Sunday, March 17, 2019

Antara Fans dan Idol

Jika di antara kalian mengikuti berita seputar Korea, pasti udah tau kasus ini. Yup, Burning Sun dan terseretnya para idol. Nggak cuma satu dua yang kesebut. Saat ini ada 2 yang udah menjalani pemeriksaan. Lainnya? Entah agency-nya membantah. Atau menutup-nutupi.


Muncul spekulasi siapa aja yang bakal kena arus ini. Para fans pun masih harap-harap cemas, "Apakah idol yang selama ini kubangga-banggakan kelakuannya minus?"

Oke, aku nggak bahas soal kasusnya. No. Udah terlalu banyak utas di twitter dan video youtube. Keduanya sama: berusaha menjelaskan apa yang terjadi di Korea sana. Mau percaya yang mana? Itu balik lagi ke masing-masing pribadi.

Yang mau aku liat adalah kenyataan bahwa masih ada aja fans yang kekeuh idolnya nggak salah. Dengan bukti jelas, terpampang di depan mata, they denied and claimed their idol comes clean. Miris. Apalagi karena idol yang keseret ini cowok, kebanyakan fans-nya ya cewek.


Gender yang sama dengan korban-korban kelakuan idol ini. Masa sih, ngga ada prihatinnya sama sekali?

Betapa mengerikannya ya saat orang udah mengidolakan suatu figur. Mereka berusaha membela dan meyakini apa yang mereka mau. Seakan mata, telinga dan semua indra mata tertutup rapat dari kenyataan yang ada.

Mungkin karena itu pula penceramah gitu selalu mewanti-wanti. Siapakah idola kita? Apakah akan membawa kita pada kebaikan atau justu menyeret kita ke keburukan?

***

Sebagai fans drama Korea jujur aku juga mengidolakan beberapa aktor. Yhaa sebut saja Lee Jong Suk. Tapi aku tau batasnya. Cukup sampai pada skill aktingnya aja. Enak diliat dan nggak kaku. Sesuai dengan genre drama yang dipilih. All out. 

Di deretan idol, masih ada pula Ha Sung Woon. Yang ini sampe muncul di halaman persembahan skripsi! Serius akutu.

Ah, dia malah bisa dijadikan contoh idol yang kena skandal. Sung Woon pernah kena skandal. Dimana video live broadcast yang beredar menunjukkan seakan-akan dia cursing. Viral karena dia cursing menjurus seksual.

Apakah aku membela dia? Nggak juga. Justru aku sempet ngomong ke temen, "Duh kok Sung Woon ngomong kayak gitu kenapa ya? Sedih deh aku". Lebih ke menyayangkan sikapnya, bukan sedih karena tuduhan yang ditujukan ke dia.

Alhamdulillah beberapa lama kemudian muncul bukti dia nggak cursing. Yang membuktikan bahwa dia nggak melakukan itu siapa? Fans. Mereka rela menyewa analis untuk mendukung bahwa Sung Woon nggak cursing. Pada akhirnya Sung Woon juga mengkonfirmasi bahwa berita itu salah. Malah dia merasa bersalah karena gegara kasus itu, adik perempuannya kena bully. Sigh.

Fans kayak gini nih totalitasnya patut diacungi jempol. Mereka menunjukkan data dan fakta kuat buat membela idol-nya. Nggak cuma modal omdo alias omong doang.

***

Baru-baru ini aku malah terharu ngeliat interaksi Jo Sung Mo. Dia ini idol jaman dulu. Penyanyi. Scene-nya di variety show Return of Superman menunjukkan betapa dekatnya dia dan fansnya. Sampe hafal lho nama-nama fansnya. Videonya aku attach dibawah ya.



Ada salah satu fans yang dulunya dateng pake seragam sekolah, eh sekarang udah bawa anak satu. So sweet banget nggak sih? Aku kayak ngerasain, wagelasehhh ini beneran artist. Means dia memang berkarya.

Fans-nya pun beneran orang yang menikmati karya dia tanpa memuja berlebihan. Buktinya fans itu tetep ((setia)) walaupun idolnya udah punya anak. Dia bisa tetep melanjutkan hidup "normal" juga dengan menikah dan membangun keluarga.

Nggak yang berada dalam bayang-bayang idol sampe pengen memilikinya gitu.

Kalian tipe yang mana nih, saat mengidolakan orang? Semoga tetep bisa menggunakan akal sehat ya.

14 comments:

  1. Iya dong... Kudu sadar juga bahwa idola juga manusia yang tak luput dari noda dan cela. Cieh..

    ReplyDelete
  2. Ya ampun, ini kenapa sih dunia entertainment Korea heboh banget. Aku males banget cari tahu sih. Aku tipe orang yang cukup menikmati karya nya aja, printilan kehidupan pribadi si artis, ya biarin aja. Toh mereka manusia biasa kan.

    Kalo aku tahunya malah kalo fans itu penggemar, sedangkan idol itu yang digemari.
    Eh, ternyata salah ya, sama-sama penggemar gitu?

    Ah udah lah, aku nonton k-drama aja daripada ngikutin gosip-gosip kehidupan para idol itu. :D

    ReplyDelete
  3. Iya, rame bener kasus Burning Sun ya dan mengerikan, fans Indonesia bela Seungri mati-matian, sampai beritanya masuk Google nya Korea dan orang Korea sendiri pada heran, kalian waras ngga? Kayak gitu dibela..sedih ya..

    ReplyDelete
  4. Mbaaaa... kok aku tahunya cuma DOTS doang ya :(

    ReplyDelete
  5. Sebaiknya memang tdk memuja berlebihan idolanya..membabi-buta istilahnya. Tapi...ngomong gini sama fans berat yg membabi-buta tuh emang susah .jadi ya sudah biarin saja..haha..

    ReplyDelete
  6. Aku gak terlalu mengidolakan artis atau tokoh tertentu, aku mah idolanya siti khadijah, fatimah az zahra, siti aisyah, nabi dan rosul, yang kudu kita teladani dan ortu yang jadi panutan ama suami heuheu..

    ReplyDelete
  7. sebagai fans korea dari jaman baheulak, akupun miris banget sama fans kipop zaman now kak
    ngidol nya berlebihan banget sekarang tuhhh

    ReplyDelete
  8. Kalo aku mengidolakan orang trus kelakuannya minus hanya sebatas kecewa aja sih

    ReplyDelete
  9. Aku gak paham artis Korea, dan selama ini sih nggak mengidolakan artis mana pun. Cuma penikmat karyanya selama ini

    ReplyDelete
  10. Hmm,, iya sih semua memang ada batasannya dan tidak boleh berlebihan :)

    ReplyDelete
  11. aku pecinta drakor juga loh.. tapi entah kenapa kok masih gak ngeh ya nama-nama artisnya

    ReplyDelete
  12. Aku suka nonton drakor tapi yang kupaham beberapa namanya tok wakakak
    lainnya ga apaal. Tetep dong mentingin akal sehat hahaha mereka sebatas idola yang bisa diambil positifnya dalam berkarya

    ReplyDelete
  13. Ngeri yak. Apalagi kalau sampai terobsesi sama idolnya.

    ReplyDelete
  14. Betewe aku ngefans idol yg kena kasus ini, dia udh dinyatain ditangkap dan terancam hukuman 7thn, he deserve that for all the mistake he did, dan sbg fans aku kcewa berat, semoga dia merenungi kesalahannya waktu di penjara, untungnya di korea artis yg ngawur gini kena sanksi sosial banget, bisa dibilang karirnya hancur dlm semalam

    ReplyDelete

Halo! Terimakasih sudah membaca. Setiap komentar masuk akan dimoderasi yah.

COPYRIGHT © 2019 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES