. Duh lupa nggak sempet foto. Yang ada di golf itu lho gais, di Kebun Raya Bogor juga ada macem itu. Lagi-lagi kami nggak naik itu. Mumpung masih muda kan menikmati jalan kaki hahaha.

Baca: Bogor One Day Trip: Kebun Raya Bogor

Jujyuuur aku tuh iri sama warga kota yang punya kebun raya atau hutan raya kayak gini. Kapan ya, Semarang ada? Atau udah ada, akunya aja yang ga tau?

Di Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda ada apa aja?

Ada 3 spot yang cukup menarik perhatian kami.

Pertama: Gua Jepang
Kedua: Gua Belanda
Ketiga: Holland Spot

Spot pertama dan kedua ini udah ada sejak jaman penjajahan dulu. Dinamakan begitu sesuai dengan siapa yang membangun. Gua Jepang ya yang bikin Jepang. Gua Belanda yang bikin Belanda. Yang aku inget, Gua Jepang ini diperuntukkan sebagai gudang mesiu pada zamannya.

Foto di Gua Jepang Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Kedua gua ini terasa lembap dan….gelap. Heheh. Ya namanya juga goa kan. Di pintu goa ada persewaan senter seharga Rp5.000. kami sewa? Enggak. Hahaha. Ini traveler pelit deh ga mau ngeluarin uang kalo ga buat makan. Dipikir lagi kok pelit banget ya, sedang di masa pandemi gini wisatawan ga sebanyak dulu. Duh, pelajaran deh buat aku.

Kami sempat masuk gua-nya tapi ga jauh dari pintu masuk. Jujur aku takut hahaha meskipun ramai. Hawanya gak enakeun gitu loh. Parno juga kalo runtuh gimana? Hadeh dasar si overthinking. Kami cuma liat-liat dikit aja ga sampe dalem. Dilihat dari blue print yang ditempel didepan sih lumayan luas, masih terbagi beberapa ruang. Termasuk gua manusiawi juga nggak harus nunduk-nunduk masuknya.

Jalan ribuan langkah tentuu membuat lapar. Mata kami tertarik pada tulisan bitterbalen. Si partner ga mau makan manis saat itu. Cocok deh biterballen sebagai cemilan asin.

Holland Spot Taman Hutan Raya (Tahura) Ir. H. Djuanda

Bitterballen

Disini nih asiknya. Holland Spot menyediakan tempat bengong duduk memandangi hutan. Ditemani suara pertunjukan angklung. Disini juga ibu-ibu reunian itu rame. Mereka request lagu dan joget bareng. Duhhh bener-bener deh itu buibu ngga ada capeknya, ya :))

Pegawai Holland Spot super ramah. Saat kami mulai selfie, salah satu mba (teteh deng ya di Bandung) menawarkan diri untuk mengambil gambar. “Dicek dulu kak fotonya bagus ga?” - yak very considerate.

Kirain udah gitu aja. Ternyataa masih ada lagi donggg. Ada mas-mas (atau Aa?) yang membawakan 2 mainan. Sengaja banget nih biar kami nggak megang handphone terus.

Mainan Tradisional di Holland Spot

Mainan pertama konsepnya tetris. Mainan kedua ada bola-bola, tali dan kotak. Kami ditantang untuk memisahkan ketiganya. Si partner nyobain dan…menyerah :)) aku hampir sejam memainkan tetris ini. Hasilnya? Tetep aja ga bisa kembali seperti semula.

Jiwa kompetitifku ga mau kalah. Aku nanya deh apakah bisa beli mainannya? Bisa! Aku menebusnya seharga Rp80.000. tahu gak sih sampe kembali di Bogor aku belum bisa menyusunnya dengan benar. LOL! Mau cari tutorial di youtube kok ga tau harus pake keyword apa. Sigh sigh sigh. Menarik banget sih ini. Aku sukaaa!

Tetris
Ngerti gak si?

Kudos to pegawai Holland Spot yang super ramah dan mau ngajak pengunjung untuk kembali ke mainan tradisional. Ada engklek segala (ngerti ga sih? Aku gatau nyebutnya apa di Jawa Barat tuh). kami menghabiskan waktu cukup lama di Holland Spot hingga memutuskan untuk udahan.

Then, where are we going next?

Pengennya kafe buku. Ada beberapa yang udah ku eye-ing, misalnya Kineruku dan Indische Cafe. Sayang, ngeliat di google kok udah tutup permanen. Cari lagi: Nimna. Keliatannya bagus. Tapi kami laper butuh makan berat. Diputuskanlah ke cuanki legend se-Bandung. Apa tebak? Yap, cuanki serayu.

Mainstream ya, kami? Maklum turis. Hehe. Belom pernah nyoba pun. Gak ada salahnya kan.

Drama kepulangan dimulai. Kami nggak memperkirakan akan sulit dapet gocar di kawasan Dago Atas. Berkali-kali nyoba app gojek maupun grab ga dapet. Pake hapeku, gantian hp si partner tetep gak nyaut. Time is ticking! And we’re starving!

Jalan terakhir adalah: by foot. Hahaha. Nggak tau seberapa jauh akan jalan, kami turun jalan kaki hingga jalan raya. “Emang nggak ada angkot?” - sempet liat angkot hijau tua tapi selalu penuh dan nggak menawarkan buat mengangkut kami :)) gitu terus sampai kami mampir dulu di Indomaret beli sandal. Mahal bok Rp51.000 (curhat). Terpaksa karena butuh wkwkwk yasudahlah.

Pas duduk didepan indomaret ada angkot mendekat, langsungg gaskeun. Penumpangnya cuma kami berdua :> sembari pegang handphone ngecek google map ini bener apa enggak. Plis lah kami ga tau nama jalannya tuh apaa yaAllah yang penting di maps keliatan mendekat aja ke arah cuanki serayu itu.

Baru jalan sebentar, si abangnya bilang mau ganti ban dulu. Yaudah kami tunggulaah masa enggak? Daripada ketinggalan angkot lagi. Kami beneran buta rute angkot dan dia ini….sepertinya muter-muter wkwkwk. Berhubung udah sampe di “bawah” kami putuskan aja berhenti di seberang The 101 Bandung. Pas di traffic light macem orang gajebo gitu lah.

Dari situ kami pesen gocar. Dapet, yeay! Happy lah otw mengisi perut keroncongan.

3 comments

  1. Waah..jadi ingat keseruan saat sempat jalan2 ke Tahura bbrp tahun lalu..segeeeer suasananya ya..

    ReplyDelete
  2. Baca ceritanya Lulu seakan ikut jalan-jalan bersama. Deep juga ya keinginan si bapak pengen resign jadi kerjaannya. Keren lah ini, jalan2 ke Tahura dapat bonus berbisnis ternak kelinci :)

    ReplyDelete
  3. Pas banget nih Lu, aku juga ada rencana ke Bandung, pengen jelajah Tahura juga kayaknya menarik ya..Bandung tuh ada saja atraksi baru yang baru dan menarik..

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!