Wednesday, April 28, 2021

Bogor One Day Trip: Maraca Books and Coffee

Tempat ini menjadi penutup dari one day trip di Kota Bogor. Sebuah kafe buku hasil kepoin akun twitter Literary Base. Sebuah utas rekomendasi tempat asyik buat baca buku.

Baca: 
Bogor One Day Trip: Kedai Kita

Kabar baiknya, lokasi ngga jauh dari Kedai Kita maupun Kebun Raya Bogor. Nggak keliatan mencolok sih tapi cukup strategis. Lokasinya ada di jejeran ruko gitu. Cukup unik karena ada 2 tempat ternyata. Baru ngeh saat kepoin instagramnya. Kok yang saya datengin kecil, sedangkan yang di instagram keliatan luas? Jadi posisi dia itu ada di ujung kanan dan ujung kiri. Yang ujung kiri lebih luas dan besar.

Bogor One Day Trip: Maraca Books and Coffee

Kesan pertama: kok kecil yha? Emang didepan pintu masuk itu hanya ada beberapa bangku. Nah ternyata disamping masih ada bangku dengan dinding berhiaskan mural.

Mural Maraca Books and Coffee Bogor

Ini saya ambil dari dalam ya. Jadi emang ada ruangan indoor dan outdoor. Saat itu kami pilih indoor karena mau ngadem. Hahaha. Maklum shay motoran kan mayan panas dan gerah. Protokol kesehatan yang diterapkan hanya ada wastafel. Untuk pengukuran temperatur tubuh nggak ada.

Nah, meskipun ada Coffee di namanya, dia menyediakan menu non-kopi juga. Seperti yang saya pesan ini: Earl Grey.

Earl Grey Maraca Books and Coffee

Untuk artisan tea semua disuguhkan dalam keadaan panas. Beda dengan coffee yang bisa pilih panas maupun dingin (iced). Pesanan saya dateng bersama 2 cookies. Harganya Rp25.000 sudah termasuk pajak (sepertinya). Saya cek struk ngga ada tambahan pajak soalnya. Rasanya? Cucok deh paduan cookies dan artisan tea-nya.

Lalu ada buku apa sajakah disini? BANYAK.


Menyenangkan ternyata liat buku-buku ini. Genre-nya lumayan beragam lho. Bahkan ada buku 23 episentrum dari Teh Adenita yang saya suka postingannya di instagram itu. Ada juga buku kedokteran yang segede gaban.


"Kayaknya yang punya mahasiswa kedokteran, deh!" - kata temen saya.

Waktu saya posting di instagram ternyata ada yang ngeh. Memang ini punya dokter @seriousya (di instagram). Doi sering bagiin tips MP-Asi gitu katanya. Follower saya ini yang ngasih tau ini emang ibu 1 anak. Hahaha. Seneng sih ternyata ada yang notice tempat yang aku kira "hanya" pembaca buku tau.


Suasana disini lumayan enaaak. Faktor lokasi dengan pepohonan ringan bisa jadi mendukung. Paling saya suka: playlist-nya. Cocok banget buat temen baca buku. Nggak berisik tapi nggak slow banget. Pas ditengah. Oh ya, selama disini saya cuma buka masker waktu makan dan minum. Selebihnya (mostly I think) masker tetep on. Termasuk saat baca buku.

Kurang lebih 3 jam disini menghabiskan satu novel: Orang-orang Proyek karya Ahmad Tohari. Saya duduk di sofa yang sayangnya keliatan kotor dan kurang terawat. Masukin nih buat pengelolanya (iya kalo baca hahaha). Saya menyempatkan sholat juga disini. Alhamdulillah ada musholanya. Meskipun sepertinya nggak ditujukan untuk pengunjung. Lebih ke karyawan. Tapi tetep lumayan dong daripada menunda sholat.

Toiletnya bersih, vibes-nya nature banget. Alas yang digunakan bukan keramik tapi batu-batu gitu. Lalu ada tanaman hijau dengan wadah botol bekas. Cukup menarik perhatian saya sih. Hehe. 

Puas banget menghabiskan waktu disini. Kalo aja ini kafe deket sama kosan mungkin saya udah jadi pelanggan tetap dengan menghabiskan akhir pekan disini. Buku-bukunya itu lhoo menggoda banget!

7 comments

  1. Ahhh impian banget nih, sebuah kafe buku! Di tempat aku tinggal sekarang cukup sulit buat nyari kafe yang enak buat baca gitu karena biasanya rame berisik gitu jadi sedih, padahal aku suka banget baca di kafe gini.
    Btw, aku yang tinggal di Kab. Bogor aja ngarep banget bisa kesini tiap weekend, kayaknya asik banget gitu 😊

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget konsep buku dan kafe ini, bisa me time juga ya di sini hehehe. Sayangnya, jauh banget di kota sana hehehe

    ReplyDelete
  3. Menarik ya kafe dengan tampilan buku di rak gitu. Jadi krasan deh menikmati sajian minum sambil baca buku. Pantas aja betah selama 3 jam di sana

    ReplyDelete
  4. Betah banget memang di Maraca, ada dua nih kafe nya.. Ngga berjauhan lokasinya.. Sudah ke perpustakaan apa tuh namanya, Lulu? Apiik..

    ReplyDelete
  5. Waah asik nih suasananya. Note deh ntr kalo.pas ke Kebun Raya Bogor bisa mampir sini.

    ReplyDelete
  6. Jejeran buku di raknya tampak sangat menyenangkan.
    Auto bakal betah banget hang out di spot begini.
    Manalagi kalo pas butuh suasana baru buat mengetik tulisan terbaru di blog.
    Cuss, mojok di Maraca saja ah ^^

    ReplyDelete
  7. Aku ada rencana mau staycation di bogor, baru rencana sih wkwkwk tp udah masukin list cafe ini kalau ke bogr hihii, suka sama spot2nya, bagus, lokasinya startegis pula.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

Instagram