Monday, February 01, 2021

Buku yang Selesai Dibaca di Januari 2021 + Book Mail(s)

Ada berapa hayo? Aku lumayan. 8 buku! 7 buku fisik dan 1 buku elektronik. Target tahun ini aku bisa menyelesaikan 40 buku. Semoga aja bisa. Melihat kondisi tahun ini sepertinya belum ada kemajuan dari tahun lalu (pandemi, maksudnya).

Buku yang Selesai Dibaca di Januari 2021 + Book Mail(s)

Buku yang aku baca ini stok tahun lalu. Hasil berburu di mizanstore. Apa aja?

1. Lumpu - Tere Liye


Di seri Lumpu ini, trio Ali, Raib dan Seli kembali berpetualang. Aku berekspektasi latar kejadiannya akan di Klan Nebula. Artinya akan ada perkenalan Klan baru lagi. Ternyata enggak. Karena minimnya informasi tentang Klan Nebula, akhirnya Ali, Raib dan Seli justru berpetualang ke Klan Bulan. Kali ini tujuan mereka adalah ABTT (Akademi Bayangan Tingkat Tinggi).

Rencananya mereka akan bertanya kepada Master Ox dimana mereka dapat menemukan Lumpu. Dari Master Ox, mereka mendapat jawaban: Tamus. Akhirnya Ali, Raib dan Seli mencari Tamus untuk menemukan Lumpu. Iya, buku ini adalah tentang mencari dan menemukan. Ulasan lengkap bisa diklik judul ya.

(Baca ulasan Bumi dan ulasan Bulan)

Bagi penggemar serial Bumi Bulan, wajib banget baca!

2. Guru Aini - Andrea Hirata


Kelanjutan dari Orang-orang Biasa. Tanpa baca buku sebelumnya menurutku masih bisa ngikutin. Ini cerita tentang Aini dan gurunya. Jadi makna Guru Aini itu bukan seorang guru bernama Aini, melainkan Aini punya guru namanya bu Desi.

Disini menceritakan gimana bu Desi seorang guru matematika mengajari Aini. Murid yang masuk jajaran 3 terbawah paling bodoh. Hopeless, madesu (masa depan suram). Karena ayahnya sakit, dia punya obsesi untuk jadi dokter. Maka dia pun berusaha sekuat tenaga untuk bisa mengejar ketertinggalannya.

Walaupun akhirnya dia belum bisa melanjutkan kuliah akibat ketiadaan biaya, kisah perjuangannya patut diacungi jempol.

3. Septictank - Pandji Pragiwaksono


Iseng beli bukunya Pandji. Sepertinya buku politik pertama saya. Iya, ini isinya semacam esai dan pemikiran Pandji tentang dunia politik. Apa alasannya pada pilkada dan pemilu dia memutuskan menjadi timses. Apa pendapat dia tentang demokrasi. Udah masuk teknis sih ya bukan teori lagi. Cukup menyenangkan untuk dibaca (bagi orang awam kayak aku). Menambah insight tentang politik itu kayak gimana. Meskipun ya, penjelasannya termasuk mendasar.

4. Al-Masih: Putra Sang Perawan - Tasaro GK


Ada yang udah baca seri Muhammad-nya Tasaro? Konsep novel ini mirip. Fiksi sejarah. Berkisah tentang lahirnya Nabi Isa dari sudut pandang beragam agama. Nggak cuma Islam.

Tapi ada tokoh utamanya, seperti Kashva yang mencari sang Nabi. Disini ada Saathi dan Gesu. Dua manusia yang berbeda segalanya. Asal muasal. Agama. Ras. Suku. Budaya. Nasib. Misinya beda, kemudian bertemu pada suatu titik. Berlatar belakang di Batavia. Menyuguhkan percakapan pada masa itu, sekitar abad ke-16. Alurnya lambat, bukunya masih bersambung ke buku kedua.

5. Bising - Kurniawan Gunadi


Pas banget sama fase yang sedang aku jalani. Dewasa muda, kali ya. Dimana tuntutan hidup bertambah. Yang belum nikah ya ditanya kapan. Udah nikah ditanya kapan punya anak. Nggak ngerti tujuan hidup apa setelah lulus kuliah. Sepanjang hidupnya diarahin orang tua. Seperti menuangkan kerisauanku pribadi, yang menuliskan Mas Gun.

Personally, I like this book. Mengingatkan bahwa di fase manapun akan selalu ada tantangannya sendiri. Manusia punya ujiannya sendiri. Yang jomlo diuji dengan orang tua mungkin. Yang udah menikah diuji dengan belum punya anak, atau bahkan perceraian. Isinya kemungkinan buruk yang bisa terjadi pada siapa aja.

6. Padang Bulan - Andrea Hirata


Ada 2 tokoh utama di buku ini: Ikal dan Enong. Keduanya sama-sama berjuang, tapi untuk hal yang berbeda. Ikal untuk mendapatkan kembali cinta A Ling. Enong untuk menghidupi keluarga & kursus bahasa Inggris. 

Entahlah kenapa, menurutku ini agak susah untuk dipahami bukunya. Mungkin butuh konsentrasi penuh agar paham. Latar belakangnya di pulau Belitong, mengingat Ikal adalah sosok utama di Laskar Pelangi. Jadi ini kisah sekembalinya Ikal dari kuliah diluar negeri.

7. Cinta di Dalam Gelas - Andrea Hirata


Kelanjutan dari Padang Bulan. Tokoh utamanya masih Ikal dan Enong. Hanya saja kali ini bercerita tentang perjuangan Enong belajar catur. Untuk apa? Memberikan perlawanan atas tindakan semena-mena yang dia terima hanya karena dia perempuan. Si Ikal menjadi suporter Enong (alias Maryamah).

Plot yang cukup unik. Bagiku lagi-lagi agak susah dipahami. Alasannya lebih ke karena aku nggak paham dunia percaturan, sih. LOL. Menurutku ini kayak buku feminis malahan.

8. Recehan Bahasa - Ivan Lanin


Beneran receh! Nan berbobot. Gimana dah tuh? Hahaha. Aku mengira ini bakal seperti esai. Ternyata lebih sederhana. Diisi dengan banyak gambar pula. Tetap saja banyak ilmu seputar bahasa yang aku dapatkan. Belajar bisa seseru ini, ternyata! ^^

***

Untuk book mail alias belanja buku bulan Januari nggak terlalu banyak. Soalnya emang fokus menuntaskan yang udah ada dulu. Bahaya kalo nggak gitu, bisa-bisa numpuk terlalu banyak buku.

1. Cintaku Antara Jakarta & Kuala Lumpur - Tere Liye (Rp36.520 beli di Google Playbook)

Iseng aja belinya. Katanya ini salah satu karya diawal karir kepenulisan Tere Liye. Ulasan di Playbook bilang endingnya menggantung. Belom kebaca.

2. The Wisdom of Sundays - Oprah Winfrey (Rp130.000 di BBW Tokopedia)

Ada yang menyarankan beli ini di literarybase. Ya sudah aku beli saja. Belum sempet unboxing, karena kirim paketnya ke kantor. Sedangkan anaknya jatah ngantor seminggu sekali :))

Sooo that's it. Berapa buku yang berhasil kamu baca bulan ini?
Adakah buku yang tertarik kamu baca diantara daftar diatas? Let me know!

2 comments

  1. Banyak juga nih buku-buku yang udah dibaca Mbak Lulu di bulan ini. Aku malah belum baca buku sama sekali di bulan Januari ini. Lebih banyak nonton drama Korea soalnya sih aku.


    Baca novel dengan jalan cerita yang seru memang asik ya, Mbak. Tapi kalau tahun ini aku pengen baca buku tentang masak-masak aja sih kayaknya.

    ReplyDelete
  2. Salam kenal, Lulu!

    Aku sendiri berhasil menyelesaikan 6 buku di bulan Januari. Dari beberapa buku dalam kiriman ini, aku paling penasaran dengan buku Recehan Bahasa-nya Ivan Lanin. Aku sempat membaca buku pertama beliau (Xenoglosofilia) & suka sekali dengan bukunya. Penasaran apa yang beliau tulis di buku kedua ini.

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi. Untuk komentar dengan anonim tidak akan saya balas, ya. Yuk biasakan menjadi diri sendiri di dunia maya!

Instagram