Tuesday, March 13, 2018

Persiapkan 3 Hal Ini Sebelum Ramadhan dan Lebaran

Ramadhan 66 hari lagi!


Lagi asyik-asyiknya ngepoin timeline instagram, muncul postingan reminder dari salah satu lembaga dakwah kampus. Tanggal postingan 3 hari lalu. Berarti hari ini udah 63 hari lagi menuju bulan Ramadhan! Wah, bener-bener nggak terasa ya. Kayaknya baru aja kemarin bingung buka bersama mau pake baju apa. Hihihi.

Temen-temen mungkin mikir, 62 mah masih lama! Jangan salah lho. Waktu 2 bulan ini tanpa terasa nanti udah didepan mata aja. Nah biar nggak kaget kita perlu melakukan persiapan nih. Bukan persiapan numpuk bahan makanan loh ya. Walaupun dengan alasan harganya cenderung naik saat Ramadhan nanti, tetep beli sesuai kebutuhan aja. Ramadhan juga identik dengan Lebaran. Kedua hal ini memang nggak bisa dipisahkan deh. Untuk itu, coba deh simak beberapa persiapan ala-ala yang perlu dilakukan menyambut Ramadhan dan Lebaran tentunya.

1| Membayar hutang puasa

Hayooo siapa yang sampe sekarang belum bayar puasa? Biasanya nih para cewek-cewek yang pasti ada aja hutang puasanya. Masih inget kan berapa jumlah hari yang harus dibayar? Yuk yuk segera dibayar hutangnya. Jangan sampe kelupaan malah udah ketemu Ramadhan lagi. Hitung-hitung latihan membiasakan diri juga untuk puasa lagi. 

2| Jawaban dari pertanyaan jebakan

"Wah udah semester 8 ya, kapan wisuda?"
"Kayaknya udah cocok nikah nih, kapan nyebar undangan?"
"Nikahnya udah berapa tahun? Kapan mau ngasih ponakan baru?"
Hayooo siapa yang tiap lebaran dapet pertanyaan jebakan betmen ini? Alhamdulillah tahun lalu saya enggak. Yaiyalah siapa juga yang mau tanya. Tahun lalu saya nggak sempet mudik gara-gara masih ada agenda magang di Kalimantan

Lebaran memang salah satu momen kumpul keluarga yang paling lengkap. Mulai dari kakek, nenek, om, tante, pakdhe, sepupu, semua tumpah ruah berkumpul di satu tempat. Dulu waktu saya kecil Lebaran ditunggu-tunggu banget datangnya. Pada saat itu semua orang serasa dermawan. Ya, nggak? :D 

Tapii..seiring bertambahnya usia, malah kadang males bersosialisasi saat Lebaran. Karena ada aja sodara yang usil nanyain pertanyaan yang udah disebutin diatas tadi. Nah biar nggak bikin momen Lebaran rusak, mendingan disiapkan mentalnya dari sekarang. Plus siapin opsi jawaban dari jebakan betmen tadi. 

Mau tau jawaban versi saya?
"Calonnya belum ada tante. Masih di Korea sana cari nafkah buat keluarga masa depan."
Hahaha.

3| Beli tiket mudik jauh-jauh hari

Yesss, satu lagi kekhasan Lebaran di Indonesia. Mudik! Nggak ada waktu dimana berjuta-juta rakyat Indonesia bepergian dalam satu waktu kecuali saat Lebaran. Udah nentuin belum tahun ini mudik ke pihak ayah atau pihak ibu? Ehm sengaja nggak ngomong mudik ke orang tua atau mertua. Calon mertua aja belum punya *eh

Salah satu transportasi favorit mudik adalah...kereta api! Yup! Dan for your information, penjualan tiket kereta api untuk Lebaran udah bisa dipesan lho mulai tanggal 7 Maret sampai 28 Maret nanti untuk jadwal keberangkatan 5 - 26 Juni 2018. Udah tau kan pembelian tiket kereta api saat ini bisa lewat bermacam cara. Lewat web resmi KAI bisa, situs Jual Beli Online bisa, KAI access bisa, daaan masih banyak lagi caranya!

Khusus di situs jual beli online biasanya Promo Tiket Lebaran bertebaran. Itu yang dicari kan? Haha. Serius deh. Jangan sampe kehabisan tiket mudik dan menyesal di kemudian hari kayak kakak saya. 

Doi pernah tuh mau pulang ke Semarang dari Jakarta. Karena nggak persiapan jauh-jauh hari, akhirnya pilih naik bus. Dan apesnya kena macet Brexit yang dulu mengular panjang itu. 

www.dream.co.id
Waktu ditelpon sama ibu, 
"Mas sampe mana?"
"Sampe Tegal"
2 jam kemudian ditelpon
"Mas udah sampe mana?"
"Ini masih di Tegal. Kok Tegal luas banget ya kayaknya. Nggak nyampe-nyampe."
Antara kasihan dan geli sendiri. Yaiyaah namanya macet gimana mau cepet nyampe, kan? Gara-gara pengalaman itu pula kakak saya akhirnya balik ke Jakarta menggunakan pesawat. Say no to macet-macetan!

Kalau teman-teman, butuh persiapan apa aja nih menyambut Ramadhan dan Lebaran? :)

11 comments:

  1. Iya nih pertanyaan jebakan betmen yang harus dihadapi kalau pas Lebaran >,<
    Sekali2 coba jebakan wonder woman, betmen mulu :D
    Harus diasah mentalnya mulai sekarang :P

    ReplyDelete
  2. Ya Allah lebaran sebentar lagi. Dan aku masih bokek belom nabung buat lebaran hahaha. soal tiket mudik nih semalem pada heboh tuh kan ya rebutan tiket mudik.... nyerah deh kalo urusan mudik hahaha

    ReplyDelete
  3. Untung lawan arus mudikku jadi ngga pernah berburu tiket mudik hihi

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum Mba Lulu.. Salam kenal ^^

    "Ini masih di Tegal. Kok Tegal luas banget ya kayaknya. Nggak nyampe-nyampe." Hahahaha..Ketawa online sayaa :))

    In shaa Allah lebaran taun ini adalah lebaran ke 2x'nya saya bakal ngerasain riwehnya persiapan mudik ke rumah mertua.. Dan untuk taun ini saya kayaknya gak kedapetan tiket kereta lagi. Saya takut nanti pas pulkam bernasib sama kayak Kakaknya Mba Lulu td.. Huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah semoga mudiknya lancar nanti ^^

      Delete
  5. wah..kayaknya aku harus mulai cari jawaban nih buat jebakan betmen. kalo ngomongin macet macetan aku juga pernah tuh pulang ke kediri dari semarang hampir 24jam di jalan.huhuhu beneran nggak enak ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. It must be unconfortable :( semoga nggak terulang di lebaran kali ini ya kakk..

      Delete
  6. haha itu nomer dua nyesek sih, tapi tahun ini aku lebaran sama ramadhannya kemungkinan besar engga di kampung halaman, jadi kayanya ga perlu pusing pusing mikirin jawaban nikah-nikahan ya hahha

    btw, pertaama kali mampir kesini, salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)

COPYRIGHT © 2018 · A LIFELONG JOURNEY BY LULUKHODIJAH | THEME BY RUMAH ES