cerita

Live in Kalimantan #4 - Magang

July 25, 2017,1 Comments



Magang, magang, magang. Di awal masuk semester 6 hal ini udah terngiang di kepala. Jangan sampe lupa input SKS di KRS (Kartu Rencana Studi). Sebenarnya saya nggak ada bayangan buat magang di Banjarmasin. Sasaran saya pertama LPPOM MUI Jawa Tengah. Udah sampe survey juga muter-muter bareng Ade. 

Entah bagaimana saya kepikiran, "Aha! Kenapa nggak magang di Banjarmasin aja?". Di tempat ini ada saudara saya, tepatnya adik dari ibu. Syar'i kan ada mahramnya yang menemani. Saya beranikan diri deh maju ke ayah saya tanpa ngarep-ngarep banget. Pokoknya apapun yang berhubungan dengan minta ke ayah nggak usah muluk-muluk dikabulkan, lol. Ajaibnya ya itu, terkabul. 

So, the journey begins. Magang ini buat mahasiswa fkm wajib hukumnya. Ada 3 SKS poinnya di penilaian. Kebijakan tiap fakultas di Undip beda sih. Saya denger di fakultas ekonomi dan bisnis magang ini nggak wajib. Kurang tahu juga kenapa bisa beda kayak gini. Waktu magang dan tempat magang bebas alias pilih sendiri. Waktunya diberi dari fakultas saat libur, ada waktu sekitar 2 bulan. Durasinya bebas aja yang penting selama kurun waktu tersebut. Dosen saya wanti-wanti banget sama magang ini. Karena waktunya ya cuma libur semester ini (peralihan dari smt 6 ke smt 7). 

Kok bisa? Gara-garanya, kami mahasiswa fkm ada kegiatan namanya PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) dan KKN di semester 7. Jadi saat teman-teman lain sekarang sedang KKN, kami magang. 

Cerita magangnya saya bagi jadi 3 tahap ya. Pra magang, magang, dan pasca magang. 

🏢 Pra magang

Sekitar 3 bulan sebelum magang mahasiswa sudah diminta membuat surat permohonan magang dan proposal. Di proposal berisi latar belakang, tujuan magang, cv, dan detail waktunya. Kemudian akan diurus koordinator magang ke fakultasnya. Nah magang ini bisa kelompok ataupun jomblo macam saya. Tentunya yang kelompok harus menyesuaikan kuota instansi yang dituju. Beberapa instansi tempat magang mahasiswa peminatan gizi: Dinas Kesehatan (Kota/Kabupaten maupun Provinsi), Rumah Sakit, Perusahaan Swasta, Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan, LPPOM MUI. 

Kebijakan magangnya ada di instansi, ada yang harus membayar, ada yang enggak. Penasaran saya magang dimana? Ya, BBPOM di Banjarmasin (asli namanya ada kata "di" gitu). Surat dan proposal yang udah jadi dikirim ke instansi. Setelahnya baru kita follow up. 

Bagian follow up ini yang agak ribet. Mau nggak mau harus bolak balik dateng ataupun nelfon ke instansi. Saya sendiri dari jangka waktu surat masuk sampai dinyatakan diterima ada sekitar 2-3 minggu. Saran sih saat mengajukan ini ada plan A plan B nya. Jadi saat ditolak/nggak ada respon bisa langsung bertindak. 

Jangan lupa surat penerimaan disimpen. Yang namanya kuliah, administrasi harus rapi terjaga. 

Saran:
📚 Tentukan tempat magang dengan berbagai pertimbangan. Termasuk tujuan magang, keterjangkauan, waktu magang, dab nya. 
📚 Pelajari dulu tentang instansi dan bagian yang dituju biar nantinya jelas. 
📚 Lebih bagus lagi udah punya topik laporan yang akan diangkat jadi bisa ngembangin topik itu, nggak bingung semua dikerjain jadi melebar kemana-mana. 
📚 Magang rame-rame enak sih, tapi menurut saya paling nggak 3-4 orang aja. Biar di tempat magang ngga banyak rumpinya lol. Magang jomblo macam saya ini sepi ngga ada temen ngobrol se-frekuensi 😂

🏢 Magang

Saat udah diterima bukan berarti bisa bebas ngapain aja ya. Hoho. Saya magangnya agak salah milih waktu huft. Saya ngajuin tanggal 19 Juni - 19 Juli. Jangan lupa tanggal 25 Juni itu Idul Fitri. Dan thanks to Jokowi yang menetapkan cuti panjang banget magang saya jadi terpotong banyak *sigh*. 

Bagian magang ini nanti ditulis pos tersendiri ya karena lumayan panjang 😀

🏢 Pasca magang

Selesai magang yang harus dilakukan adalah.. Bikin laporan. Alhamdulillah sih ngga pake presentasi laporannya. Tentang ini balik lagi sama kebijakan instansinya mau gimana. Jangan lupa juga minta surat selesai magang sebagai lampiran bukti. 

Hari terakhir magang saya ngebut banget ngerjain laporan karena satu dan berbagai hal lainnya. Alhamdulillah bisa kelar dan nggak perlu balik lagi ke instansi. 

***

That's it sedikit pembukaan tentang postingan magang. Tungguin pos selanjutnya yaa 👌



You Might Also Like

1 comment:

  1. aku mayan sering lihat igstorynya lulu
    ohh ternyata soal ini toh hehe baru ngeh hubungannya dimana

    ReplyDelete

Hai! Terima kasih sudah membaca. Silahkan berkomentar dengan bahasa yang santun ya :)